... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Proklamasi Negara Islam Indonesia: 14 Agustus 1945 atau 7 Agustus 1949?

Foto: Proklamasi Negara Islam Indonesia dilakukan Kartosoewiryo pada 7 Agustus 1949.

Oleh: Fajar Shadiq, wartawan Kiblatnet

KIBLAT.NET – Sejarah berdirinya Negara Islam Indonesia bagi banyak orang terkesan gelap dan suram. Hal itu karena pemerintah Indonesia sejak zaman Soekarno hingga Orde baru menganggap Darul Islam (DI/TII) yang dipimpin Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo sebagai gerakan pemberontakan.

Kisah mengenai proklamasi berdirinya suatu negara Islam di Indonesia pun dianggap tabu untuk dibahas. Apalagi ditemukan banyak versi di sekitar kapan sesungguhnya Negara Islam di Indonesia diproklamasikan. Kiblat.net berupaya menyibak semak belukar sejarah yang sukar untuk ditembus untuk disajikan kepada pembaca apa adanya.

Sejarawan Belanda yang paling mula melacaki asal usul gerakan Darul Islam, C.A.O. van Niewenhuijze, mengatakan Darul Islam ialah suatu gerakan di daerah Tasikmalaya-Ciamis yang dikepalai salah seorang ulama. Pimpinan gerakan yang pada mulanya berada dalam tangan kiai ini, berangsur-angsur diterima oleh seorang politikus Muslim, S.M Kartosuwiryo. (Van Nieuwenhuijze 1958:167)

Sejarawan lain yang rajin meneliti sejarah kemerdekaan Indonesia, Hiroko Horikoshi sepakat dengan pendapat van Nieuwenhuijze, sekaligus mengidentifikasi bahwa ulama tersebut ialah Kiai Yusuf Tauziri. Horikoshi melukiskan tokoh ini sebagai pemimpin kerohanian gerakan Darul Islam.

Kiai Yusuf Tauziri dari Wanaraja Garut.

Kiai Yusuf merupakan tokoh sentral dalam rentetan sejarah berdirinya cita-cita negara Islam di Indonesia. Pada masa revolusi, ia membangun Laskar Darussalam. Istilah Darussalam inilah yang kemudian menjadi cikal mula Darul Islam. Secara harfiah Darul Islam ialah wilayah Islam. Yang maksudnya adalah bagian Islam dari dunia yang di dalamnya keyakinan dan pelaksanaan syariat Islam dan segenap aturannya wajib dilaksanakan.

Kiai Yusuf mengenal Kartosuwiryo ketika menjadi anggota Dewan Sentral Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII) pada 1931-1938. Keluarga keduanya juga bahu-membahu dalam perjuangan melawan penjajah di Jawa Barat. Istri Kartosuwiryo, Dewi Siti Kalsum, bergaul akrab dengan adik-adik perempuan Kiai Yusuf yang memimpin seksi wanita Gerakan Pemuda Islam Indonesia Garut. Hingga pada suatu saat, Kartosuwiryo meminta sahabatnya itu bahwa sudah saatnya ulama berperan untuk mendeklarasikan negara Islam pada tahun 1945. Namun Kiai Yusuf menolak.

BACA JUGA  Pemuda Kunci Kemajuan Peradaban Islam

“Pada saat Jepang menyerah dalam Perang Dunia Kedua, pada tanggal 15 Agustus, Kartosuwiryo meminta saya untuk memproklamasikan (NII) Negara Islam Indonesia, tetapi saya menolak.” Demikianlah kata Kiai Yusuf Tauziri seperti dikutip oleh Pinardi (1964:51).

Kendati demikian, dalam buku “Darul Islam; Sebuah Pemberontakan” tulisan Cornelis Van Dijk disebutkan ada versi lain mengenai awal paling dini gerakan Darul Islam yang memastikan bahwa Kartosuwiryo telah memproklamasikan Negara Islam Indonesia pada hari sekitar menyerahnya Jepang.

Menurut Alers, “Sekarmaji Kartosuwiryo memproklamasikan Darul Islam-nya sejak 14 Agustus 1945,” tetapi menarik kembali proklamasinya sesudah mendengar pernyataan kemerdekaan oleh Soekarno dan Hatta pada 17 Agustus 1945 (Alers 1956:73).

Keterangan Alers ini belakangan diragukan oleh Van Dijk. Menurutnya, dengan memperhatikan tanggal dinyatakannya proklamasi Kartosuwiryo, yaitu sehari sebelum Jepang menyerah maupun tempat kemungkinan terjadinya, keterangan Alers jadi meragukan.

