... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ibu Meninggal Tertimpa Balok, Bayi Alfia Menanti ASI

Foto: Saiful Zohri (38) bersama bayinya bernama Rima Alfia Fitri di tenda pengungsian. (foto: ACT)

KIBLAT.NET, Lombok Utara- Malam nahas itu tak bakal dilupakan oleh Saiful Zohri (38), warga Dusun Dangiang Timur, Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Sesaat setelah azan Isya, gempa besar dan dangkal 7,0 SR menggetarkan tempat berpijak Zohri. Dirinya yang sedang berada di luar rumah sembari berbincang dengan tetangganya, seketika teringat dengan istri dan ketiga anaknya.

Bergegas dalam hitungan detik, dilingkupi kepanikan luar biasa, Zohri lari masuk ke dalam rumah. Hanya satu yang ia bayangkan malam itu, menyelamatkan sang istri, Erni Sukmawati (28) dan ketiga anaknya. Si anak tertua usia remaja langsung berlari keluar. Lalu Zohri menggendong anak lelakinya yang berusia sekolah dasar. Sementara sang istri, Erni menggendong bayi kecilnya berusia baru delapan bulan. Bayi itu bernama Rima Alfia Fitri.

“Ketika gempa itu, saya di belakang almarhum ibunya Alfia. Pas di depan mata saya, itu balok bangunan teras menimpa punggung istri. Lalu Alfia ikut tersungkur. Alfia masih ada di gendongan ibunya,” cerita Zohri di malam nahas itu.

Dalam kepanikan pascagempa, Zohri hanya bisa terhenyak melihat istri dan bayinya terjatuh ditimpa balok atap teras. “Alfia saya selamatkan. Ibunya saya angkat dari runtuhan beton dan balok kayu. Setengah jam setelah itu, Ibunya Alfia meninggal dunia.”

Laporan mengenai kisah Alfia dan keluarganya kemudian diterima Tim Medis Aksi Cepat Tanggap (ACT), Sabtu (11/08/2018). Tim pun bergerak menuju alamat tempat bayi Alfia tinggal. Laporan itu menyebut, ada seorang bayi usia di bawah satu tahun ibunya meninggal dunia karena gempa. Kini bayi itu sangat membutuhkan bantuan ASI.

BACA JUGA  Berikut Kronologi Pembunuhan Santri Ponpes Husnul Khotimah Kuningan

Tidak butuh waktu lama untuk mencari pendonor ASI. Tim Medis ACT mendapat pendonor dari seorang ibu asal Kota Mataram. Ikhtiar pun dilanjutkan, membawa ASI donor, bertemu pertama kali dengan keluarga Alfia.

“Alhamdulillah kami mendapat donor ASI dari keluarga Ibu Qhuatro (26) dan Bapak Rizky Agus Prabowo (31), asal Mataram. Saat kami ke sana, ada sekitar 200 kantung ASI siap konsumsi. Insya Allah, stoknya cukup untuk kebutuhan ASI bayi Alfia,” terang dr. Riedha.

Sepanjang jalur menuju Dusun Dangiang Timur, hampir seluruh rumah porak-poranda. Rumah Zohri dan keluarga yang kini tinggal puing-puing tidak berbentuk adalah salah satunya. Atap sudah menyatu dengan lantai. Tempat Alfia dan ibunya ditemukan dalam kondisi tertimpa balok kayu pun, masih tetap dibiarkan begitu saja.

“Alfia sekarang saya yang asuh seorang diri. Dibantu Wulan, kakak sulung Alfia. Sejak kejadian Ibu Alfia meninggal dunia, Alfia hanya saya berikan susu formula,” kata Zohri bercerita di dalam tenda pengungsiannya. Tenda terpal pengap yang berlokasi persis di belakang runtuhan rumahnya

Sabtu siang, sekotak boks pendingin ASI diantarkan untuk Alfia. Koordinator Tim Medis ACT untuk respons gempa Lombok, dr. Muhammad Riedha mengatakan, esok sampai beberapa pekan ke depan, pasokan ASI untuk Alfia bakal terus dikirimkan.

“Alhamdulillah, kami mendapatkan pasokan ASI untuk Alfia. Seorang ibu di Mataram memiliki banyak stok ASI. Kami yang akan bertugas mengantarnya untuk Alfia di Dusun Dangiang Timur,” papar dr. Riedha.

