... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

ACT: Gempa Lombok Seharusnya Menjadi Bencana Nasional

KIBLAT.NET, Jakarta – Presiden Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin menilai seharusnya Gempa Lombok statusnya naik menjadi Bencana Nasional. Ia melihat bencana di Lombok dan Bali ini sudah tidak bisa lagi ditangani pemerintah provinsi.

“Saya yakin ini mestinya menjadi bencana nasional, dilihat dari segala resiko akibat yang telah terjadi, artinya tidak mungkin bencana sebesar ini diserahkan ke lokal provinsi NTB. Saya kira itu salah satu barometer mengapa bencana ini harusnya dinaikkan statusnya menjadi bencana skala nasional,” ungkapnya usai melakukan apel pemberangkatan Kapal Kemanusiaan Lombok TNI AL di Komando Lintas Laut Militer, Jakarta Utara, Jumat (17/08/2018).

Meskipun belum menjadi bencana nasional ia tetap mengajak seluruh komponen bangsa dan masyarakat untuk membantu korban gempa. Menurutnya, ketika ada 300.000 lebih pengungsi, 1000 lebih orang terluka, rumah sakit lumpuh, dan 85% bangunan rubuh, itu adalah bencana yang sangat besar.

Walaupun belum ada pernyataan formal dari pemerintah yang menyatakan gempa Lombok ini sebagai bencana nasional, lanjutnya, spirit membantu korban di Lombok yang ditunjukkan masyarakat Indonesia saat ini sudah spirit nasional.

“Tapi menurut saya, dengan adanya media sosial yang sangat ramai menginformasikan masalah ini, partisipasi publik masyarakat sangat luar biasa. Meskipun dengan tidak adanya pernyataan resmi dari pemerintah bahwa ini bencana nasional, tapi antusiasme masyarakat sangat besar, luarbiasa besar menurut saya,” ujarnya.

BACA JUGA  Besok, Huntara FKAM Insya Allah Diresmikan

Ia pun mengungkapkan rasa senangnya melihat bagaimana bangsa ini hebat bersatu menghadapi bencana. Ahyudin merasa kultur gotong royong bangsa ini kembali bangkit lagi dengan adanya bencana ini.

“Soal status itu sepenuhnya otoritas pemerintah, tapi satu hal begini, bersama-sama pun susah menangani bencana, apalagi pemerintah sendirian, apalagi masyarakat sendirian, jadi kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat harus terjadi untuk bencana skala ini,” ungkapnya.

“Harusnya menurut saya ini bencana nasional, dan terbukti hari ini bencana ini sudah menggugah skala nasional,” tukasnya.

Reporter: Muhammad Jundi
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Sekjen PBB Ajukan Empat Opsi untuk Lindungi Warga Palestina

Empat opsi itu disampaikannya dalam laporan yang diminta oleh Majelis Umum sebagai tanggapan atas meningkatnya kekerasan di Jalur Gaza, di mana sebanyak 171 warga Palestina tewas di tangan tentara Israel sejak Maret lalu.

Sabtu, 18/08/2018 16:18 0

Mesir

Krisis Ekonomi Sebabkan Banyak Warga Mesir Gagal ke Tanah Suci

“Apa yang saya miliki tidak cukup untuk saya dan anak-anak. Tidak masuk akal saya memaksakan diri berangkat haji sementara keluarga saya kesulitan,” ujarnya.

Sabtu, 18/08/2018 15:03 0

Amerika

AS Himpun Dana Rp4 Triliun dari Anggota Koalisi Anti ISIS

Dana sebesar ini untuk menstabilkan dan membangun kota-kota di Suriah yang hancur akibat pertempurannya dengan ISIS

Sabtu, 18/08/2018 14:29 0

Suriah

Negosiasi Kurdi dengan Rezim Assad Temui Jalan Buntu

SDC ingin menjadi salah satu pemegang administratif utama di wilayah yang diduduki. Namun, rezim Assad bersikeras untuk mendapatkan kendali administratif atas wilayah yang dipegang oleh YPG dengan menawarkan pemerintahan lokal.

Jum'at, 17/08/2018 19:00 0

Arab Saudi

Saudi Rogoh 100 Juta Dolar untuk Proyek Koalisi Anti-ISIS

Kontribusi ini mewakili kemitraan erat kerajaan dengan AS dan Koalisi Anti-ISIS, yang bertujuan untuk mempromosikan tanggung jawab bersama di antara semua mitra koalisi untuk menghadapi ancaman regional bersama.

Jum'at, 17/08/2018 18:30 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Kemerdekaan Nabi Ibrahim

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Kemerdekaan Nabi Ibrahim. Pekan ini umat Islam berada dalam sepuluh awal...

Jum'at, 17/08/2018 16:25 0

Amerika

Trump Gagas Parade Militer, Veteran Tolak Karena Berbiaya Mahal

"American Legion menghargai bahwa Presiden kami ingin menunjukkan secara dramatis dukungan bangsa kami untuk pasukan kami," kata Komandan Nasional American Legion Denise Rohan dalam sebuah pernyataan pada Kamis (16/08/2018) malam.

Jum'at, 17/08/2018 15:29 0

Turki

Sanksi Turki Akan Ditambah Jika Tak Bebaskan Pendeta AS

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan bahwa Amerika Serikat siap untuk menempatkan sanksi ekonomi lebih lanjut terhadap Turki jika pendeta Amerika yang ditahan, Andrew Brunson tidak dibebaskan.

Jum'at, 17/08/2018 14:55 0

Video Kajian

Pokok Segala Urusan Manusia

KIBLAT.NET – Pokok Segala Urusan Manusia. Hadits riwayat riwayat At-Tirmidzi, dari Mu’adz bin Jabal, Rasulullah...

Jum'at, 17/08/2018 14:35 0

Amerika

Trump Batasi Pengiriman Jet Tempur Canggih F-35 ke Turki

Presiden AS Donald Trump telah membuat langkah pembatasan terhadap pengiriman 100 unit jet tempur canggih F-35 kepada Turki.

Jum'at, 17/08/2018 14:10 0

Close