... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Mengenal Rangkaian Ibadah Haji dari Awal sampai Akhir

Foto: Salah satu suasana thawaf pada Haji 2017 (foto: Tony/Kiblat.net)

KIBLAT.NET, Riyadh – Ibadah Haji merupakan rukun Islam kelima. Ibadah yang waktunya setahun sekali ini dimulai ketika jemaah memasuki Tanah Suci dari tempat-tempat yang telah ditentukan Syariat, atau dikenal dengan Miqat. Setelah memasuki Miqat, jemaah harus memakai pakaian ihram kemudian mengucapkan kalimat Talbiyah.

Sebagian jemaah boleh berniat ibadah haji saja, dan ini disebut Haji Ifrad. Atau jemaah berniat melaksanakan haji dan umrah secara bersamaan, atau dikenal Haji Qiran. Jemaah juga boleh mendahulukan niat umrah dari ibadah haji, yang dikenal dengan Haji Tamattuk. Haji ini dilakukan dengan memakai ihram dari miqat dengan niat umrah pada musim haji, setelah tahallul, memakai ihram lagi dengan niat haji pada hari Tarawiah (8 Zulhijah). Bagi yang melaksanakan haji Tamattuk diwajibkan membayar dam.

Jemaah menjalani rangkaian ibadah haji mereka di area tempat-tempat suci, mulai dari Masjidil Haram di Mekkah hingga bukit Arafah, dengan melintasi Mina dan Muzdalifah. Setelah tiba di Mekkah, jemaah melakukan Thawaf Qudum (Thawaf Kedatangan) dengan tujuh kali putaran mengelilingi Ka’bah.

Di hari kedelapan Dzulhijjah atau lebih dikenal Hari Tarwiyah, jemaah meninggalkan Mekkah menuju Mina, yang berjarak enam kilomter. Jemaah menginap di Mina hingga hari Arafah (9 Dzulhijjah) kemudian kembali ke penginapan di hari-hari Tasyriq.

Setelah matahari terbit di hari ke-9 Dzulhijjah, para tamu Allah naik ke bukit Arafah untuk melaksankan Wukuf hingga Matahari terbenam. Mereka menjamak salat qashar Salat Zuhur dan Ashar saat Wukuf.

Luas bukit Arafah lebih dari 10 kilometer persegi dan terletak 10 kilometer dari Mina.

Kemudian jemaah menuju Muzdalifah yang terletak tujuh kilometer dari Arafah setelah selesai melaksanakan Wukuf malam itu juga. Mereka melaksanakan Salat Maghrib dan Isya secara jamak dan qashar. Kemudian jemaah mengumpulkan kerikil untuk melempar jumrah di Mina esok harinya dan jemaah menetap di situ sampai hari berikutnya, 10 Dzulhijjah.

Pada hari kesepuluh Dzulhijjah atau Hari Raya Idul Adha, jemaah kembali ke Mina untuk melempar kerikil di hari pertama melempar Jumrah Aqabah Al-Kubra.

Di Mekah, jemaah melaksanakan Thawaf Ifadha tujuh putaran. Jika jemaah telah melaksanakan Sa’i antara Safa dan Marwa tujuh kali setelah Thawaf Ifadha.

Selanjutnya jemaah melalui hari-hari Tasyriq di Mina dan melempar jumrah selama tiga hari; lempar jumrah kecil, sedang dan besar. Jika beberapa dari mereka mempercepat pada hari kedua belas tidak ada dosa baginya.

Thawaf Wada’ merupakan rangkaian terakhir dari ibadah haji. Jemaah mengelilingi Ka’bah sebelum pulang negara masing-masing.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Mengenal Rangkaian Ibadah Haji dari Awal sampai Akhir”

  1. Yunan H

    Jelas dan mantap

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Hujan Lebat Guyur Jemaah Haji di Hari Pertama Rangkaian Ibadah

Di hari pertama rangkaian ibadah, jemaah diguyur hujan lebat. Departemen Kesehatan Saudi mengatakan tidak ada tanda-tanda adanya wabah di kalangan jemaah.

Senin, 20/08/2018 08:03 0

Indonesia

Pengungsi Lombok Harap Setiap Masjid Gelar Salat Taubat

Tokoh masyarakat menilai gempa kali ini di luar kewajaran karena berlangsung terus menerus

Senin, 20/08/2018 07:02 0

Afghanistan

Afghanistan Kembali Umumkan Gencatan Senjata Hari Raya

"Saya telah mengumumkan gencatan senjata dari Senin sampai kelahiran Nabi (21 November) dan akan terus berlanjut selama Taliban mempertahankan dan menghormatinya," kata Ghani dalam pidatonya selama perayaan Hari Kemerdekaan ke-99 Afganistan.

Senin, 20/08/2018 06:31 0

Turki

Selama 103 Tahun, Uang Milik Tentara Utsmaniyah Utuh Disimpan Keluarga Palestina

KIBLAT.NET, Ankara – Selama Perang Dunia I, seorang tentara Daulah Utsmaniyah menitipkan sejumlah besar uang...

Ahad, 19/08/2018 17:20 0

Indonesia

HRS Center untuk Perjuangkan Syariat Islam Secara Konstitusional

HRS Center akan terlebih dahulu melakukan kajian-kajian dalam aspek strategis dan dinamika sosiologis di masyarakat sebelum sebuah sebuah syariat diformalisasikan ke dalam sistem hukum nasional.

Ahad, 19/08/2018 15:04 0

Indonesia

Gempa 6,5 SR Guncang Lombok, Perbukitan di Rinjani Longsor

Lombok kembali diguncang gempa sebanyak 2 kali hanya berselang beberapa menit pada Ahad (19/08/2018). 

Ahad, 19/08/2018 14:40 0

Indonesia

Pos Indonesia: Layanan Gratis ke Lombok Tidak untuk Alamat Pribadi

Layanan pos berbayar yang otomatis akan diantarkan sesuai permintaan, Onni mengungkapkan harganya masih sama sebelum terjadinya bencana.

Ahad, 19/08/2018 14:29 0

China

Sanksi AS Tak Pengaruhi Hubungan China dan Iran

China akan melanjutkan kerja sama dan hubungannya dengan Iran. Demikian laporan kantor berita negara Xinhua melaporkan pada Jumat (17/08/2018), mengutip pernyataan dari Penasihat Negara Cina Wang Yi.

Ahad, 19/08/2018 10:40 0

Indonesia

Puskesmas Roboh, Penanganan Medis Korban Gempa Alami Kendala

Gempa berkekuatan 7,0 SR pada Ahad (05/08/2018) merusak banyak fasilitas umum di Lombok, diantaranya adalah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Sembalun Lombok Timur.

Ahad, 19/08/2018 10:18 0

Video Kajian

Peran Ibu Untuk Kebangkitan Umat Islam

Peran Ibu Untuk Kebangkitan Umat Islam. Ibu pengaruhi anak sejak dalam kandungan, susuan, hingga besar.Simak kisah para pendahulu umat tentang perkara ini!

Ahad, 19/08/2018 10:04 0

Close