... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gempa Lombok Dinilai Teguran, Ustaz Bachtiar Nasir Serukan Taubat Nasional

Foto: Momentum Taubat Nasional di AQL Islamic Center, Tebet, Jakarta Selatan Senin (21-08-2018)

KIBLAT.NET, Jakarta – Serangkaian gempa bumi yang mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat mendorong Ar-Rahman Quranic Learning (AQL) menggelar acara bertajuk ‘Momentum Taubat Nasional’.

Direktur AQL, Ustadz Bachtiar Nasir mengatakan bahwa gempa susulan 7SR adalah alasan digelarnya acara Momentum Taubat tersebut. Dia melihat bahwa gempa susulan yang kedua ini merupakan isyarat teguran berat dari Allah.

“Mungkin karena di teguran pertama kita masih bebal, sehingga perlu ada yang mengingatkan agar tokoh, pemimpin, dan ulama segera kembali kepada Allah dan memperbaiki cara hidupnya,” kata pria yang akrab dipanggil UBN tersebut kepada kiblat.net saat ditemui seusai acara pada Senin malam (20/08/2018).

Diketahui, beberapa waktu lalu UBN dan timnya terjun langsung ke lokasi bencana untuk membantu korban yang berada di pengungsian. UBN menuturkan, kondisi terkini pengungsi sangat memprihatinkan karena banyak kebutuhan mendasar yang tidak terpenuhi.

“Kondisi terkininya luar biasa, bahkan kebutuhan mereka yang paling mendasar misal tenda, alas tidur, makanan dan obat-obatan semuanya masih kekurangan,” tutur UBN.

“Kebutuhan dasar mereka, bukan sekedar pakaian. Sekarang musim hujan, tenda mereka bocor, kemudian bayi-bayi belum mendapatkan perawatan yang semestinya,” imbuhnya.

Pria kelahiran Juni 1967 tersebut kemudian mengimbau kepada umat islam untuk beristighfar, bertaubat dan bersedekah. “Bersedekah diantaranya dengan mengalokasikan qurbannya kepada saudara kita di lombok,”ujarnya.

Dia juga berpesan kepada para khatib Jumat untuk setidaknya menyisipkan doa untuk Lombok. UBN juga meminta agar sebagian hasil kotak infaq yang diperoleh pada momen Idul Adha untuk disisihkan ke Lombok.

BACA JUGA  Wahdah Islamiyah Siapkan Dai untuk Optimalkan Masjid Megah yang Viral di Gowa

“Kami juga mengimbau kepada saudara-saudara korban agar selalu berprasangka baik kepada Allah. Apa yang terjadi adalah gejala alamiah secara keilmuan. Tapi boleh jadi ini teguran untuk bumi lombok agar senantiasa memperbaiki ibadah dan memperbaiki cara hidup kita semua,” pungkasnya.

Sejumlah tokoh terlihat menghadiri peluncuran acara Momentum Taubat Nasional di AQL Islamic Ceter, Tebet, Jakarta Selatan, seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan, Prof. Didin Hafidhuddin, dan artis Arie K. Untung.

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Taliban Tolak Tawaran Gencatan Senjata Baru Ashraf Ghani

Pemimpin Taliban, Syaikh Haybatullah Akhunzadah, menolak tawaran baru itu dengan alasan hanya akan meguntungkan misi yang dipimpin AS.

Selasa, 21/08/2018 08:00 0

Afghanistan

Taliban Bebaskan Puluhan Tentara Afghanistan yang Tertawan

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan para pejuang menghentikan bus-bus tersebut setelah gerakan menerima laporan intelijen delapan dari para penumpang pejabat keamanan.

Selasa, 21/08/2018 07:12 0

Irak

Helikopter Koalisi Jatuh Dalam Misi Tempur, Satu Tentara AS Tewas

Saat itu, helikopter tersebut menjalankan misi dukungan dalam operasi pertempuran melawan ISIS di Iraq

Selasa, 21/08/2018 05:49 0

Fikih

Tidak Usah Bingung, Idul Adha Selasa atau Rabu Sama-sama Sah

Di sosial media hari-hari ini ramai dibicarakan apakah Idul Adha Hari selasa atau hari Rabu. perdebatan fikih ini berlarut-larut sehingga seringkali kita justru sibuk dengan itu dan melupakan prioritas memperbanyak amal sholih di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Redaksi mencoba menguraikan kisruh tersebut dengan memaparkan secara singkat cuplikan-cuplikan pendapat ulama dalam masalah tersebut.

Senin, 20/08/2018 19:00 0

Suriah

HTS Kembali Tangkapi Oknum Penyeru Rekonsiliasi dengan Rezim

Kampanye ini merupakan pengembangan dari penangkapan sebelumnya yang digelar HTS dan Jabhah Wathaniyah Lit Tahrir (marger baru faksi-faksi oposisi di Idlib). Kedua faksi itu berkoordinasi untuk melakukan penangkapan di Idlib dan pedesaan Hama serta Aleppo.

Senin, 20/08/2018 12:33 0

Khazanah

Mengenal Rangkaian Ibadah Haji dari Awal sampai Akhir

Sebagian jemaah boleh berniat ibadah haji saja, dan ini disebut Haji Ifrad. Atau jemaah berniat melaksanakan haji dan umrah secara bersamaan, atau dikenal Haji Qiran

Senin, 20/08/2018 09:56 1

Arab Saudi

Hujan Lebat Guyur Jemaah Haji di Hari Pertama Rangkaian Ibadah

Di hari pertama rangkaian ibadah, jemaah diguyur hujan lebat. Departemen Kesehatan Saudi mengatakan tidak ada tanda-tanda adanya wabah di kalangan jemaah.

Senin, 20/08/2018 08:03 0

Afghanistan

Afghanistan Kembali Umumkan Gencatan Senjata Hari Raya

"Saya telah mengumumkan gencatan senjata dari Senin sampai kelahiran Nabi (21 November) dan akan terus berlanjut selama Taliban mempertahankan dan menghormatinya," kata Ghani dalam pidatonya selama perayaan Hari Kemerdekaan ke-99 Afganistan.

Senin, 20/08/2018 06:31 0

Turki

Selama 103 Tahun, Uang Milik Tentara Utsmaniyah Utuh Disimpan Keluarga Palestina

KIBLAT.NET, Ankara – Selama Perang Dunia I, seorang tentara Daulah Utsmaniyah menitipkan sejumlah besar uang...

Ahad, 19/08/2018 17:20 0

China

Sanksi AS Tak Pengaruhi Hubungan China dan Iran

China akan melanjutkan kerja sama dan hubungannya dengan Iran. Demikian laporan kantor berita negara Xinhua melaporkan pada Jumat (17/08/2018), mengutip pernyataan dari Penasihat Negara Cina Wang Yi.

Ahad, 19/08/2018 10:40 0

Close