... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Forum Perdamaian Dunia Diakui Belum Mampu Wujudkan Perdamaian Abadi

Foto: Forum Perdamaian Dunia ke-7 digelar di Jakarta

KIBLAT.NET, Jakarta – Forum Perdamaian Dunia rutin diselenggarakan oleh Center for Dialogue and Cooperation among Civilization bekerjasama dengan Cheng Ho Multi Cultural Education Trust. Forum global ini digelar dua tahun sekali dan telah berlangsung sejak tahun 2006.

Pengurus Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, KH. Muhyidin Junaidi mengungkapkan bahwa untuk menciptakan perdamaian di tingkat global dibutuhkan banyak energi, kesabaran dan dana. Menurutnya Forum Perdamaian Dunia memiliki manfaat baik skala nasional, regional hingga global.

“Untuk nasional Indonesia sudah dilirik oleh banyak negara sebagai role model untuk menciptakan perdamaian, untuk menjaga stabilitas nasional, ke-bhinekatunggalika-an dan lain sebagainya,” ungkapnya di sela-sela acara Forum Perdamaian Dunia ke-7 di Hotel Sultan, Jakarta pada Selasa (14/08/2018).

Namun, Muhyidin mengakui bahwa pertemuan-pertemuan tersebut belum mampu untuk menciptakan perdamaian abadi baik di tingkat regional sekalipun. Akan tetapi, Indonesia terus berusaha untuk merealisasikan ide atau konsep perdamaian, misalnya di Afghanistan.

“Namun akhir-akhir ini sudah kita perbuat, katakanlah untuk Afghanistan kita diminta oleh pemerintah Afghanistan melalui presiden Afghanistan dan presiden Jokowi,” imbuhnya.

Dalam perkembangannya, kata Muhyidin, Forum Perdamaian Dunia perlahan mulai dilirik oleh masyarakat internasional. Bahkan, Norwegia tidak pernah absen untuk terlibat dalam agenda fenomenal tersebut.

Kendati demikian, Indonesia sebagai inisiator dan contoh masih perlu meningkatkan realisasi konsep perdamaian itu di dalam negeri. Sebelum model perdamaian seperti Indonesia ditawarkan ke negara-negara lain.

BACA JUGA  PKS: Pemerintah Harus Cepat, Tepat dan Terukur Atasi Corona

“Oleh karena itu, MUI menilai bahwa event-event seperti ini perlu ditingkatkan kualitasnya. Dan kalau kita ingin mengekspor model perdamaian versi Indonesia ke luar negeri maka kita harus memperbaiki diri kita terlebih dahulu,” pungkasnya.

Reporter: Syafei Irman
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Jenazah Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi Disalatkan di Masjid Nabawi

Syaikh Al-Jazairi menghembuskan nafas terakhir pada Rabu pagi diusia ke-97 tahun. Sakit menahun yang dideritanya menghantarkannya memisahkan dunia ini.

Kamis, 16/08/2018 10:25 0

Suriah

Kumpulkan Pemuka Hama, Turki Yakinkan Agresi Assad Tak Terjadi

Pihak Turki menjelaskan bahwa pernyataan itu ditafsirkan dengan cara salah

Kamis, 16/08/2018 09:42 0

Qatar

Qatar Suntik Turki Dana $15 Miliar

Setelah pengumuman Emir Qatar untuk berinvestasi di Turki, mata uang Turki naik sedikit terhadap dolar AS.

Kamis, 16/08/2018 08:24 0

Palestina

Israel Kembali Izinkan Barang Komersial Masuk Gaza

Israel menggunakan perlitasan Israel-Gaza sebagai senjata untuk menekan pejuang. Larangan ini diberlakukan sejak 9 Juli lalu.

Kamis, 16/08/2018 07:33 0

Feature

Gempa Lombok: Apakah Engkau Benar-benar Murka, Ya Allah? Ampunilah Kami

Tetapi  bagaimana pun, gempa yang berulang itu berdampak psikologis bagi para korban. Seorang ibu terbaring lemas di posko kedua akibat gempa ketiga itu. Keluarganya berusaha menenangkannya.

Rabu, 15/08/2018 17:08 0

Arab Saudi

Innaalillah, Penulis Kitab “Minhajul Muslim” Abu Bakar Al-Jazairi Tutup Usia

Menurut surat kabar "Sabaq" Arab Saudi, shalat jenazah akan dilakukan pada sore hari di Masjid Nabawi. Jenazahnya akan dimakamkan di kuburan Baqi. 

Rabu, 15/08/2018 14:57 0

Video News

Gempa Lombok: Kesaksian Korban Selamatkan Cucunya di Shaf Kedua Shalat Isya’

Gempa Lombok: Kesaksian Korban Selamatkan Cucunya di Shaf Kedua Shalat Isya'. Dengan berkaca-kaca, ia menuturkan upaya menyelamatkan cucunya.

Rabu, 15/08/2018 14:24 0

Mesir

Mesir Tangkap 13 Orang Promotor Demo 5 Tahun Pembantaian Rab’ah

Pada 14 Agustus 2013, pasukan keamanan Mesir secara paksa membubarkan dua konsentrasi massa besar di Alun-alun Rab'ah al-Adawiyah dan Alun-alun Nahda di Giza.

Rabu, 15/08/2018 12:48 0

Iran

Saudi Bebaskan Tiga Nelayan Iran yang Ditangkap Tahun Lalu

Ahmadi menambahkan, mereka akan dibebaskan pekan ini setelah negosiasi antara pejabat kementerian luar negeri kedua Negara.

Rabu, 15/08/2018 11:30 0

Amerika

Gereja Katolik Tutupi Kasus Pelecehan Anak oleh Ratusan Pastor Amerika

Lebih dari 1.000 anak dianiaya oleh ratusan pastor Katolik Roma di enam keuskupan di negara bagian Pennsylvania, AS. Kendati demikian, pejabat senior gereja senior memilih untuk menutup-nutupi kasus tersebut.

Rabu, 15/08/2018 11:29 0

Close