... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Hapus Saja UU Penodaan Agama!

Aturan Penodaan Agama di Negara Lain
Di Eropa ada banyak negara yang memberlakukan undang-undang soal penghinaan terhadap agama dengan derajat yang berbeda-beda. Di Jerman misalnya, ada artikel 166 dalam undang-undang pidananya yang dapat memidanakan siapa saja yang menghina agama, ideologi yang berpotensi menganggu ketertiban umum. Di pasal dua bahkan ditekankan pada penghinaan gereja atau kelompok atau asosiasi relijius lainnya.

Tahun 2016 lalu, seorang guru dan penganut ateis, didenda 500 Euro karena memasang stiker yang dianggap menghina agama Kristen. Di Austria yang merupakan tetangga Jerman, juga mengatur persoalan penghinaan terhadap agama lewat undang-undangnya.

Di Finlandia, negara yang dikenal dengan sistem pendidikannya, juga memberlakukan hal yang serupa. Penghinaan terhadap Tuhan, atau yang dianggap sakral oleh agama dan komunitas relijius dapat dikenakan hukuman pidana paling lama enam bulan. Jussi Halla-aho pada tahun 2009 dituntut karena dianggap menghina agama Islam.

Aksi demonstrasi Muslim Pakistan yang marah saat Nabi Muhammad SAW dihina.

Di Italia, yang dikenal mayoritas penganut Katolik, memberlakukan undang-undang serupa dalam artikel no. 403. Penghinaan terhadap agama dianggap perbuatan kriminal dan didenda hingga 5000 Euro.

Di Denmark penghinaan terhadap ajaran agama dapat dihukum hingga empat bulan penjara. Seorang warga negara Denmark tahun 2017 ini didakwa menghina Islam dengan membakar Al-Qur’an dan mengunggah video pembakaran tersebut di Facebook.

BACA JUGA  Di Balik Pekik Takbir Bung Tomo

Di Spanyol, hal yang sama dapat dijerat dengan pasal No. 525. Hukuman yang menanti bisa berupa pidana hingga satu tahun. Tiga orang perempuan dituduh melakukan penghinaan terhadap prosesi Paskah agama katolik yang terjadi pada tahun 2017.

Di beberapa negara, penyangkalan terhadap peristiwa Holocaust dapat dianggap sebagai kejahatan kebencian. Padahal peristiwa Holocaust bukanlah bagian dari ajaran agama atau kepercayaan.

Selalu ada yang disakralkan dalam setiap masyarakat atau komunitas. Hal itu adalah keniscayaan. Maka berbicara Indonesia, agama, adalah salah satu yang paling sakral. Selalu ada yang disakralkan dalam setiap masyarakat atau komunitas. Hal itu adalah keniscayaan. Maka berbicara Indonesia, agama, adalah yang paling sakral.

Perjuangan rakyat di tanah air melawan kolonialisme tak bisa dilepaskan dari ajaran agama terutama jihad fi sabilillah. Ikatan agama pula yang mengikat berjuta-juta rakyat Indonesia di masa lampau sebagai satu komunitas yang senasib-sepenanggungan.

Tokoh Sarekat Islam, Haji Omar Said Tjokroaminoto sudah melihat hal ini. Jika Islam ditinggalkan, maka akan lepas persatuan dari tanah air. Menurutnya,

“Karena tambah hari tambah kendor kekuatan cultuur dan adatnja (Islam) jang mengikat mereka itu bersama-sama mendjadi satu, lama kelamaan kita akan menghadapi rupa-rupa bagiannja ummat Islam, jang telah terpisah jang satu dengan lainnja, masing-masingnja mengandung tjita-tjita kebangsaannja sendiri-sendiri (ke-Maduraann, ke-Sundaan, ke-Djawaan, ke-Lampung-an, ke-Minangkabau-an, ke-Bugisan, ke-Ambon-an, dan lain-ain sebagainja)” (H.O.S. Tjokroaminoto: 1954)

Aksi penjarakan Ahok di Jakarta.

Hembusan-hembusan wacana yang menginginkan dihapuskannya UU Penodaan agama adalah satu bentuk sikap ahistoris dan abai terhadap kerukunan dan persatuan di Indonesia. Ideologi sekular-liberal yang mereka usung tak lain hanya membeo terhadap gagasan (peradaban) barat yang mengalami trauma terhadap peran agama dalam masyarakat dan negara.