BACA JUGA  Ini yang Harus Diperhatikan Jika Anda Ingin Jadi Pengusaha Muslim

Hingga beberapa pekan ke depan, Alfia akan terus dipantau kesehatannya oleh Tim Medis ACT. Dari salah satu Posko Kemanusiaan ACT di Kayangan, tenda pengungsian Alfia dan Zohri hanya berjarak sekitar 15 menit perjalanan ke arah Lereng Rinjani.

“Setiap hari kita akan ke tenda adik Alfia. Kita ajarkan bagaimana penyiapan ASI untuk Alfia. Insya Allah Alfia tetap sehat melewati bencana ini,” ujar dr. Riedha.

Selagi menimang Alfia tertidur, Zohri menyelipkan ujung dot ASI ke bibir mungil bayinya. Tak lebih lima menit, satu botol kecil ASI habis dilahap Alfia. Tepat di belakang runtuhan rumahnya, Alfia perlahan terlelap tidur.

“Sekarang Alfia tidak punya ibu. Mudah-mudahan ke depannya bisa tetap kuat. Semoga Yang Mahakuasa terus membantu,” kata Zohri lirih selagi melanjutkan kalimat tahlil, Lā ilāha illa l-Lāh untuk menimang Alfia.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Syafei Irman

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Feature

Relawan di Kayangan: Sirine Gempa Berkoar, Pencarian Pun Tertunda

Tiba-tiba ketenangan itu berubah menjadi kepanikan. Gempa kencang terjadi, diketahui berkekuatan 6,2 SR. Ini guncangan terdahsyat pertama yang saya rasakan, bukan lagi digoyang namun tanah terasa naik turun sekitar 4 kali dengan suara gemuruh.

Ahad, 12/08/2018 14:06 0

Feature

Relawan di Kayangan: Evakuasi Korban Gempa di Pinggir Tebing

Seperti nama kecamatannya, Kayangan di mana kita berada di atas bukit kaki Gunung Rinjani yang dikelilingi jurang-jurang yagn rawan longsor.

Ahad, 12/08/2018 13:58 0

China

China Kurung Sejuta Lebih Muslim Uighur di Kamp Rahasia

McDougal mengatakan para anggota Uighur dan Muslim lainnya diperlakukan sebagai "musuh negara" hanya atas dasar identitas etnis dan agama mereka.

Ahad, 12/08/2018 13:21 0

Palestina

Tengah Hamil, Seorang Ibu Dibunuh Pasukan Israel Bersama Balitanya

Juru bicara Hamas Abdullatif al-Kanoo mengatakan bahwa Palestina akan terus membela diri selama agresi Israel berlanjut. Ia menekankan bahwa itu sebuah kewajiban yang harus dijalankan.

Ahad, 12/08/2018 11:01 0

Pakistan

AS Hentikan Program Pelatihan Militer untuk Pakistan

Langkah itu diberlakukan setelah Pakistan dan Rusia menandatangani perjanjian pelatihan militer.

Ahad, 12/08/2018 10:28 0

Suara Pembaca

GTA Gelar Trauma Healing untuk Korban Gempa Lombok

Pasca gempa GTA mengambil peran dalam program trauma healing kepada korban musibah gempa Lombok tepatnya di Desa Rempek,kecamatan Gangga, Lombok Utara.

Ahad, 12/08/2018 10:15 0

Editorial

Gempa Tapi Tuli

Luasnya wilayah, banyaknya korban jatuh baik korban jiwa maupun luka, lumpuhnya transportasi dan hancurnya bangunan pribadi maupun publik, masih membuat perhatian pemerintah pusat terkesan setengah hati.

Ahad, 12/08/2018 10:07 0

Afghanistan

Taliban Lancarkan Operasi Militer di Ghazni

Taliban Lancarkan Operasi Militer di Ghazni

Sabtu, 11/08/2018 18:39 0

Manhaj

Karakteristik Umat Pilihan: Hidup Berjiwakan Al-Quran

Keluhuran akhlak itu terbagi dua. Pertama, akhlak yang baik kepada Allah, yaitu meyakini bahwa segala amalan yang anda kerjakan pasti mengandung kekurangan sehingga membutuhkan udzur dari-Nya dan segala sesuatu yang berasal dari-Nya wajib disyukuri.

Sabtu, 11/08/2018 16:45 0

Suriah

Pejuang Idlib Tangkapi Penyeru Rekonsiliasi dengan Rezim

Kedua faksi itu melakukan penangkapan di pedesaan Idlib selatan dan utara. Puluhan orang yang diduga menjalin komunikasi dengan rezim Assad untuk rekonsiliasi kamisdan para penanggung jawab mereka ditahan.

Sabtu, 11/08/2018 09:40 0

Close