... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KPAI: Banyak Kekerasan Kepada Siswa Berdalih Mendisiplinkan

Foto: Fenomena bullying atau perundungan di sekolah (Ilustrasi)

KIBLAT.NET, Jakarta – KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang pendidikan selama bulan April hingga bulan Juli 2018 melakukan penanganan dan pengawasan kasus pelanggaran hak anak, dan ditemukan pelanggaran sebanyak 33 kasus.

Retno Listyarti, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, mendetailkan 33 kasus terdiri dari 10 kasus korban kebijakan, 2 kasus pungli di sekolah sebanyak, 2 kasus tidak boleh ikut ujian, 1 kasus Penyegelan sekolah, 5 kasus anak putus sekolah dan dikeluarkan dari sekolah, dan 13 kasus anak korban kekerasan/bully.

“Kekerasan di sekolah dengan dalih mendisiplinkan menjadi trend kasus pendidikan selama April sampai dengan Juli 2018. Kekerasan tersebut berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak karena menimbulkan trauma berat, cedera fisik, bahkan sampai mengakibatkan kematian pada anak,” ungkapnya melalui rilis, Selasa (14/08/2018).

Retno mengungkapkan wilayah pengawasan kasus meliputi wilayah DKI Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang Selatan, Depok, Garut, Purwokerto, Jogjakarta, Mojokerto, dan Bali.

Ia menerangkan, sebagian guru menganggap bahwa siswa hanya dapat didisiplinkan dengan hukuman (cenderung kekerasan) ketimbang melakukan disiplin positif serta pemberian penghargaan atau reward kepada peserta didik.

Ia menyebutkan beberapa kasus selama April-Juli 2018 yang menunjukkan guru masih menggunakan hukuman kekerasan dalam mendisiplinkan siswanya.

Kasus pertama adalah MB, siswa kelas 4 SDN di wilayah kecamatan Sei Rampah, kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara dihukum RM, gurunya dengan menjilat WC karena lupa melaksanakan tugas dari gurunya untuk membawa kompos. Hukuman jilat WC diperintahkan sebanyak 12 kali, namun baru jilatan keempat, anak korban mengalami muntah.

BACA JUGA  PBB Tegaskan HAM Harus Dihormati di Kashmir dan Jammu

Kasus kedua, Seorang guru SMK di Puwokerto berinisial LK, menghukum siswa berinisal L yang terlambat dengan tamparan sangat keras, bahkan saat memukul, sang guru menggunakan ancang-ancang dan sampai terhuyung setelah melakukan penamparan. Akibat penamparan tersebut, para siswa mengalami telinga yang mendengung selama beberapa hari.

Kasus ketiga, Seorang siswi (MH DA) salah satu SMAN di Mojokerto, Jawa Timur dihukum skot jump oleh seniornya sebanyak 120 kali, karena terlambat mengikuti kegiatan salah satu ekstrakurikuler di SMAN tersebut. Hukuman fisik tersebut mengakibatkan cedera berat yang menimpa seorang siswi hingga korban berpotensi mengalami kelumpuhan.

Reporter: Muhammad Jundi
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Bom Rakitan Tewaskan Anggota Pasukan Khusus AS di Helmand

Perang 17 tahun di Afghanistan merupakan perang terlama dalam sejarah militer AS di mana sebanyak 2.400 tentara AS tewas dan sekitar 20.000 terluka.

Selasa, 14/08/2018 12:15 0

Video News

Kiblat Review: Ulama Panutan Umat

Bila ada ulama mendekat kepada umara, apakah mereka sedang menjual agamanya? Bagaimana seharusnya hubungan mereka

Selasa, 14/08/2018 10:40 0

Afghanistan

Serangan Taliban ke Ibukota Provinsi Ghazni Masuki Hari Keempat

Pasukan khusus AS telah diterjunkan untuk membantu mengoordinasikan serangan darat dan udara. Pemerintah juga mengirim pasukan tambahan

Selasa, 14/08/2018 10:04 0

Video Kajian

Penyebab Datangnya Pertolongan Allah

KIBLAT.NET – Penyebab datangnya pertolongan Allah dan tafsir sejarah surat Al-Anfal: 60: “Dan siapkanlah untuk...

Selasa, 14/08/2018 09:57 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Kemerdekaan Sejati

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Kemerdekaan Sejati. Semangat merah putih menghiasi setiap ruang bangsa Indonesia untuk...

Selasa, 14/08/2018 09:43 0

Suriah

Sensus: Hampir Empat Juta Jiwa Tinggal di Idlib

Berdasarkan distribusi, setidaknya 58% dari total keseluruhan warga asli. Mereka berjumlah 2.200.00 jiwa.

Selasa, 14/08/2018 08:58 0

Khazanah

Khutbah Idul Adha 1439 H: Khutbah Wada’ Rasulullah, Menjaga Kesucian Umat Islam dan Berlepas Diri dari Kejahiliyahan

Kiblat menyediakan khutbah Idul Adha 1439 H, dengan tema “Khutbah Wada' Rasulullah, Menjaga Kesucian Umat Islam dan Berlepas Diri dari Kejahiliyahan”. Anda dapat mendownload dan menggunakannya secara gratis.

Selasa, 14/08/2018 08:30 1

Eropa

Empat Negara Internasional Gelar Pertemuan Bahas Suriah

Empat negara itu, Rusia, Turki, Jerman dan Prancis.

Selasa, 14/08/2018 06:49 0

Amerika

Trump Kembali Ungkap Rencana Bentuk “Angkatan Luar Angkasa”

Ketika memaparkan visinya, Wakil Presiden Mike Pence pada hari Kamis (09/08) mengatakan, “Ini (Space Force) akan menjadi tonggak besar berikutnya dalam sejarah angkatan bersenjata kita,” sekaligus merupakan persiapan dalam menghadapi “pertempuran selanjutnya” dalam ekspedisi perang-perang Amerika. Dan, medan pertempuran masa depan itu nampaknya ada di luar angkasa.

Senin, 13/08/2018 18:57 0

Arab Saudi

Kerajaan Saudi Tangkap Syaikh Nashir Al-Umar

Aktivis meluncurkan Hashtag di Twitter berjudul #اعتقال_الشيخ_ناصر_العمر di mana mereka bertukar berita tentang penangkapan pengkhotbah Saudi.

Senin, 13/08/2018 13:34 0

Close