... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

HRS Center untuk Perjuangkan Syariat Islam Secara Konstitusional

Foto: HRS Center.

KIBLAT.NET, Jakarta – Habib Rizieq Shihab (HRS) Center didirikan dalam rangka memperjuangkan penerapan syariat Islam di Indonesia secara legal konstitusional. Demikian diungkapkan Munarman, selaku pendiri lembaga kajian ilmiah strategis tersebut.

“Mengapa legal konstitusional, karena konstitusi kita, pasal 24 ayat 2 UUD 45 itu menyatakan bahwa salah satu kekuasaan peradilan diantara empat kekuasaan peradilan adalah peradilan agama,” ungkapnya di sela-sela peluncuran HRSC di Hotel Balairung, Jakarta Pusat, Sabtu (18/08/2018).

Munarman menjelaskan, peradilan agama adalah peradilan yang didasarkan khusus kepada umat Islam untuk menyelesaikan berbagai persoalan. Contohnya tentang pernikahan, rujuk, talak, wasiat, waris, hibah, dan sekarang sudah ditambah dengan muamalah syariah.

“Dengan penerapan syariat Islam secara legal konstitusional melalui mekanisme peradilan ini, penyelesaian sengketa diantara umat islam, kita harapkan umat Islam ini bisa terpenuhi aspirasinya dalam aspek hukum syariat dalam seluruh kehidupannya,” ungkapnya.

Munarman mengungkapkan, HRS Center akan terlebih dahulu melakukan kajian-kajian dalam aspek strategis dan dinamika sosiologis di masyarakat sebelum sebuah sebuah syariat diformalisasikan ke dalam sistem hukum nasional ataupun diterapkan.

“Itu misi utama kita dalam pendirian HRSC. Setelah melakukan kajian, hasilnya nanti akan ditawarkan ke pengampu kebijakan negara,” ujarnya.

Sementara itu, KH. Ja’far Siddiq mengungkapkan bahwa pendirian HRS Center sebagai salah satu agenda Milad FPI.

“Kita luncurkan HRSC ini agar secara legal konstitusional penerapan syariah di Indonesia itu berjalan. Makanya tetap kita gaungkan Indonesia bersyariah. Jadi pakar-pakar hukum nanti yang bicara tentang legalitas itu,” ungkapnya di tempat yang sama.

BACA JUGA  KAMMI: Pemerintah Belum Tegas Soal Pembatasan Sosial Berskala Besar

Ja’far mengungkapkan, FPI sampai saat ini tetap mengusung NKRI bersyariah. Ketika sudah mencapai tahun ke-20 FPI, Ja’far mengungkapkan prosesnya sudah berjalan 80%.

“Sekarang kan banyak yang dari praktisi hukum, ilmuwan, sudah mulai terbuka bahwa penerapan syariat Islam itu legal konstitusional. Sekarang tinggal pengejawantahan ke undang undang itu sendiri,” ungkapnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

China

Sanksi AS Tak Pengaruhi Hubungan China dan Iran

China akan melanjutkan kerja sama dan hubungannya dengan Iran. Demikian laporan kantor berita negara Xinhua melaporkan pada Jumat (17/08/2018), mengutip pernyataan dari Penasihat Negara Cina Wang Yi.

Ahad, 19/08/2018 10:40 0

Video Kajian

Peran Ibu Untuk Kebangkitan Umat Islam

Peran Ibu Untuk Kebangkitan Umat Islam. Ibu pengaruhi anak sejak dalam kandungan, susuan, hingga besar.Simak kisah para pendahulu umat tentang perkara ini!

Ahad, 19/08/2018 10:04 0

Video Kajian

Empat Penyesalan Orang Beriman Setelah Kematian

Empat Penyesalan Orang Beriman Setelah Kematian. Orang kafir dan musyrik pasti menyesal setelah ajal. Tahukah Anda, orang beriman pun akan menyesal, kenapa?

Ahad, 19/08/2018 09:43 1

Amerika

Sekjen PBB Ajukan Empat Opsi untuk Lindungi Warga Palestina

Empat opsi itu disampaikannya dalam laporan yang diminta oleh Majelis Umum sebagai tanggapan atas meningkatnya kekerasan di Jalur Gaza, di mana sebanyak 171 warga Palestina tewas di tangan tentara Israel sejak Maret lalu.

Sabtu, 18/08/2018 16:18 0

Mesir

Krisis Ekonomi Sebabkan Banyak Warga Mesir Gagal ke Tanah Suci

“Apa yang saya miliki tidak cukup untuk saya dan anak-anak. Tidak masuk akal saya memaksakan diri berangkat haji sementara keluarga saya kesulitan,” ujarnya.

Sabtu, 18/08/2018 15:03 0

Amerika

AS Himpun Dana Rp4 Triliun dari Anggota Koalisi Anti ISIS

Dana sebesar ini untuk menstabilkan dan membangun kota-kota di Suriah yang hancur akibat pertempurannya dengan ISIS

Sabtu, 18/08/2018 14:29 0

Suriah

Negosiasi Kurdi dengan Rezim Assad Temui Jalan Buntu

SDC ingin menjadi salah satu pemegang administratif utama di wilayah yang diduduki. Namun, rezim Assad bersikeras untuk mendapatkan kendali administratif atas wilayah yang dipegang oleh YPG dengan menawarkan pemerintahan lokal.

Jum'at, 17/08/2018 19:00 0

Arab Saudi

Saudi Rogoh 100 Juta Dolar untuk Proyek Koalisi Anti-ISIS

Kontribusi ini mewakili kemitraan erat kerajaan dengan AS dan Koalisi Anti-ISIS, yang bertujuan untuk mempromosikan tanggung jawab bersama di antara semua mitra koalisi untuk menghadapi ancaman regional bersama.

Jum'at, 17/08/2018 18:30 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Kemerdekaan Nabi Ibrahim

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Kemerdekaan Nabi Ibrahim. Pekan ini umat Islam berada dalam sepuluh awal...

Jum'at, 17/08/2018 16:25 0

Amerika

Trump Gagas Parade Militer, Veteran Tolak Karena Berbiaya Mahal

"American Legion menghargai bahwa Presiden kami ingin menunjukkan secara dramatis dukungan bangsa kami untuk pasukan kami," kata Komandan Nasional American Legion Denise Rohan dalam sebuah pernyataan pada Kamis (16/08/2018) malam.

Jum'at, 17/08/2018 15:29 0

Close