“Sangat tidak mungkin Kartosoewiryo memproklamasikan negaranya di Jakarta. Pertama, Jepang tidak akan mengizinkannya. Kedua, bila Kartosuwiryo benar-benar telah memproklamasikan suatu negara di Jakarta, tentu ini telah diketahui lebih luas, kecuali tentunya proklamasi dilakukan pada suatu pertemuan kecil dan rahasia,” jelas Van Dijk.

Sampai di sini, sudah ada dua versi terkait proklamasi negara Islam Indonesia. Yakni pada 14 Agustus dan 15 Agustus 1945. Keduanya dilakukan sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia. Menurut para pengikut Kartosuwiryo, berdasarkan dua versi sejarah inilah naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dibuat oleh Soekarno.

Al Chaidar, penulis buku “Pengantar Pemikiran Politik Proklamator Negara Islam” malah menulis bahwa teks proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945 merupakan salinan dari teks yang disiapkan oleh SMK untuk Kiai Yusuf Tauziri pada 14 Agustus 1945.

“Hari-hari menjelang proklamasi 17 Agustus 1945, Kartosoewirjo telah lebih dahulu menebar aroma deklarasi kemerdekaan (negara) Islam, bahkan pada 13-14 Agustus 1945 Kartosoewirjo telah menyiapkan naskah proklamasi yang diedarkannya kepada para elite pergerakan sehingga naskah Proklamasi yang ditulis oleh Soekarno hanya berdasarkan ingatan tentang konsep proklamasi Islam yang dipersiapkan oleh Kartosoewirjo, bukan pada konsep pembukaan UUD 1945 yang dibuat oleh BPUPKI dan PPKI,” tulis Chaidar.

BACA JUGA  Kasus Bos PT Indaco Urung Dibawa ke Pengadilan, Orang Tua Korban Tuntut Keadilan

Versi sejarah yang ketiga, menguatkan analisis sejarah Van Dijk. Kartosuwiryo memang belum pernah memproklamasikan negara apapun pada 1945. Buktinya, pada awal tahun 1948, Kartosuwiryo kembali mendatangi Kiai Yusuf Tauziri. Ia kembali meminta pendiri Pondok Pesantren Darussalam Wanaraja Garut itu untuk memproklamasikan Negara Islam Indonesia. Tetapi seperti juga pada 1945, Kiai Yusuf menolak (Djawa Barat 1953:216)

Bukan tanpa alasan Kartosuwiryo meminta Kiai Yusuf untuk melakukan hal itu. Suasana keumatan pada tahun 1948 itu, sangat mendukung untuk berdirinya sebuah pemerintahan berdaulat pasca terjadinya perjanjian Renville. Republik kehilangan banyak wilayah. Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatera sebagai bagian wilayah Republik Indonesia. Perjanjian itu menyetujui sebuah garis demarkasi yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda.

Perundingan Renville yang memicu kebangkitan masyarakat Islam memproklamasikan berdirinya Negara Islam Indonesia.

Dampak-dampak dari perundingan Renville sangat terasa bukan hanya di kota melainkan hingga ke wilayah pedesaan. Salah satu akibatnya adalah penarikan mundur pasukan Indonesia dari wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur ke wilayah Jawa Tengah. Karena perundingan ini berlaku antara Pemerintah Republik dan Belanda, maka Divisi Siliwangi mematuhi ketentuan tersebut.

Ini berbeda dengan pasukan-pasukan kemerdekaan lain yang tidak tergabung dalam Tentara Republik Indonesia. Yang dimaksud ialah kedua organisasi gerilya Islam di Jawa Barat yaitu Sabilillah dan Hizbullah yang menolak mematuhi perundingan Renville.

Peneliti sejarah Indonesia dari Cornell University, George McTurnan Kahin menukas, “Dalam waktu dua bulan kira-kira 35.000 anggota pasukan Republik ditarik mundur.. kira-kira 4.000 anggota pasukan, sebagian besar batalyon-batalyon Hizbullah Masyumi tetap tinggal di tempat.” (Kahin 1970:234)

Baca halaman selanjutnya: Sesudah perundingan Renville,...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Proklamasi Negara Islam Indonesia: 14 Agustus 1945 atau 7 Agustus 1949?”

