... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kerajaan Saudi Tangkap Syaikh Nashir Al-Umar

Foto: Syaikh Nashir Umar dalam akun Twitternya

KIBLAT.NET, Riyadh – Kerajaan Arab Saudi kembali dikabarkan menangkap ulama. Syaikh Nashir Al-Umar kali ini menjadi sasaran. Ia ditangkap pekan lalu di Mekkah, Arab Saudi.

Penangkapan itu tersebut disampaikan akun Twitter aktivis Muktaqily Rakyi, seperti dinukil BBC Arabic pada Ahad (12/08). Akun ini kerap memberitakan aktivis penangkapan ulama dan aktivis HAM di Saudi dan dinukil banyak media-media internasional.

“Pihak berwenang menangkap Nashir Al-Umar, profesor mantan pengajar di Fakultas Ushuludin di Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, dan akunnya telah ditangguhkan dari Twitter sejak 5 Agustus,” tulis akun Muktaqily Rakyi.

BBC mengatakan, belum bisa mengonfirmasi berita ini dari pejabat Kerajaan. Sementara pemerintah biasanya tidak berkomentar mengenai penangkapan ulama.

Syaikh Umar merupakan ulama yang ceramahnya banyak berpengaruh di kalangan umat Islam. Dia memiliki enam juta pengikut di situs jejaring social Twitter.

Aktivis meluncurkan Hashtag di Twitter berjudul #اعتقال_الشيخ_ناصر_العمر di mana mereka bertukar berita tentang penangkapan pengkhotbah Saudi.

Putra Syaikh Salman Al-Audah, Abdullah Al-Audah, juga turut mengabarkan penangkapan itu. Menurut Abdullah, Syaikh Umar ditangkap sejak Selasa lalu.

Para pengguna Twitter menduga penangkapan itu dikaitkan dengan hubungan Syaikh dengan gerakan Ikhwanul Muslimin. Sementara lainnya mengaitkan penangkapan itu dengan Twiit terakhirnya yang mengkritik reformasi di dalam Kerajaan.

Syaikh Umar telah kerap dipanggil pihak berwenang untuk diinterogasi. Pemanggilan itu di saat rezim mengkapi banyak ulama menyusul nasihat dan kritikan mereka terhadap pemerintah.

BACA JUGA  Ketika Hujan Mendinginkan Jemaah Haji di Arafah

Sumber: BBC
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Telantar dengan Kaki Patah Akibat Gempa, Nenek Inak Akhirnya Dapat Perawatan

Meski mengalami luka patah tulang kaki, Inak Cimin, nenek berusia sekitar 70 tahun ini terlihat tegar ketika dibawa tim medis Hilal Ahmar Jakarta ke rumah sakit.

Ahad, 12/08/2018 15:28 0

Indonesia

Ibu Meninggal Tertimpa Balok, Bayi Alfia Menanti ASI

Malam nahas itu tak bakal dilupakan oleh Saiful Zohri (38), warga Dusun Dangiang Timur, Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara

Ahad, 12/08/2018 14:51 0

Indonesia

Korban Bertambah, Tanggap Darurat Gempa Lombok Diperpanjang

Masa tanggap darurat yang mulanya berakhir pada Sabtu (11/08/2018) diputuskan untuk diperpanjang hingga 25 Agustus 2018.

Ahad, 12/08/2018 14:28 0

Feature

Relawan di Kayangan: Sirine Gempa Berkoar, Pencarian Pun Tertunda

Tiba-tiba ketenangan itu berubah menjadi kepanikan. Gempa kencang terjadi, diketahui berkekuatan 6,2 SR. Ini guncangan terdahsyat pertama yang saya rasakan, bukan lagi digoyang namun tanah terasa naik turun sekitar 4 kali dengan suara gemuruh.

Ahad, 12/08/2018 14:06 0

Indonesia

BNPB: Hindari Donasi Susu Formula Bayi untuk Korban Gempa

BNPB berpesan agar donasi susu formula bayi dan anak dapat dihindari terlebih dahulu.

Ahad, 12/08/2018 13:59 0

Feature

Relawan di Kayangan: Evakuasi Korban Gempa di Pinggir Tebing

Seperti nama kecamatannya, Kayangan di mana kita berada di atas bukit kaki Gunung Rinjani yang dikelilingi jurang-jurang yagn rawan longsor.

Ahad, 12/08/2018 13:58 0

Suara Pembaca

GTA Gelar Trauma Healing untuk Korban Gempa Lombok

Pasca gempa GTA mengambil peran dalam program trauma healing kepada korban musibah gempa Lombok tepatnya di Desa Rempek,kecamatan Gangga, Lombok Utara.

Ahad, 12/08/2018 10:15 0

Editorial

Gempa Tapi Tuli

Luasnya wilayah, banyaknya korban jatuh baik korban jiwa maupun luka, lumpuhnya transportasi dan hancurnya bangunan pribadi maupun publik, masih membuat perhatian pemerintah pusat terkesan setengah hati.

Ahad, 12/08/2018 10:07 0

Indonesia

DPR Minta Gempa Lombok Dijadikan Bencana Nasional

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan meminta pemerintah untuk meningkatkan status gempa Lombok menjadi bencana nasional.

Ahad, 12/08/2018 06:30 0

Indonesia

Idul Adha Jatuh pada 22 Agustus 2018

Bulan dzulqo'dah dilengkapkan tiga puluh hari (istiqmal), Idul Adha Jatuh pada 22 Agustus 2018

Sabtu, 11/08/2018 21:16 1

Close