... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gereja Katolik Tutupi Kasus Pelecehan Anak oleh Ratusan Pastor Amerika

Foto: Jaksa Agung Josh Shapiro.

KIBLAT.NET, Pennsylvania – Lebih dari 1.000 anak dianiaya oleh ratusan pastor Katolik Roma di enam keuskupan di negara bagian Pennsylvania, AS. Kendati demikian, pejabat senior gereja senior memilih untuk menutup-nutupi kasus tersebut.

Laporan ini diungkapkan oleh Kejaksaan Agung sebagaimana dikutip Al-Jazeera, Rabu (15/08/2018). Kejaksaan meyakini jumlah anak-anak yang dilecehkan mungkin mencapai ribuan, banyak korban tidak berani menuntut. Lebih dari 300 pastor melakukan pelecehan selama beberapa dekade, dimulai pada pertengahan 1950-an.

Jaksa Agung Pennsylvania Josh Shapiro mengatakan penyelidikan selama dua tahun menemukan bahwa pejabat senior gereja di Pennsylvania dan di Vatikan berusaha menutupi kasus tersebut.

“Penyembunyian itu canggih. Dan selama ini, secara mengejutkan, pimpinan gereja menyimpan catatan tentang pelecehan dan penyembunyian. Dokumen-dokumen ini, dari keuskupan ‘Arsip Rahasia sendiri,’ membentuk tulang punggung penyelidikan,” ujarnya dalam konferensi pers di kota Harrisburg.

Kardinal Donald Wuerl, mantan uskup lama Pittsburgh yang kini memimpin Keuskupan Agung Washington, disebut bertanggung jawab dalam upaya penyembunyian kasus. Dia mengaku telah memberikan perhatian yang baik untuk para korban dan meyakinkan tindakan pelecehan tidak akan terulang.

Kejaksaan Agung meneliti dugaan pelecehan di keuskupan yang melayani lebih dari separuh 3,2 juta umat Katolik. Laporannya membuka temuan-temuan dari banyak penyelidikan gereja sebelumnya di seluruh negeri terkait pelecehan seksual yang meluas oleh pastor dan penyembunyian pejabat gereja terhadap kasus tersebut.

BACA JUGA  Hampir 150 Juta Warga AS Terdampak Gelombang Panas Mematikan

Untuk diketahui, sebagian besar korban pelecehan adalah anak laki-laki, selain anak perempuan. “Para pejabat Gereja secara rutin dan sengaja menggambarkan pelecehan itu sebagai horseplay dan gulat. Itu adalah pelecehan seksual anak, termasuk pemerkosaan,” kata Josh Shapiro.

Dia juga mengatakan bahwa seorang pastor telah mencabuli lima saudara perempuan dalam satu keluarga. Keuskupan membuat kesepakatan dengan keluarga untuk merahasiakan kasus tersebut.

Jaksa Agung mengatakan bahwa para uskup Katolik menutup-nutupi pelecehan seksual anak-anak oleh para pastor kendati mereka dimutasi. “Mereka mengizinkan para pastor untuk tetap aktif selama 40 tahun,” katanya. “Anak-anak diajarkan bahwa pelecehan ini tidak hanya normal, tetapi itu adalah suci.” ungkap Shapiro.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ikatan Ulama Palestina Imbau Lembaga Islam Internasional Bantu Korban Gempa Lombok

Ikatan Ulama Palestina Imbau Lembaga Islam Internasional Bantu Korban Gempa Lombok

Rabu, 15/08/2018 10:44 0

Indonesia

LAZISH Amanatul Ummah Poso Serahkan Langsung Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

LAZISH Amanatul Ummah Poso Serahkan Langsung Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

Rabu, 15/08/2018 10:32 0

Indonesia

Jenazah Narapidana Terorisme Muhammad Irsan Dimakamkan di Sukoharjo

ordinator Tim Pengacara Muslim (TPM), Ahmad Michdan mengatakan bahwa jenazah narapidana terorisme, Muhammad Irsan dimakamkan di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Selasa, 14/08/2018 19:15 0

Indonesia

Masyarakat Diimbau Bijak Sikapi Perbedaan Hari Raya Idul Adha

Menag menegaskan perbedaan tanggal seperti itu bukan merupakan sesuatu yang perlu dibesar-besarkan. Karena penetapan waktu ibadah di Indonesia bersifat lokal, bukan global.

Selasa, 14/08/2018 17:40 0

Indonesia

Soal HOTS dan Sistem Zonasi Berpotensi Melanggar Hak Anak

Dengan adanya HOTS dalam UNBK, lanjut dia, peserta didik merasakan kesulitan dalam mengerjakan soal-soal jenis itu karena tidak pernah dikenalkan.

Selasa, 14/08/2018 17:19 0

Indonesia

Salurkan Daging Qurban ke Penghuni Lapas, Perisai Luncurkan Program Qupas

Perisai Nusantara Esa menjadikan momentum hari raya qurban sebagai kesempatan peduli kepada para penghuni lapas

Selasa, 14/08/2018 15:25 0

Indonesia

KPAI: Banyak Kekerasan Kepada Siswa Berdalih Mendisiplinkan

KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang pendidikan selama bulan April hingga bulan Juli 2018 melakukan penanganan dan pengawasan kasus pelanggaran hak anak

Selasa, 14/08/2018 14:21 0

Indonesia

Jelang Pilpres, 9 Kapolda Diganti

Polri melakukan mutasi terhadap 97 perwira tinggi dan perwira menengah, termasuk sembilan kapolda diganti, Senin (13/8) kemarin. Ada dua telegram sekaligus dalam mutasi kali ini, yakni ST/2015/VIII/2018 dan ST/2014/VIII/KEP/2018.

Selasa, 14/08/2018 14:10 0

Indonesia

Kisah Zaera Selamatkan Bayinya yang Berusia 1 Hari Saat Gempa Lombok

Orang-orang, kata Zaera, keluar rumah mencari pertolongan. Semuanya khawatir dengan keselamatan bayinya.

Selasa, 14/08/2018 12:38 0

Indonesia

Telan Biaya 12,5 Trilyun, CBA Temui Kejanggalan di Proyek LRT Sumsel

ada kejanggalan yang tak bisa disembunyikan oleh pihak kementerian perhubungan.

Selasa, 14/08/2018 12:11 0

Close