  1. Adalah hak suatu bangsa menentukan bentuk suatu negara selain takdir dari Alloh. Apakah negara Islam berdasarkan Syariat Islam ataupun bentuk negara lainnya. Saudi Arabia Negara Islam yang menggunakan Syariat Islam sebagai sumber hukum. Kaya apa???? Mungkin kita perlu tahu???? Saya mencoba menulis berdasarkan fakta. Tapi kalau anda tidak setuju saya mohon maaf.
    1. Semua warga negara Saudi Arabia harus Muslim. (di Saudi hanya warganegara asing yang boleh non-Muslim. Banyak orang2 non-muslim di Saudi tapi itu semua warga Negara asing).
    2. Konstitusi Saudi Arabia adalah Al-Quran dan Sunnah/al Hadits. (the Quran and the Sunnah are declared to be the country’s constitution.)
    3. Tidak dijinkan ada partai politik dan tidak ada pemilu (no political parties or national elections are permitted)
    4. Tidak boleh mengkritik pemerintah. (Atiiulloha wa atiiurrosul wa ulilamri minkum=Taatlah sama Alloh dan taat sama Rosul sama dg taat sama Alloh—-taat sama pemerintah (Saudi) sama dg taat sama Rosul. Semua warganegara Saudi harus dibaiyat/sumpah setia sama pemimpin Negara. Saat ini adalah harus berbaiyat sama Pangeran Muhamad bi Salman al Saud (putra mahkota/imam/caliph/Amir de Facto. Hanya kalau pemimpin menyuruh maksiyat rakyat tidak perlu taat tapi sebagai bentuk ketaatan sama pemerintah (Saudi) tidak boleh mengatakan satu perkataanpun untuk memprotes).
    5. Tidak ada DPR/Lembaga legislatif pembuat undang2. Semua berdasarkan Syariat Islam (hukum Islam-tinggal ikuti Quran dan Sunnah=hal2 seperti : qishas / rajam / cambuk / mencuri /mahrom / LGBT / perdukunan / santet/ tenung / makar / RIBA/ haram / halal / ibadah / tidak sholat, tidak puasa, pacaran/cara berpakaian/dekat2 dg yang bukan mahrom/ –walaa taqrobuzzinaa, judi, narkoba, dll. Semua sudah diatur dan ada di al Qur’an dan Sunnah, ada “fatwa” bagi aturan yang tidak ada di Qur’an dan Sunnah).
    Banyak orang2 di Indonesia ingin mengubah NKRI jadi Negara Islam dan mengganti UUD-nya jadi berdasarkan Syariat Islam. Ya syah2 saja kalau semua rakyat menghendaki tapi tentu sangat berisiko tinggi bagi NKRI kita takut terjadi kaya di Suriah dan Irak. Menurut statistik korban jauh lebih banyak dari sesama “Muslim” dari pada orang2 non-Muslim. Bisa dikatakan PERANG SAUDARA (Civil War) di sana itu.
    Abdul Aziz al Saud telah berhasil melepaskan Arab Saudi sekarang (termasuk Hezaz) dari kekuasan Khilafah Usmaniyah di Turki tahun 1932 dan mendeklarasikan dirinya sebagai raja/imam/caliph Saudi Arabia. Sedangkan Abubakar al Bhagdadi kayanya “gagal” sebagai penguasa Negara Islam Irak dan Syam (Islamic State of Irak and Syam/Syria/ISIS).
    Kalau berhasil seperti yang dicita-citakan HTI maka jadilah Indonesia jadi Negara Islam (Khilafah). Negara Islam berdasarkan Syariat Islam ya harus berdasarkan al Quran dan Sunnah sebagai konstitusinya. Jika tidak ya bukan Negara Islam kaya negara Islam Pakistan dan negara Islam Iran meskipun mereka mengaku Negara Islam karena tidak menjalankan Islam secara “Kaffah” dan bukan negara Islam berdasarkan Syariat Islam. Negara Islam berdasarkan Syariah ya harus kaya Saudi mungkin akan dipimpin seorang khalifah/Caliph/Imam/Amir/Raja/Sulthan tapi bukan oleh seorang presiden yang dipilih oleh rakyat.
    Di dalam Islam ya tidak ada “Demokrasi”. Bagi orang2 “radikal” TIDAK ADA reformasi dalam Islam. Dalam Islam tidak ada kebiasaan baru, tata cara ibadah baru (sholat pakai Usholli, dll), life style baru (ulang tahun, Valentine, perayaan Isro Mi’raj dll.) yang tidak dicontohkan nabi SAW. Hal2 tersebut adalah BID’AH dan hukumnya haram/dosa kalau dilakukan oleh orang2 muslim. Negara harus diatur dan dijalankan sama ketika nabi SAW masih hidup, sudah sempurna. Sebaik-baiknya jaman adalah jaman nabi SAW.
    Negara demokrasi pertama di dunia adalah Amerika Serikat yang punya semboyan “Dari Rakyat, Oleh Rakyat dan Untuk Rakyat” dimulai tahun 1776 ketika ingin lepas dari penjajahan Inggris. Sebelumnya bentuk2 negara hanya ada kerajaan (Kingdom), Kekaisaran (Tiongkok dll), Kekhilafahan/Imaroh/Kesultanan/Empires, Authoritarianism, Kediktatoran, dll. Maaf itulah yang saya ketahui ttg. Negara Islam.
    Saya cantumkan 3 pasal sbg. contoh dari UUD Saudi Arabia.
    Adopted by Royal decree of King Fahd on March 1992. Saya terjemahkan.

