... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Masjid Darurat Dibangun untuk Mudahkan Warga Shalat Berjamaah

Foto: Masjid Darurat untuk korban gempa Lombok.

KIBLAT.NET, Lombok – Gempa Lombok tidak hanya menghancurkan bangunan rumah warga. Perkantoran, sekolahan serta masjid tak luput dari goyangan dahsyat waktu itu. Sehingga perlunya dibangun masjid sementara untuk dipergunakan sebagai tempat shalat lima waktu berjamaah dan dipergunakan untuk hal bemanfaat lainnya.

“Posko gabungan ini membangun masjid darurat bagi warga di Dusun Rempek Darusalam tepat di halaman masjid Nurul Hidayah yang nampak retak-retak dan sebagian bangunan nya roboh,” kata Fariz, ketua Posko kepada Kiblat.net di posko bencana di Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Senin (13/08/2018).

Masjid ini dibuat dari terpal plastik dan ditopang bambu-bambu sebagai penyangganya. Tim bersama warga bahu-membahu memotong pohon bambu yang letaknya 1 km dari masjid dan dibawa menggunakan mobil Strada SAR FKAM. Selanjutnya Tim yang lain mempersiapkan lubang untuk menaruh penyangga bambu tersebut.

“Korban gempa membuat mushalla sendiri-sendiri di pengungsian, berawal dari kondisi tersebut kami memfasilitasi masjid darurat untuk para pengungsi agar lebih nyaman dalam menjalankan ibadah shalat, serta bisa digunakan untuk ajang koordinasi antar warga,” tuturnya.

“(Masjid darurat) kami gunakan untuk orang-orang yang lebih sehat dalam menjalankan ibadah shalat, dan juga bisa untuk hubungan antar warga,” tuturnya.

Para relawan yang terlibat dalam pembangunan masjid ini di antaranya dari Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM), LP3U, Muslim Bersaudara, Yayasan At Taubah, ABA, dan lainnya.

BACA JUGA  Ditolak Mabes Polri, FPI Laporkan Ade Armando ke Polda Metro Jaya

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Trump Kembali Ungkap Rencana Bentuk “Angkatan Luar Angkasa”

Ketika memaparkan visinya, Wakil Presiden Mike Pence pada hari Kamis (09/08) mengatakan, “Ini (Space Force) akan menjadi tonggak besar berikutnya dalam sejarah angkatan bersenjata kita,” sekaligus merupakan persiapan dalam menghadapi “pertempuran selanjutnya” dalam ekspedisi perang-perang Amerika. Dan, medan pertempuran masa depan itu nampaknya ada di luar angkasa.

Senin, 13/08/2018 18:57 0

Arab Saudi

Kerajaan Saudi Tangkap Syaikh Nashir Al-Umar

Aktivis meluncurkan Hashtag di Twitter berjudul #اعتقال_الشيخ_ناصر_العمر di mana mereka bertukar berita tentang penangkapan pengkhotbah Saudi.

Senin, 13/08/2018 13:34 0

Afghanistan

Delegasi Taliban Kunjungi Uzbekistan Bahas Proyek Listrik dan Transportasi

Suhail menunjukkan bahwa kedua belah pihak saat ini membahas sejumlah proyek dan masa depan seperti keamanan untuk jalur kereta api dan listrik.

Senin, 13/08/2018 08:59 0

Arab Saudi

Saudi Tetapkan Wukuf Arafah 20 Agustus 2018

“Rukyat Hilal untuk bulan Dzul Hijjah 1439 H pada Sabtu sore telah dilaksanakan dan sejumlah saksi yang adil telah diambil sumpah menyaksikan bulan baru,” kata Mahkamah Tinggi Saudi, seperti dinukil Al-Jazeera dari kantor berita resmi Saudi, Ahad.

Senin, 13/08/2018 07:41 4

Eropa

Italia Larang Pendirian Masjid Baru

"Tidak akan ada masjid baru di negara ini,"

Senin, 13/08/2018 06:39 0

Feature

Relawan di Kayangan: Sirine Gempa Berkoar, Pencarian Pun Tertunda

Tiba-tiba ketenangan itu berubah menjadi kepanikan. Gempa kencang terjadi, diketahui berkekuatan 6,2 SR. Ini guncangan terdahsyat pertama yang saya rasakan, bukan lagi digoyang namun tanah terasa naik turun sekitar 4 kali dengan suara gemuruh.

Ahad, 12/08/2018 14:06 0

Feature

Relawan di Kayangan: Evakuasi Korban Gempa di Pinggir Tebing

Seperti nama kecamatannya, Kayangan di mana kita berada di atas bukit kaki Gunung Rinjani yang dikelilingi jurang-jurang yagn rawan longsor.

Ahad, 12/08/2018 13:58 0

China

China Kurung Sejuta Lebih Muslim Uighur di Kamp Rahasia

McDougal mengatakan para anggota Uighur dan Muslim lainnya diperlakukan sebagai "musuh negara" hanya atas dasar identitas etnis dan agama mereka.

Ahad, 12/08/2018 13:21 0

Palestina

Tengah Hamil, Seorang Ibu Dibunuh Pasukan Israel Bersama Balitanya

Juru bicara Hamas Abdullatif al-Kanoo mengatakan bahwa Palestina akan terus membela diri selama agresi Israel berlanjut. Ia menekankan bahwa itu sebuah kewajiban yang harus dijalankan.

Ahad, 12/08/2018 11:01 0

Pakistan

AS Hentikan Program Pelatihan Militer untuk Pakistan

Langkah itu diberlakukan setelah Pakistan dan Rusia menandatangani perjanjian pelatihan militer.

Ahad, 12/08/2018 10:28 0

Close