... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kisah Dramatis Kakek 66 Tahun Korban Selamat Gempa Lombok

Foto: Kakek Muridah berobat di posko pengungsian di dusun Duriah, Lombok Utara, Rabu, (8/8/2018)

KIBLAT.NET, Lombok – Gempa 7 SR di Nusa Tenggara Barat menjadi musibah kelam bagi masyarakat NTB, khususnya masyarakat Lombok Utara. Gempa yang terjadi pada Ahad (4/8/2018) itu memicu kepanikan dahsyat. Warga berhamburan keluar tak menentu arah di tengah gelap gulita sebab listrik padam.

Salah satunya Muridah (66), warga dusun Duria, desa Rempek, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Di tengah gelapnya malam dan luka parah di kepala akibat tertimpa reruntuhan bangunan rumahnya, kakek itu harus berjuang keluar rumah untuk menghindari reruntuhan lebih besar.

Ia menceritakan, malam itu, dirinya selepas menunaikan shalat Isya di rumah seketika terjadi goncangan yang membanting dirinya, dan cahaya pun padam keseluruhan.

“Saya pun mencoba berusaha keluar rumah, namun apa daya kepala saya terbentur reruntuhan. Saat itu saya hanya berusaha keluar dengan merangkak-rangkak walaupun kepala penuh darah,” kisahnya kepada Kiblat.net saat berobat di posko pengungsian di dusun Duriah, Lombok Utara, Rabu, (8/8/2018)

Kakek 66 tahun itu melanjutkan, setelah saya diselamatkan oleh yang Maha Kuasa, saya masih sanggup untuk berdiri hingga gempa berakhir. Ia mencoba mencari air dan membersihkan darah di kepalanya, setidaknya darah itu memenuhi gayung.

“Mendapatkan pertolongan dari relawan pertama hanya sebatas dibersihkan dan diperban. Sehingga saya datang meminta dokter lainnya untuk menutup sobekan di kepala saya yang terbuka lebar hingga terlihatnya tengkorak kepala,” tuturnya.

BACA JUGA  Lima Pesawat TNI AU Angkut Logistik dan Relawan ke Lombok

Dr. Andhika relawan Medis Sahabat Umat asal Lampung mencoba membersihkan sobekan di kepala Muridah. Terdapat kerikil-kerikil di dalam sobekan itu. Muridah dengan sangat kuat menahan rasa sakitnya. Sedikitnya 17 jahitan dipasang di kepalanya.

“Bismillah pokoknya harus lanjut diobati mau sakit seperti apa dijahit berapa banyak,” ungkapnya. Sementara warga yang menyaksikan proses pengobatan, menilai sang kakek ini luar biasa memiliki fisik yang super kuat. Sebab bisa bertahan dengan sobekan besar di kepala.

Kisah lainnya, diceritakan oleh Kertidep di posko pengungsian lainnya yang masih berada di desa Rempek. Ia menceritakan malam itu ia sedang menunaikan Shalat Isya di Mushalla. Gempa yang dahsyat menyegerakan dirinya untuk segera mendatangi rumah menyelamatkan sang istri.

“Yang membuat kami panik saat gempa, langsung listrik padam. Istri saya berhasil keluar dari rumah tetapi kakinya tertimpa reruntuhan yang mengakibatkan patah kaki. Saat itu tetangga juga banyak meminta tolong, selepas mengamankan istri saya langsung membantu tetangga-tetangga yang meminta bantuan. Banyak sekali mereka yang masih terjebak di dalam rumah, tetapi Kuasa Allah banyak yang selamat,” tukasnya.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Gaza Memanas, Hamas Balas Gempuran Jet Israel

Pejuang membalas dengan menembakkan sejumlah roket ke permukiman Yahudi Sderot di Israel. Empat pemukim luka ringan dan berat serta sejumlah bangunan rusak.

Kamis, 09/08/2018 06:59 0

Palestina

Setelah Mogok Makan 20 Hari, Tahanan Palestina Ini Dibebaskan

Khasr Dais, pengacara dari lembaga non-pemerintah Palestina, mengatakan bahwa Mohammed al-Rimawi (27) dan ayahnya, Nimer Mohammed al-Rimawi (54) akhirnya dibebaskan dari sel-sel pusat penyelidikan Ashkelon.

Rabu, 08/08/2018 18:00 0

Arab Saudi

Saudi Akan Luncurkan Aplikasi Pantau Penceramah di Masjid

"Tidak ada ruang untuk memanipulasi pikiran orang, dan tidak seharusnya pemikiran itu mengancam keamanan dan stabilitas negara yang diberkati ini," kata Al-Sheikh.

Rabu, 08/08/2018 17:01 0

News

Dua Pejuang Hamas Gugur Akibat Serangan Tank Israel

“Gempuran Israel ini merupakan kejahatan,” tegas pernyataan itu.

Rabu, 08/08/2018 14:51 0

Amerika

AS: Turki Masih Sahabat Akrab dan Koalisi Kami

Kedubes AS juga mengungkapkan bahwa pihaknya dan Turki memiliki hubungan ekonomi penting.

Rabu, 08/08/2018 14:33 0

Malaysia

Malaysia Tutup Pusat Anti-Terorisme Dukungan Saudi

King Salman Center for International Peace (KSCIP) ditutup setelah anggota parlemen lokal mempertanyakan posisi Arab Saudi yang mendanai pusat deradikalisasi.

Rabu, 08/08/2018 12:40 0

Opini

Teguran dari Lombok

Sekalipun gempa berasal dari pergerakan alam, tapi pergerakan itu tentu ada yang mengatur dan menggerakkan. Dialah Sang Pemilik Sejati Alam Semesta, Allah SWT. Dari gempa bumi pasti Allah selipkan pesan hikmah atas kejadian ini.

Rabu, 08/08/2018 11:35 1

Irak

Iraq Tidak Sepakat Sanksi AS ke Iran, Tapi Akan Mematuhinya

Presiden AS Donald Trump bertekad bahwa perusahaan yang melakukan bisnis dengan Teheran akan dilarang dari Amerika Serikat, karena sanksi baru AS terhadap Iran mulai berlaku.

Rabu, 08/08/2018 11:01 0

Foto

Foto-foto Lokasi Terdampak Gempa Lombok

Gempa berkekuatan 7 SR yang menimpa Nusa Tenggara Barat dan ratusan gempa susulan, menyisakan banyak reruntuhan dan derita para korban. Pusat gempa di Lombok Utara menjadi lokasi terparah terdampak gempa.

Selasa, 07/08/2018 13:08 0

Asia

Jutaan Muslim India Terancam Tak Miliki Kewarganegaraan

"Negara bagian Assam adalah konflik etnis murni," katanya, seraya menambahkan bahwa pemerintah New Delhi "tidak mengangkat masalah ini dengan kami."

Selasa, 07/08/2018 11:20 0

Close