... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pengamat: Bahasa Kekerasan Rusak Elektabilitas Jokowi

Foto: Pengamat politik Ray Rangkuni dalam diskusi Ijtima Ulama: Politik Agama atau Politisasi Agama di D'Hotel, Jakarta pada Rabu (08/08/2018).

KIBLAT.NET, Jakarta – Pernyataan Presiden Joko Widodo tentang ajakan berkelahi di hadapan para pendukungnya sangat disayangkan. Pengamat politik Ray Rangkuni berpendapat, pernyataan demikian dapat dimaknai sebagai pembenaran untuk menggunakan diksi-diksi berbau kekerasan dalam perpolitikan Indonesia.

“Saya pribadi menyesalkan. Menurut saya itu kan sama dengan mengundang orang untuk terus-menerus percaya bahwa bahasa-bahasa kekerasan itu sesuatu yang layak dan patut dalam terma politik Indonesia,” ungkapnya seusai diskusi publik di D’Hotel, Jakarta, Rabu (08/07/2018).

Ray menjelaskan, dalam komunikasi politik sangat tidak etis bila seorang presiden menggunakan istilah berbau kekerasan di hadapan masyarakat. Pasalnya, implikasi yang ditimbulkan sangat besar dan akan memperburuk elektabilitasnya.

“Oleh karena itu harus diyakinkan, khususnya untuk pak Jokowi untuk tidak lagi mempergunakan terma-terma itu, berkelahi, yang macam-macam ya,” tegasnya.

Ray menegaskan, tindakan demikian akan merusak Elektabilitas Jokowi baik selaku presiden maupun calon presiden dalam Pilpres 2019 nanti. Ia pun berharap agar hal yang sama tak terulang lagi.

“Elektabilitas lah, karena publik ini jenuh dengan berbagai bentuk intimidasi. Khususnya yang verbal di media sosial. Jadi kalau anda pergunakan kata-kata itu akan merusak empati publik terhadap dirimu,” tukasnya.

Reporter: Syafei Irman
Editor: Syafei Irman

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Istri Bashar Assad Idap Kanker Ganas

Asma Assad didiagnosis mengidap penyakit kanker payudara. Tidak dijelaskan tingkat stadium penyakit mematikan itu.

Kamis, 09/08/2018 10:48 0

Palestina

Gaza Memanas, Hamas Balas Gempuran Jet Israel

Pejuang membalas dengan menembakkan sejumlah roket ke permukiman Yahudi Sderot di Israel. Empat pemukim luka ringan dan berat serta sejumlah bangunan rusak.

Kamis, 09/08/2018 06:59 0

Palestina

Setelah Mogok Makan 20 Hari, Tahanan Palestina Ini Dibebaskan

Khasr Dais, pengacara dari lembaga non-pemerintah Palestina, mengatakan bahwa Mohammed al-Rimawi (27) dan ayahnya, Nimer Mohammed al-Rimawi (54) akhirnya dibebaskan dari sel-sel pusat penyelidikan Ashkelon.

Rabu, 08/08/2018 18:00 0

Arab Saudi

Saudi Akan Luncurkan Aplikasi Pantau Penceramah di Masjid

"Tidak ada ruang untuk memanipulasi pikiran orang, dan tidak seharusnya pemikiran itu mengancam keamanan dan stabilitas negara yang diberkati ini," kata Al-Sheikh.

Rabu, 08/08/2018 17:01 0

News

Dua Pejuang Hamas Gugur Akibat Serangan Tank Israel

“Gempuran Israel ini merupakan kejahatan,” tegas pernyataan itu.

Rabu, 08/08/2018 14:51 0

Amerika

AS: Turki Masih Sahabat Akrab dan Koalisi Kami

Kedubes AS juga mengungkapkan bahwa pihaknya dan Turki memiliki hubungan ekonomi penting.

Rabu, 08/08/2018 14:33 0

Malaysia

Malaysia Tutup Pusat Anti-Terorisme Dukungan Saudi

King Salman Center for International Peace (KSCIP) ditutup setelah anggota parlemen lokal mempertanyakan posisi Arab Saudi yang mendanai pusat deradikalisasi.

Rabu, 08/08/2018 12:40 0

Opini

Teguran dari Lombok

Sekalipun gempa berasal dari pergerakan alam, tapi pergerakan itu tentu ada yang mengatur dan menggerakkan. Dialah Sang Pemilik Sejati Alam Semesta, Allah SWT. Dari gempa bumi pasti Allah selipkan pesan hikmah atas kejadian ini.

Rabu, 08/08/2018 11:35 1

Irak

Iraq Tidak Sepakat Sanksi AS ke Iran, Tapi Akan Mematuhinya

Presiden AS Donald Trump bertekad bahwa perusahaan yang melakukan bisnis dengan Teheran akan dilarang dari Amerika Serikat, karena sanksi baru AS terhadap Iran mulai berlaku.

Rabu, 08/08/2018 11:01 0

Foto

Foto-foto Lokasi Terdampak Gempa Lombok

Gempa berkekuatan 7 SR yang menimpa Nusa Tenggara Barat dan ratusan gempa susulan, menyisakan banyak reruntuhan dan derita para korban. Pusat gempa di Lombok Utara menjadi lokasi terparah terdampak gempa.

Selasa, 07/08/2018 13:08 0

Close