Direktur INDEF: Program Koperasi 212 Lebih Konkret dari Oke Oce

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati memberikan kritik atas program Oke Oce yang digagas mantan wakil gubernur DKI, Sandiaga Uno. Menurutnya, program tersebut belum dirasakan secara luas oleh masyarakat.

“Ini saya sampaikan langsung, mumpung ada kreatornya,” kata Enny saat mengisi diskusi publik di gedung Sekretariat Bersama, Jakarta yang juga dihadiri oleh Sandiaga Uno pada Rabu malam (15/08/2018).

Enny menjelaskan, masyarakat Indonesia sekarang membutuhkan langkah konkret dari segi ekonomi. Oke Oce dinilai kurang konkret karena selama ini belum terasa massal kepada seluruh masyarakat Jakarta.

“Saya tidak tau di mana miss link-nya Oke Oce sehingga tidak langsung bisa dilihat dan dirasakan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Enny kemudian membandingkan program cawapres pendamping Prabowo Subianto itu dengan program Koperasi 212. Dengan segala plus-minusnya, dia menilai bahwa gerakan tersebut konkret dalam menjawab masalah ekonomi umat.

Enny menjelaskan bahwa, untuk menggerakkan ekonomi umat dibutuhkan tidak hanya niat dan aksi. Tapi juga harus didampingi manajemen yang benar-benar menjawab persoalan ekonomi umat.

“Yang masyarakat butuhkan adalah pionir, 212 ini pionir, mereka hadir. Sehingga itu nanti yang akan berkembang ke masyarakat,” ujar Enny.

Direktur INDEF ini berharap agar gerakan ini tidak hanya menggelorakan semangat dan momentum kesadaran umat setelah Aksi 212. Tetapi juga menjadi bagian dari persaingan bisnis yang head to head.

BACA JUGA  PKS Konsisten Perjuangkan RUU Minuman Beralkohol

“Jika ini bisa dikonkretkan menjadi gerakan-gerakan untuk masyarakat, saya yakin nantinya yang benar-benar kita adu adalah program. Bukan lagi sentimen primordial apalagi SARA,” ucap Enny.

“Rakyat gak butuh peci Mas Sandi, rakyat butuh perut kenyang,” ujar Enny kepada Sandiaga.

Diakhir diskusi, Sandiaga Uno mendapat kesempatan untuk menanggapi statement Enny. Dia berjanji bahwa program Oke Oce akan terus didorong dan telah direncanakan untuk menjadi program nasional jika dirinya terpilih dalam pilpres 2019.

“Ya mungkin Bu Enny ngomong gitu karena belum tau, kita sekarang sudah ada lebih dari 50.000 orang yang terlibat Oke Oce ini, tapi nanti kita akan dorong terus,” ujar Sandi.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat