... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Relawan PMI untuk Korban Gempa Lombok Meninggal Dunia

KIBLAT.NET, Jakarta- Relawan Palang Merah Indonesia (PMI), Afni Fastabiqul Strata Utama yang bertugas di Lombok meninggal dunia. Di Lombok, Afni tergabung dalam tim WASH (Water Sanitation Hygiene) PMI.

“Semasa bertugas, almarhum bertugas mendistribusikan air bersih ke warga-warga yang membutuhkan air bersih di sejumlah desa di Lombok Utara,” ujar Koordinator Tim WASH PMI, Sukri, SKM dalam rilis yang diterima Kiblat.net pada Jumat (24/08/2018).

Menurutnya, Afni meninggal dunia pada Jumat, 24 Agustus pukul 07.30 WITA. Gugurnya Afni Fastabiqul Strata Utama atau yang akrab disapa Tata ini menjadi kali kedua PMI kehilangan relawannya yang tengah bertugas dalam operasi tanggap darurat Gempa Lombok.

Ia mengungkapkan, Jumat pagi pukul 06.15 WITA almarhum sempat dibangunkan oleh seorang rekannya yang bersama-sama menempati Camp WASH PMI di Dusun Lokorangan, Desa Kayangan, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara.

“Kami terbiasa setiap pagi saling membangunkan teman-teman untuk sarapan, bersih-bersih, dan bersiap untuk bertugas. Saat dibangunkan, Tata saat itu masih sadar, tapi ia kembali tidur. Saya pikir mungkin dia masih butuh tidur karena toh hari masih pagi,” jelas Sukri.

Ketika Pukul 07.19 teman-temannya kembali membangunkan almarhum yang belum juga terbangun, namun saat itu mereka menyadari bahwa almarhum sudah tidak ada respon dan sudah tidak ada denyut nadi. Tim WASH lalu bergegas mengontak Tim Medis PMI yang berada di Posko PMI Rest Area Kayangan untuk meminta ambulans.

BACA JUGA  Kenapa Hewan Qurban ACT Berkualitas? Ini Rahasianya

“Almarhum segera dibawa dengan ambulans PMI dan dirujuk ke Puskesmas Gangga, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Dalam perjalanan menuju puskesmas, tim medis PMI sempat melakukan pijat jantung dan pengecekan ulang respon almarhum, namun sudah tidak ada tanda kehidupan,” ucapya.

“Tim medis PMI memperkirakan almarhum sudah meninggal sejak di Camp WASH PMI,” sambung Sukri.

Sukri memaparkan, ketika tiba di Puskesmas, Tim dokter kembali melakukan pemeriksanaan, namun menyatakan almarhum sudah meninggal. Puskesmas mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Almarhum dinyatakan meninggal pukul 07.30 WITA.

“Hari ini Jenazah Afni Fastabiqul Strata Utama akan dibawa ke Markas PMI NTB di Mataram untuk acara pelepasan resmi dan doa bersama oleh Pengurus dan para relawan. Selanjutnya jenazah akan diterbangkan ke Semarang untuk dimakamkan di kota kelahirannya di Pekalongan Jawa Tengah,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Akhiri Rangkaian Ibadah Haji, Jemaah Thawaf Wada’

Jumlah jemaah haji tahun ini sebanyak 2,37 juta. Mayoritas dari luar negeri dengan berbagai sifat dan watak.

Jum'at, 24/08/2018 09:18 0

Wilayah Lain

Tentara Israel yang Derita Gangguan Psikologis Meningkat

Mayoritas tentara yang mendatangi psikolog berasal dari pasukan darat yang bertugas di Tepi Barat dan di perbatasan Gaza.

Jum'at, 24/08/2018 08:30 0

Prancis

Prancis: Bahas Pemulangan Pengungsi Suriah Saat Ini Hanya “Khayalan”

Mol menambahkan bahwa membahas pemulangan pengungsi dalam keadaan saat ini hanyalah “khayalan".

Jum'at, 24/08/2018 07:34 0

Arab Saudi

Bayi Ini Lahir Ketika Ibunya Wukuf di Arafah

Staf medis rumah sakit bersuka cita atas lahirnya Wadah. Dalam konteks peziarah haji, Wadah dianggap sebagai peziarah termuda tahun ini.

Kamis, 23/08/2018 17:41 0

Info Event

Yuk, Ikuti Lomba Artikel Islami Nasional Bersama Muslimah MPI Lampung

Saatnya Dakwah Media Mengudara!!! Muslimah MPI Lampung proudly presents 🎖 *LOMBA ARTIKEL ISLAMI NASIONAL*🎖 dengan...

Kamis, 23/08/2018 15:14 0

Palestina

Khutbah Id di Al-Aqsha, Syaikh Palestina Dorong Perlawanan terhadap Israel

Puluhan ribu warga Palestina melakukan shalat Idul Adha pada Selasa (21/08/2018) di Masjid Al-Aqsha Yerusalem Timur dengan penjagaan ketat keamanan Israel di sekitar Kota Tua Yerusalem.

Kamis, 23/08/2018 14:25 0

Suriah

Kondisi Sulit Bayangi Momen Idul Adha di Provinsi Idlib

Idlib saat ini adalah rumah bagi sekitar empat juta warga Suriah yang melarikan diri dari rumah mereka akibat serangan rezim Assad.

Kamis, 23/08/2018 14:00 0

Myanmar

Pengungsi Rohingya Rayakan Idul Adha Usai Setahun Genosida

Sekitar satu juta Muslim Rohingya merayakan Idul Adha pada Rabu (22/08/2018) di kamp pengungsi terbesar di dunia. Hampir setahun sejak tindakan brutal militer memaksa mereka untuk meninggalkan tempat tinggalnya.

Kamis, 23/08/2018 13:13 0

Opini

Merindu Pemimpin Sejati dan Kemerdekaan Hakiki

Khalifah Umar bahkan memutuskan untuk menahan diri dari makan makanan yang enak hingga musim paceklik berlalu. Yaitu saat hujan mulai turun kembali.

Kamis, 23/08/2018 12:12 0

Wilayah Lain

Proyek Baru Israel: Pengibar Bendera Palestina Dipenjara Minimal Setahun

Baraco sudah berdialog dengan para pejabat senior pemerintah. Para pejabat Israel berjanji mendukung proposal RUU tersebut dan mempercepat proses persetujuan.

Kamis, 23/08/2018 10:07 0

Close