Pantau Kesehatan Korban Gempa, Hilal Ahmar Blusukan ke Pelosok Lombok

KIBLAT.NET, Lombok Utara – Guna memantau kesehatan korban gempa di daerah plosok Lombok, Hilal Ahmar blusukan ke Dusun Kebun Kunyit, Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Ini merupakan desa pertama yang dikunjungi dalam rangkaian Layanan Kesehatan Keliling pada Jumat, (24/08/2018).

Kehadiran Hilal Ahmar ke Dusun Kebun Kunyit setelah mendapat laporan minimnya pelayanan kesehatan untuk warga korban gempa setempat. Padahal kondisi kesehatan korban mulai memburuk.

Kehadiran Hilal Ahmar disambut warga dengan sangat antusias. Posko pelayanan pun dibuka di dalam masjid darurat yang terbuat dari terpal. Tak perlu menunggu lama, satu persatu warga pun dilayani oleh tim medis Hilal Ahmar.

Iqbal Juandi (3), salah-satu balita yang diobati oleh tim medis Hilal Ahmar. Saat ditemui tim medis Hilal Ahmar, di kepala Iqbal terdapat bekas jahitan yang memanjang di bagian kiri kepalanya.

Menurut keterangan sang ibu, Zohartini (35), anak ketiganya itu terhimpit reruntuhan bangunan saat gempa 7,0 SR mengguncang Lombok.

“Dia sedang tidur, pas maghrib saya di depan. Pas gempa saya mau ngambil dia lampu sudah mati. Akhirnya dia sendiri ketimpa reruntuhan,” ujar Zohartini.

Zohartini dan suaminya, Muhaimin saat itu hanya pasrah dan tak mampu berbuat banyak. Setelah gempa selesai, keduanya lalu mencari Iqbal di balik reruntuhan. Syukur, Iqbal dapat diselamatkan.

“Tulangnya retak sudah ditangani sama dokter bedah saraf,” sambungnya.

BACA JUGA  Polri Masih Cari Dugaan Pidana Kerumunan di Petamburan

Dengan kehadiran Hilal Ahmar, Zohartini mengaku senang karena dapat mengecek kesehatan dan berobat untuk anaknya.

Hal yang sama turut diungkap oleh Rosyiadi (50), sejak gempa pertama terjadi rumahnya roboh dan sudah tinggal di tenda. Sejak itu pula, kesehatannya mulai menurun. Ia mulai mengalami mencret dan demam.

“Senang kalau ada dokter, kalau tidak ada merasa sedih,” ungkapnya.

Hingga pukul 11.30 WITA, Hilal Ahmar telah mengobati lebih dari 60 warga korban gempa di Dusun Kebun Kunyit. Selain mengawasi kesehatan warga, Hilal Ahmar turut menghibur anak-anak setempat dengan kegiatan trauma healing. Belasan anak korban gempa ikut aktif dalam kegiatan ini.

 

Reporter: Syafei Irman
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat