... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Cegah Neno Warisman Ikut Deklarasi #2019GantiPresiden, BIN Klaim Tak Berpihak

Foto: Aparat kepolisian dan BINDA melarang Neno Warisman Ikut Deklarasi #2019GantiPresiden di Riau dan memulangkannya ke Jakarta, Ahad (26-08-2018)

KIBLAT.NET, Jakarta – Aktivis gerakan #2019GantiPresiden Neno Warisman berulang kali menyebut pejabat Badan Intelijen Negara (BIN) daerah dalam sebuah video yang dibuatnya ketika dipaksa pulang dari Pekanbaru, Riau. Saat itu, dia hendak menghadiri agenda deklarasi di wilayah itu.

Jubir Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Hari Purwanto memberikan penjelasan terkiat keterlibatan aparatnya dalam pengadangan Neno Warisman di Pekanbaru. Dia menyebut Neno tidak mendapat izin untuk menggelar deklarasi #2019GantiPresiden di Riau, dan berkilah bahwa pembatalan acara itu dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi bentrokan.

“Tatkala ada pengajuan izin bahwa Neno Warisman mau berkunjung dan memberikan orasi dalam acara musik tersebut, dan ternyata tidak mendapatkan izin, maka BINDA dan aparat keamanan setempat wajib menjaga tegaknya wibawa aturan tersebut,” kata Wawan dalam keterangan tertulis yang diterima Kiblat.net pada Senin (27/08/2018).

Atas dasar itulah aparat tak memperbolehkan Neno Warisman hadir dalam acara tersebut. “Dan imbauan untuk kembali ke Jakarta terhadap Neno Warisman adalah jalan terbaik dari pada terjadi bentrokan dan menghindari jatuhnya korban,” imbuhnya.

Wawan mengklaim imbauan untuk kembali ke Jakarta terhadap Neno Warisman adalah jalan terbaik. Langkah pemulangan wanita itu dilakukan aparat dengan alasan agar tidak terjadi bentrokan dan menghindari jatuhnya korban.

Wawan menegaskan tidak ada keberpihakan atau upaya tidak netral dari lembaga yang dipimpin Budi Gunawan dalam perhelatan Pemilu. Akan tetapi, langkah itu diambil BIN untuk menjaga keselamatan warga dan upaya pencegahan dini untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA  WHO Surati Jokowi: Lakukan Tes Corona Sebanyak Mungkin!

“Sehingga hal ini bukan dimaksudkan untuk keberpihakan, tetapi untuk menjaga keselamatan dan tegaknya aturan setelah tidak ada izin atas acara tersebut,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Neno Warisman diadang di Bandara Riau saat akan menghadiri deklarasi #2019GantiPresiden dan dipulangkan kembali ke Jakarta. dalam video yang beredar Neno dikawal dengan polisi bersenjata lengkap. Pihak BIN daerah (Binda) setempat juga terlibat dalam pemulangannya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Indonesia, Turki dan Lombok

Oleh: Ahyudin, Presiden ACT Foundation KIBLAT.NET – Penggulingan kekuasaan bagi sebuah negara, sesuatu yang serius....

Senin, 27/08/2018 18:34 0

Suriah

Iran Perbarui Perjanjian Kerja Sama Militer dengan Suriah

Menteri pertahanan Iran dan Suriah telah menandatangani perjanjian kerja sama militer dan rekonstruksi baru.

Senin, 27/08/2018 16:29 2

Opini

Menangkal Virus Islamofobia di Tubuh Umat Islam

Jadi, bukan menjadi perkara yang mengherankan ketika Islamofobia terjadi pada masyarakat kafir dan musyrik. Adapun solusi mengatasi penyakit ini juga sudah jelas seperti apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad ﷺ

Senin, 27/08/2018 12:51 0

Iran

Setelah Umumkan Jet “Kautsar”, Pesawat Iran Jatuh dan Tewaskan Pilot

Pesawat itu dinamai Kautsar.

Senin, 27/08/2018 10:23 0

Video Kajian

Orang Cerdas Menurut Nabi – Ust. Tri Asmoro Kurniawan

KIBLAT.NET – Dalam versi kita, mungkin orang yang paling cerdas adalah orang dapat nilai Cum...

Senin, 27/08/2018 10:04 0

Suriah

Milisi Syiah dan Gerilyawan Bentukan Assad Bentrok di Abokamal

Insiden itu bermula ketika para petugas jaga di pos Hizbullah Lebanon ingin menangkap dan menyita senjata salah satu anggota Pertahanan Sipil, Khadr Al-Kawwan.

Senin, 27/08/2018 08:54 0

Afghanistan

Jajaran Pejabat Tinggi Keamanan Afghanistan Mundur, Ada Apa?

Diduga hal itu terkait perselisihan internal menyusul ketidakmampuan pemerintah menangani operasi Taliban dan serangan bom di Kabul

Senin, 27/08/2018 06:44 0

News

Alkohol Jadi Faktor Utama Kematian dan Penyakit di Seluruh Dunia

Berdasarkan analisis mereka, tidak ada tingkat alkohol yang aman. Karena setiap manfaat alkohol bagi kesehatan melebihi dampak buruknya pada aspek kesehatan lainnya, terutama kanker.

Ahad, 26/08/2018 16:11 0

Suriah

Belajar dari “Jaisyul Fath”, Faksi-faksi di Idlib Bentuk Ruang Operasi Baru

Faksi-faksi oposisi di Suriah utara dilaporkan telah membentuk ruang operasi militer bersama seperti "Jaisyul Fath" yang pernah dibentuk beberapa tahun lalu.

Ahad, 26/08/2018 14:24 0

Opini

Ekstasi Sepak Bola

Sepak bola dengan tetek bengeknya kini telah menjelma menjadi semacam perangkat terapi personal dan sosial masyarakat konsumer.

Ahad, 26/08/2018 11:55 0

Close