    CONSTITUTION of SAUDI ARABIA
    Chapter 1 General Principles
    Article 1
    The Kingdom of Saudi Arabia is a sovereign Arab Islamic state with Islam as its religion; God’s Book and the Sunnah of His Prophet, God’s prayers and peace be upon him, are its constitution, Arabic is its language and Riyadh is its capital. (Kerajaan Arab Saudi adalah negara Islam Arab yang berdaulat dengan Islam sebagai agamanya; Kitab Allah dan Sunnah Nabi SAW, adalah konstitusinya, bahasa Arab adalah bahasanya dan Riyadh adalah ibukotanya.)

    Article 6
    Citizens are to pay allegiance to the King in accordance with the holy Koran and the tradition of the Prophet, in submission and obedience, in times of ease and difficulty, fortune and adversity. (Warga negara harus bersumpah setia/baiyat kepada Raja sesuai dengan Al-Quran suci dan tradisi Nabi, dalam ketaatan dan kepatuhan, di saat-saat mudah dan susah, keberuntungan dan kesukaran).

    Article 7
    Government in Saudi Arabia derives power from the Holy Koran and the Prophet’s tradition. (Pemerintah di Arab Saudi memperoleh kekuasaan dari Alquran dan tradisi Nabi.)

    http://www.the-saudi.net/saudi-arabia/saudi-constitution.htm

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Masjid Raya NTB Nan Megah Itupun Tak Luput dari Kerusakan

KIBLAT.NET – Islamic Center atau Masjid Raya Hubbul Wathan Nusa Tenggara Barat mengalami retak-retak di...

Kamis, 09/08/2018 12:57 0

Video News

Gempa Lombok: Berlapar-lapar Seperti Mereka Lapar

Jam 11 siang WITA, pesawat yang saya tumpangi landing di Bandara Lombok Raya. Ada dua...

Kamis, 09/08/2018 12:52 0

Indonesia

Eggi Sudjana: Ngajak Berantem Langgar UU KUHP

Ia menilai, ajakan tersebut bermuatan provokasi.

Kamis, 09/08/2018 11:50 0

Indonesia

Presiden Jokowi Paling Bertanggungjawab Jika Terjadi Benturan di Masyarakat

seandainya benturan benar-benar terjadi, maka Presiden Joko Widodo adalah orang yang palin bertanggungjawab.

Kamis, 09/08/2018 11:31 0

Indonesia

Pengamat: Bahasa Kekerasan Rusak Elektabilitas Jokowi

Pengamat politik Ray Rangkuni berpendapat, pernyataan demikian dapat dimaknai sebagai pembenaran untuk menggunakan diksi-diksi berbau kekerasan dalam perpolitikan Indonesia.

Kamis, 09/08/2018 11:16 0

Indonesia

Presidium Alumni 212 Kecewa dengan Hasil Ijtima Ulama

Juru bicara Presidium Alumni 212, Aminuddin mengaku kecewa dengan hasil Ijtima Ulama

Kamis, 09/08/2018 11:12 0

Suriah

Istri Bashar Assad Idap Kanker Ganas

Asma Assad didiagnosis mengidap penyakit kanker payudara. Tidak dijelaskan tingkat stadium penyakit mematikan itu.

Kamis, 09/08/2018 10:48 0

Indonesia

Masjid Raya NTB Nan Megah Itupun Tak Luput dari Kerusakan

“Di Mataram ini tidak banyak bangunan yang rusak. Anehnya, malah bangunan pemerintah yang terkena gempa,” katanya.

Kamis, 09/08/2018 08:41 0

Indonesia

Gempa Susulan Terus Terjadi, Masih Ada Desa yang Belum Dijangkau Relawan

"Hal yang sangat kita butuhkan saat ini air bersih pak, alhamdulillah untuk sembako sudah mulai masuk ke desa kami. Kami pun bingung bagaimana nasib tempat tinggal kami ke depan, sampai kapan kami akan tinggal di pengunsian ini," tutur Ridwan kembali.

Kamis, 09/08/2018 08:00 0

Indonesia

Kisah Dramatis Kakek 66 Tahun Korban Selamat Gempa Lombok

"Saya hanya berusaha keluar dengan merangkak-rangkak walaupun kepala penuh darah," kisahnya kepada Kiblat.net saat berobat di posko pengungsian di dusun Duriah, Lombok Utara, Rabu, (8/8/2018)

Kamis, 09/08/2018 07:34 0

Close