... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

GTA Salurkan Hewan Kurban untuk Korban Gempa Lombok

Foto: Lembaga Griya Tabungan Akhirat (GTA) menyalurkan kurban di Lombok

KIBLAT.NET, Jakarta – Penganut agama Islam merupakan populasi terbesar di Pulau Lombok. Namun karena musibah gempa, tak semua warga Muslim di Pulau Seribu Masjid itu dapat merasakan daging kurban tahun ini.

Lantas penyaluran hewan kurban untuk korban gempa Lombok menjadi fokus bagi Lembaga kemanusian Griya Tabungan Akhirat (GTA). Bahkan GTA menyalurkan hewan kurban hingga ke pelosok Lombok.

Menurut keterangan relawan GTA Romdhoni, hewan kurban yang didistribusikan berjumlah 4 sapi dan 20 kambing. Semuanya berasal para donatur dari berbagai penjuru Indonesia.

Daging hewan kurban itu dibagikan ke 12 dusun di dua kecamatan terdampak gempa terparah di Kabupaten Lombok Utara. Keduabelas dusun tersebut antara lain, Kebun Kunyit, Sumur Pandai Lauk, Lenggang Layar, Julik Timur, Gempang Sayar, Sijui, Pondok Injong, Korean Atas, Busur Barat, Kertarahaja, Genglang dan dusun Rempek.

Seluruh hewan kurban tersebut selesai disalurkan pada Kamis (23/08/2018). “Alhamdulillah GTA Program Sebar Qurban 1439 H untuk musibah gempa Lombok sudah menyalurkan amanah titipan umat 4 Sapi dan 20 Kambing di Kabupaten Lombok utara,” ungkap Romdhoni.

Menyemblih di Puing-puing Reruntuhan

Kiblat.net berkesempatan menyertai langsung proses penyembelihan hewan-hewan kurban yang didistribusikan GTA. Tanah lapang dipenuhi tenda-tenda pengungsian, sedangkan sebagian besar masjid-masjid sudah rata dengan tanah.

Agar dapat menyalurkan hewan kurban tak ayal proses penyembelihan terpaksa dilakukan di atas puing-puing reruntuhan bekas bangunan warga. Kendati demikian penyaluran daging kurban tak terhalang, tetap lancar dan dapat dinikmati oleh warga setempat.

BACA JUGA  Ada Safari Dakwah, KH Sobri Lubis Belum Bisa Datangi Panggilan Polisi

“Kurban menyatukan hati umat islam di musibah gempa. Kurban memberikan semangat untuk bangkit kembali. Kurban melupakan kesedihan,” tutur Romdoni.

Satu-satunya Hewan Kurban yang Disembelih

Usaha GTA untuk menyalurkan hewan-hewan kurban di daerah pelosok bukan tanpa alasan. Pasalnya sangat sedikit hewan kurban yang disembelih. Bahkan ada beberapa lokasi yang hanya menyembelih hewan kurban yang disalurkan oleh GTA.

Salah-satunya adalah Dusun Sumur Pandai Lauk, Kecamatan Sasuit, Kabupaten Lombok Utara. Sapi yang disalurkan GTA menjadi satu-satunya hewan kurban yang dinikmati warga di Hari Raya Idul Adhal 1439H.

“Kalau gak ke sini tidak akan ada yang kurban di sini,” ungkap Hariyono (45), Ketua RT 03 Dusun Sumur Pandai Lauk.

Hariyono mengaku sangat senang dengan kehadiran GTA. Sehingga warganya dapat merasakan hewan kurban di tengah suasana musibah.

“Yang disembelih 1 ekor sapi, disalurkan ke 122 KK di pelosok sekalipun. Kalau gak dapat kita sampaikan. Di luar wilayah sekalipun saya salurkan karena mereka kadang gak ada,” ungkapnya.

Menurut Hariyono masing-masing kepala keluarga di dusunnya mendapatkan 1kg daging sapi kurban dari GTA. Bahkan tak cuma warganya, warga dari dusun lain pun ikut ia berikan.

