... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Hujan Lebat Guyur Jemaah Haji di Hari Pertama Rangkaian Ibadah

Foto: Pemondokan jemaah haji [reuters]

KIBLAT.NET, Mekkah – Sekitar dua juta muslim dari berbagai belahan dunia, Ahad (19/08), memulai prosesi ibadah haji. Pemerintah Saudi menetapkan Ahad 19 Agustus 2018 sudah masuk 8 Dzulhijjah 1439 H berdasarkan rukyat.

Di hari pertama prosesi ibadah, jemaah diguyur hujan lebat. Departemen Kesehatan Saudi mengatakan tidak ada tanda-tanda adanya wabah di kalangan jemaah.

Hujan lebat dan badai petir memaksa jemaah berlindung di tenda masing-masing dan beberapa orang berjalan melewati lumpur. Pertahanan Sipil memperingatkan kemungkinan banjir di malam hari.

Sementara sebagian jemaah melaksanakan salat di Masjidil Haram sebelum menuju ke Mina dan bukit Arafah di sebelah timur Mekkah.

Semua peziarah akan pergi ke bukit Arafah pada Senin pagi. Idul Adha akan digelar Selasa, ketika para jemaah akan mulai melempar jumrah selama tiga hari.

Menteri Kesehatan, Tawfiq al-Rabiah, mengatakan kepada Reuters bahwa pihak berwenang telah mempersiapkan selama berbulan-bulan untuk memastikan keamanan para jemaah. Sebanyak 30.000 tenaga kesehatan yang bekerja di 25 rumah sakit disiagakan. Kerajaan juga menyiapkan layanan medis gratis, bahkan siap menggelar operasi-operasi berat dalam kondisi darurat.

“Alhamdulillah, semuanya sekarang terkendali dan semuanya dalam kondisi kesehatan prima,” kata Rabia dalam sebuah wawancara di Rumah Sakit Umum Mina.

“Kami sangat berhati-hati, dan sejauh ini situasinya aman dan tidak ada indikasi penyakit atau wabah peziarahan,” imbuhnya.

BACA JUGA  Fasilitas Minyak Terbesar di Saudi Diserang Drone

Kemungkinan wabah penyakit di kalangan jemaah selalu menjadi perhatian setiap tahun. Hal itu karena jemaah harus menghabiskan lima hari untuk menjalankan seluruh rangkaian haji. Mayoritas mereka kerap makan di luar dan tidur di tanah di dekat tempat-tempat suci.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pengungsi Lombok Harap Setiap Masjid Gelar Salat Taubat

Tokoh masyarakat menilai gempa kali ini di luar kewajaran karena berlangsung terus menerus

Senin, 20/08/2018 07:02 0

Indonesia

HRS Center untuk Perjuangkan Syariat Islam Secara Konstitusional

HRS Center akan terlebih dahulu melakukan kajian-kajian dalam aspek strategis dan dinamika sosiologis di masyarakat sebelum sebuah sebuah syariat diformalisasikan ke dalam sistem hukum nasional.

Ahad, 19/08/2018 15:04 0

Indonesia

Gempa 6,5 SR Guncang Lombok, Perbukitan di Rinjani Longsor

Lombok kembali diguncang gempa sebanyak 2 kali hanya berselang beberapa menit pada Ahad (19/08/2018). 

Ahad, 19/08/2018 14:40 0

Indonesia

Pos Indonesia: Layanan Gratis ke Lombok Tidak untuk Alamat Pribadi

Layanan pos berbayar yang otomatis akan diantarkan sesuai permintaan, Onni mengungkapkan harganya masih sama sebelum terjadinya bencana.

Ahad, 19/08/2018 14:29 0

Indonesia

Puskesmas Roboh, Penanganan Medis Korban Gempa Alami Kendala

Gempa berkekuatan 7,0 SR pada Ahad (05/08/2018) merusak banyak fasilitas umum di Lombok, diantaranya adalah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Sembalun Lombok Timur.

Ahad, 19/08/2018 10:18 0

Video Kajian

Peran Ibu Untuk Kebangkitan Umat Islam

Peran Ibu Untuk Kebangkitan Umat Islam. Ibu pengaruhi anak sejak dalam kandungan, susuan, hingga besar.Simak kisah para pendahulu umat tentang perkara ini!

Ahad, 19/08/2018 10:04 0

Video Kajian

Empat Penyesalan Orang Beriman Setelah Kematian

Empat Penyesalan Orang Beriman Setelah Kematian. Orang kafir dan musyrik pasti menyesal setelah ajal. Tahukah Anda, orang beriman pun akan menyesal, kenapa?

Ahad, 19/08/2018 09:43 1

Indonesia

Apa Misi HRS Center? Begini Penjelasan Habib Rizieq

Imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab mengungkapkan misi lembaga HRS Center.

Ahad, 19/08/2018 07:41 0

Indonesia

Habib Rizieq Restui Pembentukan HRS Center

setelah dirinya melakukan diskusi yang panjang bersama para penggagas HRS Center, akhirnya HRS bisa menerima pencantuman nama dirinya dalam lembaga ini.

Sabtu, 18/08/2018 22:41 0

Indonesia

ACT: Gempa Lombok Seharusnya Menjadi Bencana Nasional

residen Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin menilai seharusnya Gempa Lombok statusnya naik menjadi Bencana Nasional.

Sabtu, 18/08/2018 19:46 0

Close