... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Alkohol Jadi Faktor Utama Kematian dan Penyakit di Seluruh Dunia

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Jakarta – Alkohol menjadi penyebab utama kematian dan penyakit di seluruh dunia. Menurut Global Burden of Disease yang dipublikasikan di The Lancet, hampir satu dari 10 kematian pada orang yang berusia 15-49 tahun terkait alkohol. Penelitian dilakukan di 195 negara antara tahun 1990 hingga 2016.

Berdasarkan analisis mereka, tidak ada tingkat alkohol yang aman. Karena setiap manfaat alkohol bagi kesehatan melebihi dampak buruknya pada aspek kesehatan lainnya, terutama kanker.

Mereka memperkirakan bahwa, selama satu tahun, pada orang yang berusia 15-95 tahun, minum satu minuman beralkohol sehari dapat meningkatkan risiko terkena salah satu dari 23 masalah kesehatan terkait alkohol sebesar 0,5%, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum alkohol sama sekali.

Alkohol memiliki hubungan yang kompleks dengan kesehatan, yang memengaruhi berbagai hal. Konsumsi secara teratur minuman beralkohol memiliki efek buruk pada organ dan jaringan, keracunan akut dapat menyebabkan cedera atau keracunan, dan ketergantungan alkohol dapat menyebabkan keracunan yang sering, menyakiti diri sendiri atau kekerasan.

“Penelitian sebelumnya telah menemukan efek perlindungan alkohol pada beberapa kondisi, tetapi kami menemukan bahwa risiko kesehatan gabungan yang terkait dengan alkohol meningkat dengan kadar alkohol apa pun. Secara khusus, hubungan kuat antara konsumsi alkohol dan risiko kanker, cedera, dan penyakit menular mengimbangi efek protektif untuk penyakit jantung iskemik pada wanita dalam penelitian kami. Meskipun risiko kesehatan yang terkait dengan alkohol mulai menjadi kecil dengan satu minuman sehari, kemudian meningkat dengan cepat ketika orang minum lebih banyak,” kata penulis utama Dr Max Griswold, Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan, Universitas Washington, AS.

“Kebijakan yang berfokus pada pengurangan konsumsi alkohol ke tingkat terendah menjadi penting guna meningkatkan kesehatan. Pandangan luas tentang manfaat kesehatan dari alkohol perlu direvisi. Terutama sebagai metode perbaikan dan analisis dengan banyaknya konsumsi alkohol berkontribusi terhadap kematian dan cacat global,” tambahnya.

Sumber: Eurasia Review
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Ekstasi Sepak Bola

Sepak bola dengan tetek bengeknya kini telah menjelma menjadi semacam perangkat terapi personal dan sosial masyarakat konsumer.

Ahad, 26/08/2018 11:55 0

Indonesia

Rumah Rusak Akibat Gempa Lombok Akan Diganti Pemerintah, Ini Nilainya

BNPB dapat mengusulkan alokasi anggaran kepada Menteri Keuangan untuk pendanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana gempa bumi

Ahad, 26/08/2018 10:35 0

Indonesia

Sahabat Syam Salurkan Hewan Kurban untuk Pengungsi di Kaki Gunung Rinjani

Di hari tasyrik terakhir, Sahabat Syam menyembelihkan 12 ekor kambing untuk korban gempa di kaki gunung Rinjani

Sabtu, 25/08/2018 21:09 0

Indonesia

Presiden Jokowi Keluarkan Inpres Sikapi Gempa Lombok

Presiden Joko Widodo mengeluarkan Intruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia No 5 Tahun 2018, tentang penanganan gempa Lombok.

Sabtu, 25/08/2018 20:54 0

Profil

Perjalanan Hidup Sang Pengarang Minhajul Muslim

Tokoh pendidikan kelahiran Al-Jazair ini mendedikasikan 50 tahun hidupnya untuk menjadi pengajar tetap di Masjid Nabawi. Kini ia telah menghadap Allah dengan tenang dan karya-karyanya terus mengalirkan pahala yang tidak terputus bagi dirinya.

Sabtu, 25/08/2018 20:45 0

Indonesia

Fadli Zon: Pemerintah Amatiran Tangani Gempa Lombok

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengkritik lambatnya pemerintah menangani gempa Lombok.

Sabtu, 25/08/2018 18:37 0

Indonesia

Tak Jadikan Bencana Nasional, Pemerintah Abaikan Aspirasi Masyarakat Lombok

Ia menilai, masyarakat yang mendesak Presiden segera menetapkan bencana di Lombok dan daerah lain di NTB sebagai bencana nasional.

Sabtu, 25/08/2018 18:10 0

Manhaj

Karakteristik Umat Pilihan: Komitmen Kepada Allah dan Rasul-Nya

Komitmen tersebut dijalankan betul oleh Abu Ubaidah bin Jarrah, dia mengintruksikan kepada pasukannya untuk mengembalikan jizyah yang diambil dari Ahlul Kitab, karena tidak mampu menjaga keamanan mereka. Instruksi itu pun dilaksanakan dengan baik oleh para pemimpin Syam, dan mereka berkata kepada Ahlul Kitab, “Kami hanya ingin mengembalikan harta-harta kalian. Karena sesungguhnya, pasukan Romawi telah melebihi jumlah kami. Dan sekarang, kami harus segera pergi. Sebab, kami tak mampu lagi melindungi kalian.”

Sabtu, 25/08/2018 14:50 0

Indonesia

Jemaah Haji Mancanegara Mulai Tinggalkan Arab Saudi

Jemaah Haji Mancanegara Mulai Tinggalkan Arab Saudi

Sabtu, 25/08/2018 14:08 0

Indonesia

GTA Salurkan Hewan Kurban untuk Korban Gempa Lombok

GTA Salurkan Hewan Kurban untuk Korban Gempa Lombok

Sabtu, 25/08/2018 10:52 0

Close