Sementara itu, Hariyono berharap agar bantuan terus mengalir ke korban gempa. Ia mengaku sangat membutuhkan terpal, sajadah, Alquran dan Iqrak untuk Mushola darurat di posko yang dihuni warganya.

BACA JUGA  Dituduh Radikal, Dikeluarkan dari Kampus, Mahasiswa Ini Malah Dibanjiri Tawaran Kerja

“Terpal tidak ada, untuk mushola saja belum ada,” tukasnya.

Reporter: Syafei Irman
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tarbiyah Jihadiyah

Belajar Memaksimalkan Peran dalam Perjuangan dari Ibnu Ummi Maktum

"Tapi, tubuhku cacat.", "Tapi kemampuan finansialku kurang.", "Tapi diriku lemah.", dan beribu-ribu tapi lainnya. Nah, terkadang seorang muslim terbelenggu dengan anugerah yang Allah berikan berupa kekurangan, sehingga membuatnya tidak maksimal dalam berjuang

Sabtu, 25/08/2018 05:00 0

Artikel

Hapus Saja UU Penodaan Agama!

Saat ini pihak-pihak berideologi sekular-liberal terus mendesak dihapuskannya UU Penodaan Agama. Padahal UU tersebut amat penting untuk menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia.

Jum'at, 24/08/2018 20:16 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Meneladani Nabi Ibrahim Alaihi As-salam

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat : Nabi Ibrahim Alaihi As-salam sebagai nabi dan rasul mempunyai banyak...

Jum'at, 24/08/2018 15:52 0

Tazkiyah

Begini Generasi Salaf Berhaji, Ibadah Mereka Tiada Henti

Anas bin Malik (wafat 93 H), jika beliau mengerjakan ihram, maka beliau tidak berbicara sedikit pun mengenai urusan dunia sampai beliau bertahalul dari ihramnya.

Jum'at, 24/08/2018 14:51 0

Suara Pembaca

MDMC-LazisMu Bersama CSM Cargo Lepas 13 Ton Bantuan ke Lombok

Mashuri Masyhuda, Wakil Sekretaris MDMC PP Muhammadiyah mengungkapkan, total bantuan yang dikirim pada tahap pertama mencapai 13 ton dan direncanakan akan terus mengirim bantuan setiap 2 minggu sekali.

Jum'at, 24/08/2018 14:16 0

Rusia

Rusia Libatkan 63 Ribu Tentara dalam Konflik Suriah

Sejak September 2015, menurut video tersebut, kekuatan udara Rusia telah meluncurkan operasi pengintaian sebanyak 39 ribu dan menghancurkan 121.466 target “teroris”.

Jum'at, 24/08/2018 11:33 0

Artikel

Hakikat Keislaman dalam Syariat Qurban

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu dari rangkaian bulan suci nan mulia yang diagungkan dalam syariat Allah seperti yang termaktub dalam firman-Nya yang Mulia

Jum'at, 24/08/2018 11:05 0

Arab Saudi

Akhiri Rangkaian Ibadah Haji, Jemaah Thawaf Wada’

Jumlah jemaah haji tahun ini sebanyak 2,37 juta. Mayoritas dari luar negeri dengan berbagai sifat dan watak.

Jum'at, 24/08/2018 09:18 0

Wilayah Lain

Tentara Israel yang Derita Gangguan Psikologis Meningkat

Mayoritas tentara yang mendatangi psikolog berasal dari pasukan darat yang bertugas di Tepi Barat dan di perbatasan Gaza.

Jum'at, 24/08/2018 08:30 0

Prancis

Prancis: Bahas Pemulangan Pengungsi Suriah Saat Ini Hanya “Khayalan”

Mol menambahkan bahwa membahas pemulangan pengungsi dalam keadaan saat ini hanyalah “khayalan".

Jum'at, 24/08/2018 07:34 0

Close