... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Eggi Sudjana: Ngajak Berantem Langgar UU KUHP

Foto: Eggi Sudjana dalam diskusi Ijtima Ulama: Politik Agama atau Politisasi Agama di D'Hotel, Jakarta pada Rabu (08/08/2018).

KIBLAT.NET, Jakarta – Penasihat PA 212, Eggi Sudjana ikut mengomentari video ajakan berkelahi yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo di hadapan pendukungnya. Ia menilai, ajakan tersebut bermuatan provokasi.

“Ini bukan kita ambil belakangnya aja, karena kalimat yang sebelumnya itu sudah bagus. Stop jangan mencela dan memfitnah orang jangan ini itu. Tapi ketika diakhiri dengan kalimat, ‘kalau diajak berantem juga berani’ itu melanggar hukum yaitu pasal 182 KUHP,” ungkapnya usai diskusi di D’Hotel, Jakarta pada Rabu (08/08/2018).

Di dalam Pasal 182 KUHP, kata Eggi, siapa yang terbukti mengajak tanding, berkelahi dan yang menyuruh untuk itu dapat dihukum 9 bulan penjara. Namun menurut Eggi, bila seorang presiden melakukan pelanggaran hukum tidak dapat langsung ditindak oleh kepolisian.

Melainkan, mekanisme hukumnya dimulai dari MPR/DPR selaku badan pengawasan pemerintah. Bila MPR/DPR menemukan bukti-bukti pelanggaran lalu akan diserahkan ke Mahkamah Agung. Keputusan akhir lantas ditentukan oleh MA, bila terbukti melanggar hukum maka presiden harus diimpeachment.

“Tapi itu mustahil. Mana ada anggota MPR yang berani manggil presiden,” sambung Eggi.

Proses hukum demikian menurut Eggi, sebagaimana diatur dalam UUD 1945. Di mana, seorang presiden yang melakukan pelanggaran hukum seperti korupsi harus diimpeachment terlebih dahulu. Lalu barulah, proses peradilan dapat dilakukan seperti umumnya.

“Baru setelah itu apakah dia akan dipidana, itu mekanisme berikut. Yang penting dia diimpeachment dulu (dijatuhkan) sebagai presiden yang tidak layak,” jelasnya.

BACA JUGA  Hadapi Sanksi AS, MUI Dorong Turki Merapat ke Negara Arab

Kendati demikian, Eggi menyarankan agar Jokowi menyampaikan maaf secara terbuka atas ungkapan tersebut.

“Jadi saran saya, dengan hormat Jokowi presiden kita bersama sudi kiranya menyatakan permohonan maaf karena kekeliruan omongannya,” pungkasnya.

Reporter: Syafei Irman
Editor: Syafei Irman

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Istri Bashar Assad Idap Kanker Ganas

Asma Assad didiagnosis mengidap penyakit kanker payudara. Tidak dijelaskan tingkat stadium penyakit mematikan itu.

Kamis, 09/08/2018 10:48 0

Palestina

Gaza Memanas, Hamas Balas Gempuran Jet Israel

Pejuang membalas dengan menembakkan sejumlah roket ke permukiman Yahudi Sderot di Israel. Empat pemukim luka ringan dan berat serta sejumlah bangunan rusak.

Kamis, 09/08/2018 06:59 0

Palestina

Setelah Mogok Makan 20 Hari, Tahanan Palestina Ini Dibebaskan

Khasr Dais, pengacara dari lembaga non-pemerintah Palestina, mengatakan bahwa Mohammed al-Rimawi (27) dan ayahnya, Nimer Mohammed al-Rimawi (54) akhirnya dibebaskan dari sel-sel pusat penyelidikan Ashkelon.

Rabu, 08/08/2018 18:00 0

Arab Saudi

Saudi Akan Luncurkan Aplikasi Pantau Penceramah di Masjid

"Tidak ada ruang untuk memanipulasi pikiran orang, dan tidak seharusnya pemikiran itu mengancam keamanan dan stabilitas negara yang diberkati ini," kata Al-Sheikh.

Rabu, 08/08/2018 17:01 0

News

Dua Pejuang Hamas Gugur Akibat Serangan Tank Israel

“Gempuran Israel ini merupakan kejahatan,” tegas pernyataan itu.

Rabu, 08/08/2018 14:51 0

Amerika

AS: Turki Masih Sahabat Akrab dan Koalisi Kami

Kedubes AS juga mengungkapkan bahwa pihaknya dan Turki memiliki hubungan ekonomi penting.

Rabu, 08/08/2018 14:33 0

Malaysia

Malaysia Tutup Pusat Anti-Terorisme Dukungan Saudi

King Salman Center for International Peace (KSCIP) ditutup setelah anggota parlemen lokal mempertanyakan posisi Arab Saudi yang mendanai pusat deradikalisasi.

Rabu, 08/08/2018 12:40 0

Opini

Teguran dari Lombok

Sekalipun gempa berasal dari pergerakan alam, tapi pergerakan itu tentu ada yang mengatur dan menggerakkan. Dialah Sang Pemilik Sejati Alam Semesta, Allah SWT. Dari gempa bumi pasti Allah selipkan pesan hikmah atas kejadian ini.

Rabu, 08/08/2018 11:35 1

Irak

Iraq Tidak Sepakat Sanksi AS ke Iran, Tapi Akan Mematuhinya

Presiden AS Donald Trump bertekad bahwa perusahaan yang melakukan bisnis dengan Teheran akan dilarang dari Amerika Serikat, karena sanksi baru AS terhadap Iran mulai berlaku.

Rabu, 08/08/2018 11:01 0

Foto

Foto-foto Lokasi Terdampak Gempa Lombok

Gempa berkekuatan 7 SR yang menimpa Nusa Tenggara Barat dan ratusan gempa susulan, menyisakan banyak reruntuhan dan derita para korban. Pusat gempa di Lombok Utara menjadi lokasi terparah terdampak gempa.

Selasa, 07/08/2018 13:08 0

Close