... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pengungsi Rohingya di Makassar Peringati Tragedi Pembantaian

KIBLAT.NET, Makassar- Puluhan pengungsi Rohingya di Kota Makassar memperingati tragedi pembantaian etnis Rohingya di Myanmar. Acara digelar di masjid Pondok Pesantren Darul Aman Gombara, Jalan KH. Abd Jabbar Ashiry, Kota Makassar.

Nur Islam, salah seorang imigran, mengatakan bahwa hari ini, semua pengungsi, baik yang berada di Indonesia, Malaysia, di beberapa negara lainnya, memperingatinya sebagai ‘Rohingya Genocide Rememberence Day’.

“Saudara-saudara kita dari Rohingya, semua melakukan aksi pada hari ini sebagai bentuk solidaritas dan kecaman atas tragedi kemanusiaan di Myanmar,” kata Nur Islam dalam rilis yang diterima Kiblat.net pada Sabtu (25/08/2018).

Dalam aksi tersebut, Nur Islam selaku yang ditokohkan dari kalangan pengungsi Rohingya di Makassar, berdiri di depan kerumunan imigran lainnya. DidampingI Ketua Forum Peduli Rohingya Makassar, HM Iqbal Djalil, Lc., Nur Islam menunjukkan sejumlah foto yang terpajang di sebuah spanduk besar yang sengaja dipasang di dalam masjid itu.

Beberapa foto yang terdapat di dalam spanduk itu, di antaranya tampak jejeran wanita Rohingya yang sedang mengantre, rombongan biksu Budha, dan gambar tokoh peraih Nobel Perdamaian asal Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Nur Islam kemudian menunjuk gambar sambil menjelaskan nama gambar serta kondisi yang dialami etnis Rohingya. Nur Islam tak dapat menyembunyikan kesedihannya. Ia sesekali tersengar sesenggukan.

Pada kesempatan itu juga, Forum Peduli Rohingya menggelar santap bersama daging sapi kurban yang sengaja disembelih untuk pengungsi Rohingya dan warga pesantren.

BACA JUGA  Pertama Kali, Muslim Sri Lanka Siapkan Kandidat untuk Pilpres

Ustad Ije sapaan HM Iqbal Djalil, Lc., mengaku sangat bersyukur bisa berbagi dengan warga Rohingya. Sebab, ini bentuk kepedulian kepada sesama muslim.

“Alhamdulillah, kami sangat senang dan bergembira dengan kehadiran saudara kita warga Rohingya di pesantren serta mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang selama ini terus membantu pengungsi Rohingya,” ujarnya.

Selama beberapa tahun terakhir, Forum Peduli Rohingya memang yang sangat sering melakukan pendampingan dan membantu mencukupi keperluan pengungsi Rohingya di Kota Makassar yang jumlahnya sekitar 212 orang dan tersebar di sejumlah titik pengungsian.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Fadli Zon: Pemerintah Amatiran Tangani Gempa Lombok

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengkritik lambatnya pemerintah menangani gempa Lombok.

Sabtu, 25/08/2018 18:37 0

Indonesia

Tak Jadikan Bencana Nasional, Pemerintah Abaikan Aspirasi Masyarakat Lombok

Ia menilai, masyarakat yang mendesak Presiden segera menetapkan bencana di Lombok dan daerah lain di NTB sebagai bencana nasional.

Sabtu, 25/08/2018 18:10 0

Manhaj

Karakteristik Umat Pilihan: Komitmen Kepada Allah dan Rasul-Nya

Komitmen tersebut dijalankan betul oleh Abu Ubaidah bin Jarrah, dia mengintruksikan kepada pasukannya untuk mengembalikan jizyah yang diambil dari Ahlul Kitab, karena tidak mampu menjaga keamanan mereka. Instruksi itu pun dilaksanakan dengan baik oleh para pemimpin Syam, dan mereka berkata kepada Ahlul Kitab, “Kami hanya ingin mengembalikan harta-harta kalian. Karena sesungguhnya, pasukan Romawi telah melebihi jumlah kami. Dan sekarang, kami harus segera pergi. Sebab, kami tak mampu lagi melindungi kalian.”

Sabtu, 25/08/2018 14:50 0

Indonesia

Jemaah Haji Mancanegara Mulai Tinggalkan Arab Saudi

Jemaah Haji Mancanegara Mulai Tinggalkan Arab Saudi

Sabtu, 25/08/2018 14:08 0

Indonesia

GTA Salurkan Hewan Kurban untuk Korban Gempa Lombok

GTA Salurkan Hewan Kurban untuk Korban Gempa Lombok

Sabtu, 25/08/2018 10:52 0

Indonesia

ISAC: Polresta Solo Harus Konsisten Tangani Kasus Bos PT Indaco

Sekertaris Islamic Study and Action Center (ISAC), Endro Sudarsono menilai bahwa pembunuhan yang dilakukan bos PT Indaco kepada warga Solo ada unsur kesengajaan.

Sabtu, 25/08/2018 07:02 0

Indonesia

Tangani Kasus Bos PT Indaco, Bang Japar Solo Minta Polisi Transparan

Kepada pihak kepolisian ia meminta untuk menuntaskan perkara tersebut hingga tuntas, bersih dan transparansi.

Sabtu, 25/08/2018 06:00 0

Tarbiyah Jihadiyah

Belajar Memaksimalkan Peran dalam Perjuangan dari Ibnu Ummi Maktum

"Tapi, tubuhku cacat.", "Tapi kemampuan finansialku kurang.", "Tapi diriku lemah.", dan beribu-ribu tapi lainnya. Nah, terkadang seorang muslim terbelenggu dengan anugerah yang Allah berikan berupa kekurangan, sehingga membuatnya tidak maksimal dalam berjuang

Sabtu, 25/08/2018 05:00 0

Indonesia

DSKS Berharap Penanganan Kasus Bos PT Indaco Tetap di Solo

Warga Solo mendukung Polresta Surakarta dalam menangani kasus tabrak mati yang dilakukan bos pabrik cat PT Indaco, dan meminta agar kasus itu tak dilimpahkan ke kesatuan lain.

Jum'at, 24/08/2018 22:46 0

Indonesia

Jika Dibiarkan, Kasus Meiliana Jadi Preseden Buruk

Ketua Bidang Kerukunan Antar Umat Beragama MUI, Dr Yusnar Yusuf mengatakan bahwa pihaknya tidak mempermasalahkan vonis 1,5 tahun yang ditimpakan ke Meiliana

Jum'at, 24/08/2018 21:12 0

Close