... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Idul Adha Jatuh pada 22 Agustus 2018

Foto: Pengumuman hasil sidang isbat awal Dzulhijjah di kantor Kementerian Agama, Sabtu (11-08-2018

KIBLAT.NET, Jakarta – Dalama sidang isbat penentuan awal bulan Dzulhijjah hari ini, Kementerian Agama mengumumkan bahwa hilal belum terlihat sehingga bulan Dzulqo’dah dilengkapkan tiga puluh hari (istiqmal). Awal Dzulhijjah ditetapkan jatuh pada Senin tanggal 13 Agustus 2018.

Pengumuman hasil sidang isbat dilakukan oleh Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin. Dalam keterangan persnya, dia menginformasikan bahwa hasil sidang isbat menetapkan awal Dzulhijjah jatuh pada hari Senin tanggal 13 Agustus 2018, dan Idul Adha jatuh pada hari Rabu 22 Agustus 2018.

“Alhamdulillah kita sudah selesai menentukan sidang isbat 1 Dzulhijjah 1439. Seperti biasa sebelum sidang isbat dipaparkan posisi hilal di wilayah Indonesia dan negara-negara sekitar,” kata Muhammadiyah Amin di Kantor Kementerian Agama Jl. MH Thamrin Jakarta Pusat, Sabtu (11/08/2018).

Dia menjelaskan laporan rukyatul hilal dilakuakn di 92 titik di seluruh Indonesia. Rukyatul hilal tersebar di 33 provinsi, dan hanya NTB yang tak menggelar kegiatan itu.

Secara astronomis hilal dinyatakan berada pada posisi berada dibawah ufuk -1 derajat 43 menit. Sampai sidang isbat berlangsung laporan masuk dari 29 pelaku rukyatul hilal dan diungkapkan tidak ada satupun dari mereka yang melihat hilal.

“Maka kita putuskan berdasarkan sidang isbat, bulan Dzulqo’dah dengan cara istiqmal yaitu dilengkapkan tiga puluh hari,” tukasnya.

“Maka atas nama pemerintah kami menyampaikan selamat memasuki bulan Dzulhijjah dan menyabut Idul Adha 1439 H,” ungkap Muhammadiyah Amin.

BACA JUGA  Ibu Asal Surabaya Ini Lihat Syiar Persatuan Umat di Muslim United

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Idul Adha Jatuh pada 22 Agustus 2018”

  1. Garry

    Tadz, bukannya kalo idul Adha kita ikut hilal yg di Arab ya?
    Kita puasa Arofah kan karena yg di Arab lagi pada wukuf..

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Taliban Lancarkan Operasi Militer di Ghazni

Taliban Lancarkan Operasi Militer di Ghazni

Sabtu, 11/08/2018 18:39 0

Manhaj

Karakteristik Umat Pilihan: Hidup Berjiwakan Al-Quran

Keluhuran akhlak itu terbagi dua. Pertama, akhlak yang baik kepada Allah, yaitu meyakini bahwa segala amalan yang anda kerjakan pasti mengandung kekurangan sehingga membutuhkan udzur dari-Nya dan segala sesuatu yang berasal dari-Nya wajib disyukuri.

Sabtu, 11/08/2018 16:45 0

Suriah

Pejuang Idlib Tangkapi Penyeru Rekonsiliasi dengan Rezim

Kedua faksi itu melakukan penangkapan di pedesaan Idlib selatan dan utara. Puluhan orang yang diduga menjalin komunikasi dengan rezim Assad untuk rekonsiliasi kamisdan para penanggung jawab mereka ditahan.

Sabtu, 11/08/2018 09:40 0

Suriah

Militer Suriah Gempur Pinggiran Idlib

Gempuran itu juga terjadi di kota Latamna di pinggiran utara Hama dan pinggiran desa selatan Idlib. Akibatnya sejumlah korban sipil jatuh dan banyak rumah hancur, menurut Organisasi Pertahanan Sipil.

Sabtu, 11/08/2018 07:49 0

Profil

5 Ulama Terkenal yang Dipenjara Era Bin Salman

Gelombang penangkapan ulama terus berlanjut di Arab Saudi. Setelah penangkapan Dr Safar Hawali karena tulisannya yang berjudul Al-Muslimun wal Hadhoroh Al-Ghorbiyah, kabarnya syaikh Abdul Aziz Al-Fawzan karena kicauannya di twitter. Di antara mereka yang ditangkap adalah para ulama besar dan terkenal ke seantero dunia.

Sabtu, 11/08/2018 05:27 0

Manhaj

Mengkhianati Perjuangan Umat Islam

Di antara hikmah ujian dalam setiap fase perjuangan adalah nampaknya orang-orang yang tidak jujur dengan perjuangannya. Orang seperti ini seringkali menjadi duri dalam daging perjuangan. Ketika perjuangan menghasilkan pundi-pundi uang baginya, maka dia akan terus bersama perjuangan. Namun ketika perjuangan tidak lagi menguntungkannya, ketika perjuangan justru menyulitkannya, seketika itu pulalah dia berbalik dan berkhianat. Terlebih musuh menawarkan janji-janji manis untuknya.

Jum'at, 10/08/2018 20:53 0

Eropa

43% Bayi di Eropa Lahir dari Pasangan Zina

Prancis menjadi Negara paling banyak melahirkan “bayi haram” sementara Yunani Negara Eropa paling sedikit.

Jum'at, 10/08/2018 16:06 0

Artikel

Pemimpin Seperti Natsir

Umat Islam beserta Ulama harus mengajukan (calon) pemimpinnya sendiri. Bukan lagi menitipkan aspirasi pada pemimpin berbeda perahu. Apalagi mencari pemimpin dadakan, dipaksakan, karbitan atau hasil gorengan media. Kita tak bisa lagi baru membicarakan pemimpin ketika mendekati masa pemilihan kepala daerah atau kepala negara.

Jum'at, 10/08/2018 14:48 0

Afghanistan

Warga Jawzjan Demo Desak Pemerintah Adili Anggota ISIS yang Menyerah

“Pemerintah Afghanistan sudah berjanji untuk melindungi kami, dan ini adalah tanggung jawab pemerintah untuk mengambil langkah dalam rangka memenuhi janji tersebut,”

Jum'at, 10/08/2018 09:11 0

Palestina

Dimediasi Mesir, Hamas-Israel Capai Kesepakatan Gencatan

KIBLAT.NET, Gaza – Faksi-faksi pejuang Palestina dan Israel, Kamis malam (09/08), dikabarkan sepakat gencatan senjata...

Jum'at, 10/08/2018 08:37 0

Close