... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Taliban Lancarkan Operasi Militer di Ghazni

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Ghazni – Dalam beberapa bulan terakhir, pasukan Taliban dilaporkan banyak mengalami kemajuan di sejumlah wilayah Afghanistan menyusul serangan-serangan militer berskala besar yang mereka lancarkan. Pada hari Jumat (10/08/2018) menjelang fajar, pejuang-pejuang Taliban menyerbu ibukota provinsi Ghazni dan menewaskan 14 anggota polisi Afghan. Pertempuran berlangsung sengit selama beberapa jam.

Secara sepihak AS menggambarkan serangan malam Taliban di Ghazni ini sebagai upaya yang gagal dalam merebut ibukota. Dengan dukungan udara, pasukan Afghan diklaim mampu mempertahankan posisi pertahanan mereka. Namun demikian, belum bisa dipastikan apakah serangan Taliban tersebut bertujuan untuk merebut dan menguasai ibukota atau hanya sekadar taktik menekan musuh.

Dalam beberapa tahun terakhir, Taliban terlihat mengarahkan kampanye militer mereka ke sejumlah ibukota provinsi, dan menyatakan
operasi itu sebagai serangan-serangan terbatas yang menargetkan pasukan keamanan. Diduga, langkah tersebut sebagai pra-kondisi sebelum Taliban melancarkan upaya serius untuk mengambil alih sekaligus menguasai ibukota provinsi.

Dalam kasus semacam ini, Taliban memang belum berniat untuk mengambil alih wilayah mana pun. Pejuang-pejuang mereka hanya menyerbu masuk, menyikat beberapa pasukan keamanan, kemudian melakukan kontak senjata selama beberapa jam sebelum akhirnya kembali ke posisi awal.

Selain itu, tidak ada gedung pemerintah yang diserang. Hal itu membuat AS kerap mengeluarkan pernyataan asal-asalan dan lebih sering mengabaikannya.

Kondisi itu memungkinkan terjadinya invasi Taliban sewaktu-waktu terhadap kota-kota penting yang ada di sepanjang jalan utama Afghanistan,
meskipun tidak langsung bisa dikuasai. Maka kehadiran militer Taliban di area-area vital tersebut seharusnya dianggap potensial yang memungkinkan invasi menyeluruh bisa terjadi.

BACA JUGA  Pemimpin Taliban Instruksikan Gencatan Senjata Salama Idul Adha

Sumber: Antiwar
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

KPAI Desak Pemerintah Penuhi Kebutuhan Dasar Anak-anak Korban Gempa Lombok

"Kebutuhan dasar anak seperti kebutuhan sandang, pangan, papan, kesehatan, dan pendidikan harus dipenuhi oleh pemerintah karena proses rehab dan rekonstruksi membutuhkan waktu sangat lama"

Sabtu, 11/08/2018 18:11 0

Indonesia

Jokowi Tak Serta Merta Berpihak ke Islam Meski Jadikan Kiai Ma’ruf Amin Cawapres

Jokowi Tak Serta Merta Berpihak ke Islam Meski Kiai Ma'ruf Amin Cawapres

Sabtu, 11/08/2018 16:52 0

Manhaj

Karakteristik Umat Pilihan: Hidup Berjiwakan Al-Quran

Keluhuran akhlak itu terbagi dua. Pertama, akhlak yang baik kepada Allah, yaitu meyakini bahwa segala amalan yang anda kerjakan pasti mengandung kekurangan sehingga membutuhkan udzur dari-Nya dan segala sesuatu yang berasal dari-Nya wajib disyukuri.

Sabtu, 11/08/2018 16:45 0

Indonesia

Korban Terus Bertambah, 387 Orang Meninggal Akibat Gempa Lombok

Kepala pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan bahwa korban gempa Lombok terus bertambah. Hingga hari ini, BNPB mencatat 387 orang meninggal dunia.

Sabtu, 11/08/2018 16:28 0

Indonesia

Tanggap Penanganan Dampak Gempa Lombok Diperpanjang 14 Hari

Kepala pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho masa tanggap darurat penanganan gempa diperpanjang.

Sabtu, 11/08/2018 16:16 0

Indonesia

Gempa Lombok: Terbatasnya Bantuan Medis Hingga ‘Penyanderaan’ Teraphis

Hari kelima tanggap bencana Lombok Utara, sejak gempa susulan 7.0 SR, ternyata masih banyak korban yang belum mendapatkan bantuan yang memadai, terutama medis.

Sabtu, 11/08/2018 15:26 0

Indonesia

Kejahatan Transnasional yang Mendesak Ditanggulangi adalah Narkoba

peredaran narkoba merupakan persoalan hukum dan keamanan yang paling penting untuk segera diatasi.

Sabtu, 11/08/2018 15:20 0

Indonesia

SAR FKAM: Dua Minggu Ke Depan Rekontruksi dan Rehabilitasi Korban Gempa Lombok

Empat belas hari ke depan SAR FKAM memiliki program rehabilitasi, rekontruksi atau rekroferi pengadaan huntara (hunian sementara) kemudian akan membangun masjid darurat untuk pengungsi

Sabtu, 11/08/2018 15:12 0

Indonesia

Survei LIPI: Kinerja Polri dan Partai Politik Buruk

Yang masih jadi catatan dan perlu pembenahan yakni kinerja Partai Politik, Polri dan DPR

Sabtu, 11/08/2018 14:47 0

Indonesia

ACT Yogyakarta Kirim Lima Truk Bantuan ke Lombok

“Beberapa rumah sakit ikut terkena dampak gempa, pasien pun terpaksa dirawat di luar demi keamanan, sementara warga yang membutuhkan pelayanan medis semakin meningkat,” jelas Kusmayadi.

Sabtu, 11/08/2018 08:45 0

Close