... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rusia Libatkan 63 Ribu Tentara dalam Konflik Suriah

Foto: Tentara Suriah di Aleppo

KIBLAT.NET, Moskow – Departemen Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa pihaknya telah menerjunkan lebih dari 63 ribu tentara untuk bertempur di Suriah sejak September 2015. Angka ini diungkapkan dalam video grafik yang dipublikasikan Dephan Rusia, seperti dilansir BBC pada Kamis (23/08).

Sejak September 2015, menurut video tersebut, kekuatan udara Rusia telah meluncurkan operasi pengintaian sebanyak 39 ribu dan menghancurkan 121.466 target “teroris”.

Dari ratusan ribu serangan itu, sebanyak 86 ribu lebih “ekstremis” tewas, sebagaimana klaim Dephan Rusia. Namun tidak disebutkan satu pun korban sipil dalam video grafik itu.

Lembaga Pemantau HAM Suriah (SOHR) sendiri mengatakan bahwa pihaknya mendata sedikitnya 7.928 sipil dan 10.069 pejuang bersenjata tewas akibat serangan udara Rusia.

Dalam video tersebut, Dephan juga mengungkapkan pihaknya telah menguji coba sebanyak 231 jenis senjata baru di Suriah. Di antaranya jet tempur, system rudal permukaan dan senjata lainnya.

Rusia sendiri memiliki peran kunci keberlangsungan rezim Assad. Bashar Assad berhasil merebut banyak wilayah akhir-akhir ini berkat peran militer dan politik Moskow. Suriah sangat penting bagi Rusia karena satu-satunya sekutu di Timur Tengah.

Moskow selalu mengklaim serangannya hanya menargetkan “teroris”. Akan tetapi, aktivis di lapangan melaporkan bahwa serangan Rusia juga menargetkan pejuang oposisi dan sipil.

Tak hanya itu, Rusia juga menargetkan rumah sakit, sekolah dan pasar. Padahal tempat-tempat publik itu dijamin oleh undang-undang kemanusiaan internasional.

BACA JUGA  Putin dan Netanyahu Bahas Koordinasi Militer di Suriah

Pada bagiannya, koalisi internasional anti ISIS pimpinan AS beberapa waktu lalu mengumumkan pihaknya telah meluncurkan sebanyak 29.826 serangan udara di Suriah dan Iraq sejak Agutus 2014. Koalisi mengakui jatuhnya korban sipil dalam operasinya namun jumlahnya sedikit, yaitu hanya 1.059 korban. Akan tetapi, aktivis membantah klaim itu dan menegaskan bahwa korban koalisi AS antara 6.500 hingga 10.000 korban sipil.

Sumber: BBC
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Hakikat Keislaman dalam Syariat Qurban

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu dari rangkaian bulan suci nan mulia yang diagungkan dalam syariat Allah seperti yang termaktub dalam firman-Nya yang Mulia

Jum'at, 24/08/2018 11:05 0

Indonesia

Relawan PMI untuk Korban Gempa Lombok Meninggal Dunia

- Relawan Palang Merah Indonesia (PMI), Afni Fastabiqul Strata Utama yang bertugas di Lombok meninggal dunia

Jum'at, 24/08/2018 10:44 0

Indonesia

Pantau Kesehatan Korban Gempa, Hilal Ahmar Blusukan ke Pelosok Lombok

Guna memantau kesehatan korban gempa di daerah plosok Lombok, Hilal Ahmar Yogyakarta blusukan ke Dusun Kebun Kunyit, Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara

Jum'at, 24/08/2018 10:14 0

Indonesia

Jelang Sholat Jumat, FKAM Bangun Masjid Darurat untuk Pengungsi Lombok Utara

Forum Komunikasi Antar Masjid (FKAM) menggerahkan satuan relawan untuk membangun masjid darurat di Dusun Soloh, Desa Rempek Timur, Kecamatan Ganggga, Kabupaten Lombok Utara.

Jum'at, 24/08/2018 10:06 0

Indonesia

Senjata Mainan Murid TK Dipermasalahkan, Pakar Pendidikan: Masak Tema Perjuangan Bawa Balon?

Terkait dengan membawa replika senjata, Ari menekankan penjelasan pihak sekolah bahwa tujuan sebenarnya adalah membangun spirit dari napak tilas perjuangan Rasulullah.

Jum'at, 24/08/2018 09:44 1

Indonesia

Eko Prasetio Ditabrak Hingga Tewas Oleh Pengusaha Cat, Keluarga Terpukul

Eko Prasetio Ditabrak Hingga Tewas Oleh Pengusaha Cat, Keluarga Terpukul

Kamis, 23/08/2018 19:14 0

Indonesia

Ada Kesengajaan, Pengemudi Mercy Tabrak Pemotor Hingga Tewas di Solo Jadi Tersangka

Pengemudi Mercy Tabrak Pemotor Hingga Tewas di Solo Jadi Tersangka

Kamis, 23/08/2018 18:45 1

Info Event

Yuk, Ikuti Lomba Artikel Islami Nasional Bersama Muslimah MPI Lampung

Saatnya Dakwah Media Mengudara!!! Muslimah MPI Lampung proudly presents 🎖 *LOMBA ARTIKEL ISLAMI NASIONAL*🎖 dengan...

Kamis, 23/08/2018 15:14 0

Opini

Merindu Pemimpin Sejati dan Kemerdekaan Hakiki

Khalifah Umar bahkan memutuskan untuk menahan diri dari makan makanan yang enak hingga musim paceklik berlalu. Yaitu saat hujan mulai turun kembali.

Kamis, 23/08/2018 12:12 0

Indonesia

Rata dengan Tanah, Dusun Kebun Kunyit Tak Tersentuh Bantuan Pusat

Kepala Dusun Kebun Kunyit, Asrudin (37 th) mengungkapkan, seluruh Dusun Kebun Kunyit rata dengan tanah. Semua rumah-rumah penduduk roboh akibat guncangan gempa kecuali hanya dua rumah yang terbuat dari anyaman bambu.

Kamis, 23/08/2018 11:51 0

Close