BACA JUGA  Kemenag: Calon ASN Terpapar Radikalisme Pasti Tak Lulus Seleksi

Menuruti hawa nafsu mereka hanya akan membawa masyarakat kita ke dalam jurang konflik dan kehancuran. Apa yang hendak dilakukan jika masing-masing anggota masyarakat di Indonesia saling menghina agama lainnya? Dengan cara apa persoalan itu dapat diselesaikan? Apakah masing-masing harus menyelesaikan dengan caranya sendiri-sendiri? Menghapus UU Penodaan Agama sama saja dengan membawa Indonesia satu langkah berjarak dari kehancuran. Tetapi jika kita ingin menjadi negeri yang porak-poranda, maka hapuskan saja UU Penodaan Agama!

 

 

 

 

 

 

1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kapolresta Surakarta Sebut Tidak Main-main Sidik Kasus Bos PT Indaco

Kapolresta Surakarta Sebut Tidak Main-main Sidik Kasus Bos PT Indaco Tabrak Mati Pesepeda Motor

Jum'at, 24/08/2018 19:41 0

Indonesia

PP Lidmi: Pemerintah Harusnya Korbankan Kepentingan Lain Bantu Demi Korban Gempa Lombok

PP Lidmi: Pemerintah Harusnya Korbankan Kepentingan Lain di Atas Kepentingan Korban Gempa NTB

Jum'at, 24/08/2018 19:16 0

Indonesia

Bos PT Indaco Tabrak Pesepeda Motor, Begini Reaksi Netizen

Kasus bos PT Indaco Warna Dunia, Iwan Adranacus, pengemudi Marcedes Benz yang menabrak pengendara sepeda motor di Jalan KS Tubun Manahan Solo pada Rabu (22/08/2018), memicu beragam reaksi dari pengguna media sosial.

Jum'at, 24/08/2018 16:18 0

Indonesia

Hilal Ahmar Gelar Pengobatan Korban Gempa di Kayangan Lombok Utara

Untuk masuk ke posko pengungsi, relawan harus berjalan kaki, karena akses jalan sempit dan tidak rata. Sehingga tidak memungkinkan untuk mengendarai mobil.

Jum'at, 24/08/2018 16:04 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Meneladani Nabi Ibrahim Alaihi As-salam

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat : Nabi Ibrahim Alaihi As-salam sebagai nabi dan rasul mempunyai banyak...

Jum'at, 24/08/2018 15:52 0

Indonesia

Hasil Olah TKP Polresta Surakarta Bersama Polda Jateng Perkuat Bukti Penabrakan Eko Prasetio

Hasil Olah TKP Polresta Surakarta Bersama Polda Jateng Perkuat Bukti Penabrakan Eko Prasetio

Jum'at, 24/08/2018 15:01 0

Tazkiyah

Begini Generasi Salaf Berhaji, Ibadah Mereka Tiada Henti

Anas bin Malik (wafat 93 H), jika beliau mengerjakan ihram, maka beliau tidak berbicara sedikit pun mengenai urusan dunia sampai beliau bertahalul dari ihramnya.

Jum'at, 24/08/2018 14:51 0

Suara Pembaca

MDMC-LazisMu Bersama CSM Cargo Lepas 13 Ton Bantuan ke Lombok

Mashuri Masyhuda, Wakil Sekretaris MDMC PP Muhammadiyah mengungkapkan, total bantuan yang dikirim pada tahap pertama mencapai 13 ton dan direncanakan akan terus mengirim bantuan setiap 2 minggu sekali.

Jum'at, 24/08/2018 14:16 0

Rusia

Rusia Libatkan 63 Ribu Tentara dalam Konflik Suriah

Sejak September 2015, menurut video tersebut, kekuatan udara Rusia telah meluncurkan operasi pengintaian sebanyak 39 ribu dan menghancurkan 121.466 target “teroris”.

Jum'at, 24/08/2018 11:33 0

Indonesia

Relawan PMI untuk Korban Gempa Lombok Meninggal Dunia

- Relawan Palang Merah Indonesia (PMI), Afni Fastabiqul Strata Utama yang bertugas di Lombok meninggal dunia

Jum'at, 24/08/2018 10:44 0

Close