... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI: Vonis Untuk Meiliana Sudah Tepat

Foto: KH. Yusnar Yusuf

KIBLAT.NET, Jakarta – Tak sedikit yang memprotes vonis 1,6 tahun penjara terhadap Meiliana, warga Tanjung Balai, Sumatera Utara, dalam kasus penistaan agama. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menegaskan putusan tersebut sudah tepat.

Ketua Bidang Hubungan Antar Umat Beragama MUI, Dr. Yusnar Yusuf menegaskan vonis yang ditajuhkan ke Meiliana sudah tepat. Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Negeri Medan menjatuhkan vonis 18 bulan penjara atau 1,5 tahun kepada perempuan asal Tanjung Balai itu karena terbukti melanggar Pasal 156A KUHP tentang penistaan agama.

Yusnar menilai putusan hakim itu penting untuk mencegah terjadinya gesekan di tengah masyarakat. “Vonis itu sudah tepat. Vonis supaya tidak terjadi bentrok antara masyarakat Melayu dengan orang Cina, khususnya Meiliana,” katanya saat dihubungi Kiblat.net, Jumat (24/08/2018).

Ia menjelaskan sebelum terjadi kasus Meiliana kehidupan antar umat beragama di Tanjung Balai sangat baik. Selama ini tidak pernah ada konflik antara etnis Cina dan etnis Melayu. Yusnar pun berpendapat bahwa tindakan Meiliana tidak mengatasnamakan agama tertentu.

“Selama ini kami tidak ada masalah. Itu adalah tindakan Meiliana pribadi, bukan tindakan dia mengatasnamakan agama dan ras,” papar Ketua Umum Al Wasliyah itu.

Oleh sebab itu, pria asli Medan itu menegaskan semua pihak harus menghormati putusan hukum atas Meiliana. “Menurut kami di MUI, kita harus patuh hukum. Yang ditetapkan pengadilan, apakah kita sepakat atau tidak sepakat, itu keputusan pengadilan harus patuh,” tukasnya.

BACA JUGA  Hukum Membagikan Daging Kurban dalam Kondisi Sudah Dimasak

Putusan majelis hakim dalam kasus Meiliaana sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Sebelumnya, JPU dari Kejari Tanjung Balai, Anggia Y Kesuma, juga meminta agar Meiliana dihukum satu tahun enam bulan penjara. Menyikapi vonis ini, Meiliana yang tampak terus menangis bersama pengacaranya menyatakan akan menempuh upaya banding.

Dalam dakwaan JPU sebelumnya, perkara ini berawal saat Meiliana mendatangi tetangganya di Jl Karya, Lingkungan I, kelurahan Tanjung Balai Kota I, Tanjung Balai Selatan, Tanjung Balai, Jumat (22/07/2016) pagi. Dia lalu berkata kepada tetangganya, “Kak, tolong bilang sama uwak itu, kecilkan suara mesjid itu kak, sakit kupingku, ribut,” sembari menggerakkan tangan kanannya ke kuping kanan.

Permintaan Meiliana ini disampaikan ke pengurus BKM Al Makhsum. Mereka lalu mendatangi kediaman Meiliana dan mempertanyakan permintaan perempuan itu, Jumat (29/07/2016) sekitar 19.00 WIB. Meilana pun membenarkan.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Hapus Saja UU Penodaan Agama!

Saat ini pihak-pihak berideologi sekular-liberal terus mendesak dihapuskannya UU Penodaan Agama. Padahal UU tersebut amat penting untuk menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia.

Jum'at, 24/08/2018 20:16 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Meneladani Nabi Ibrahim Alaihi As-salam

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat : Nabi Ibrahim Alaihi As-salam sebagai nabi dan rasul mempunyai banyak...

Jum'at, 24/08/2018 15:52 0

Tazkiyah

Begini Generasi Salaf Berhaji, Ibadah Mereka Tiada Henti

Anas bin Malik (wafat 93 H), jika beliau mengerjakan ihram, maka beliau tidak berbicara sedikit pun mengenai urusan dunia sampai beliau bertahalul dari ihramnya.

Jum'at, 24/08/2018 14:51 0

Suara Pembaca

MDMC-LazisMu Bersama CSM Cargo Lepas 13 Ton Bantuan ke Lombok

Mashuri Masyhuda, Wakil Sekretaris MDMC PP Muhammadiyah mengungkapkan, total bantuan yang dikirim pada tahap pertama mencapai 13 ton dan direncanakan akan terus mengirim bantuan setiap 2 minggu sekali.

Jum'at, 24/08/2018 14:16 0

Rusia

Rusia Libatkan 63 Ribu Tentara dalam Konflik Suriah

Sejak September 2015, menurut video tersebut, kekuatan udara Rusia telah meluncurkan operasi pengintaian sebanyak 39 ribu dan menghancurkan 121.466 target “teroris”.

Jum'at, 24/08/2018 11:33 0

Artikel

Hakikat Keislaman dalam Syariat Qurban

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu dari rangkaian bulan suci nan mulia yang diagungkan dalam syariat Allah seperti yang termaktub dalam firman-Nya yang Mulia

Jum'at, 24/08/2018 11:05 0

Arab Saudi

Akhiri Rangkaian Ibadah Haji, Jemaah Thawaf Wada’

Jumlah jemaah haji tahun ini sebanyak 2,37 juta. Mayoritas dari luar negeri dengan berbagai sifat dan watak.

Jum'at, 24/08/2018 09:18 0

Wilayah Lain

Tentara Israel yang Derita Gangguan Psikologis Meningkat

Mayoritas tentara yang mendatangi psikolog berasal dari pasukan darat yang bertugas di Tepi Barat dan di perbatasan Gaza.

Jum'at, 24/08/2018 08:30 0

Prancis

Prancis: Bahas Pemulangan Pengungsi Suriah Saat Ini Hanya “Khayalan”

Mol menambahkan bahwa membahas pemulangan pengungsi dalam keadaan saat ini hanyalah “khayalan".

Jum'at, 24/08/2018 07:34 0

Arab Saudi

Bayi Ini Lahir Ketika Ibunya Wukuf di Arafah

Staf medis rumah sakit bersuka cita atas lahirnya Wadah. Dalam konteks peziarah haji, Wadah dianggap sebagai peziarah termuda tahun ini.

Kamis, 23/08/2018 17:41 0

Close