AQAP Bantah Laporan Media Barat Soal Kesepakatan dengan UEA

KIBLAT.NET, Sana’a – Kelompok jihadis AQAP, cabang al-Qaidah di Semenanjung Arabia, pada hari Jumat (17/08) merilis pernyataan menyangkal laporan The Associated Press (AP) terkait dugaan adanya kesepakatan rahasia dengan Uni Emirat Arab. Dalam laporan investigatif sebelumnya, AP mengklaim telah mewawancarai 20 lebih narasumber termasuk 4 anggota AQAP, yang mengungkap ada “kerjasama” di lapangan dalam sejumlah pertempuran melawan pemberontak Syiah Hutsi dukungan Iran.

Sejumlah pihak berasumsi, kerjasama taktis antara kedua pihak itu diduga sudah berlangsung sejak koalisi pimpinan Arab Saudi ikut campur dalam konflik Yaman. Sejak itu pula, unsur-unsur milisi lokal dukungan koalisi negara-negara Arab kerap menghadapi musuh bersama dalam satu operasi militer gabungan dengan AQAP. UEA dan Arab Saudi adalah dua negara Teluk yang dominan dalam koalisi yang di-backup oleh Amerika ini.

Walau demikian, AQAP menegaskan bahwa UEA juga bekerja sama dengan AS untuk menyerang pejuang-pejuang mereka dengan cara-cara yang kotor. Ini juga merupakan fakta yang benar, meskipun serangan terhadap AQAP tidak mempengaruhi secara langsung perang AQAP melawan Syiah Hutsi yang menjadi proksi Teheran.

Menurut laporan yang dirilis The Associated Press beberapa pekan lalu, UEA tidak hanya membuat kesepakatan untuk operasi bersama melawan Hutsi, bahkan UEA membayar sejumlah besar uang, termasuk mengintegrasikan pejuang-pejuang AQAP ke dalam entitas baru milisi yang dibentuk dalam rangka tujuan jangka panjang menguasai wilayah Yaman bagian selatan. The Associated Press mengkaim laporan-laporan tersebut bersumber pada open-source dan hasil interview dengan beberapa narsum. Meski demikian, pihak AQAP secara resmi menyangkal dan menyuguhkan fakta lain bahwa UEA bekerja sama dengan AS menyerang mereka.

Sumber: Antiwar
Redaktur: Yasin Muslim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat