... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Teguran dari Lombok

Foto: Reruntuhan rumah akibat gempa Lombok.

Oleh: Chusnatul Jannah – Lingkar Studi Perempuan dan Peradaban

 

Musibah tiada henti menghampiri Indonesia. Kita cukup berduka dengan apa yang terjadi pada saudara-saudara kita di Lombok. Gempa bumi berkekuatan 7 skala richter memporak-porandakan bangunan hingga jatuh korban. Sebagai bagian dari gejala alam tentu kejadian ini tak terhindarkan. BMKG pun menyebutkan bahwa gempa tersebut berpotensi tsunami dan akan ada gempa susulan 1 – 2 pekan ke depan. Kita patut bersyukur karena yang terjadi gempa bumi saja. Luka 14 tahun  pasca tsunami Aceh yang lalu saja masih menyisakan derita. Nampaknya alam sedang tak ingin bersahabat dengan kita.

Menurut Menteri ESDM, Ignasius Jonan pusat gempa berada di laut. Sebagian daerah tersebut tersusun oleh endapan gunung api berumur tersier hingga kuarter. Endapan yang berumur jutaan tahun itu rawan gempa karena mengalami pelapukan. Sekalipun gempa berasal dari pergerakan alam, tapi pergerakan itu tentu ada yang mengatur dan menggerakkan. Dialah Sang Pemilik Sejati Alam Semesta, Allah SWT. Dari gempa bumi pasti Allah selipkan pesan hikmah atas kejadian ini.

Dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik, dia berkata: “Nabi naik ke Uhud bersamanya Abu Bakar, Umar dan Utsman. Tiba-tiba gunung berguncang. Maka Nabi menghentakkan kakinya dan berkata: Tenanglah Uhud! Yang ada di atasmu tiada lain kecuali Nabi, Shiddiq dan dua orang syahid.” Dalam riwayat mursal yang disebutkan oleh Ibnu Abid Dunya, setelah Rasulullah menenangkan guncangan beliau berkata kepada para shahabat, “Sesungguhnya Tuhan kalian sedang menegur kalian, maka ambillah pelajaran!” Dalam hadits tersebut tersimpan hikmah bertutur yang patut untuk direnung. Yaitu, selama bumi ini dipijak oleh orang – orang shalih gempa tak terjadi. Itu artinya keimanan dan keshaliha menjadikan  alam ramah dan Allah pun ridha atas kita. Akan tetapi, yang terjadi sekarang justru banyak orang beriman tapi banyak pula yang ingkar dan gemar bermaksiat.

BACA JUGA  Besok, Huntara FKAM Insya Allah Diresmikan

Di masa kekhalifahan Umar ra pernah terjadi gempa. Madinah sebagai pusat pemerintahan kembali berguncang. Umar menempelkan tangannya ke tanah dan berkata kepada bumi, “Ada apa denganmu?” Dan inilah pernyataan sang pemimpin tertinggi negeri muslim itu kepada masyarakat pasca gempa, “Wahai masyarakat, tidaklah gempa ini terjadi kecuali karena ada sesuatu yang kalian lakukan. Alangkah cepatnya kalian melakukan dosa. Demi yang jiwaku ada di tangan-Nya, jika terjadi gempa susulan, aku tidak akan mau tinggal bersama kalian selamanya!”

Petikan kisah kembali menjadi perenungan. Bila sosok seshalih Umar saja pernah terjadi gempa, apatah lagi di akhir zaman yang banyak dihuni kaum mungkar dan meninggalkan SyariahNya. Menjadi hal wajar bila gempa terjadi berkali-kali. Kita bukanlah Nabi ataupun sahabat, tak ada jaminan surga pula. Oleh karenanya, kembalilah menjadi manusia beriman dan bertakwa. Taat kepada aturan Allah SWT dan menerapkan seluruh bagian Syariah-Nya yang mulia dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Agar alam kembali ramah, pijakan tanah ini tak lagi mematah, dan Allah pun ridha atas ketaatan kita.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Teguran dari Lombok”

  1. Muhammad Syahputra

    Assalamualaikum kiblat saya Muhammad syahputra saya siap menjadi relawan untuk dapur umum di lombok, saya akan mengerahkan seluruh tenaga saya. Mohon di infokan
    Ini nomor WA saya 082277661997

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Iraq Tidak Sepakat Sanksi AS ke Iran, Tapi Akan Mematuhinya

Presiden AS Donald Trump bertekad bahwa perusahaan yang melakukan bisnis dengan Teheran akan dilarang dari Amerika Serikat, karena sanksi baru AS terhadap Iran mulai berlaku.

Rabu, 08/08/2018 11:01 0

Indonesia

FKAM Buka Posko Gabungan Bantu Korban Gempa Lombok

FKAM Buka Posko Gabungan Bantu Korban Gempa Lombok

Rabu, 08/08/2018 09:35 0

Indonesia

Ingin Bantu Korban Gempa Lombok, Baitulmal FKAM Siap Salurkan Donasi Anda

"Kita juga membuka kesempatan mewujudkan kepedulian bersama menyalurkan bantuan kebutuhan sandang pangan kepada korban Gempa Nusa Tenggara Barat," katanya kepada Kiblat.net di lokasi Posko Gabungan di Dusun Rempek, Lombok Utara, Selasa, (7/8/2018).

Rabu, 08/08/2018 07:10 0

Indonesia

Sanksi Amerika terhadap Iran Mulai Diberlakukan

Sanksi berupa pembekuan transaksi keuangan dan impor bahan baku, seperti logam, batu bara, perangkat lunak terkait industri dan transaksi lainnya, yang menargetkan sektor penerbangan otomotif dan komersial.

Selasa, 07/08/2018 17:09 0

Indonesia

Warga Lombok Diimbau Tak Termakan Berita Hoaks Soal Gempa

informasi hoaks yang beredar cukup meresahkan dan menyebabkan kekhawatiran di kalangan korban.

Selasa, 07/08/2018 16:32 0

Indonesia

Musibah Datang, Para Pemimpin Diimbau untuk Bermuhasabah

UZMA mengungkapkan bahwa para sahabat meyakini bahwa sebuah gempa di sebuah negeri tidak terjadi melainkan ada dosa yang besar yang dikerjakan oleh seseorang atau pemimpin di dalamnya.

Selasa, 07/08/2018 16:30 0

Indonesia

Soal Ucapan ‘Berantem’ Jokowi, Pengamat: Pemimpin Seharusnya Tidak Provokasi

Direktur Indonesia Politic Review (IPR), Ujang Komarudin menilai bahwa seharusnya pemimpin tidak melakukan provokasi.

Selasa, 07/08/2018 16:30 0

Indonesia

Korban Jiwa Gempa NTB Meningkat Jadi 98 Orang

Korban gempa berkekuatan 7.0 SR yang menguncang Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya pada Ahad (05/08/2018), terus meningkat.

Selasa, 07/08/2018 16:08 0

Indonesia

Masjid Roboh saat Gempa Lombok, Jamaah Keluar dengan Merangkak

"Di masjid ini jumlah korban diperkirakan cukup besar. Hal itu dilihat dari sandal-sandal jamaah yang cukup banyak. Sehingga kita tidak bisa memastikan berapa jumlah orang yang di dalam, mudah-mudahan tidak banyak korban yang meninggal," tukasnya kepada wartawan di lokasi Masjid Jabal Nur, Selasa (07/08/2018).

Selasa, 07/08/2018 16:00 0

Indonesia

Ngabalin Sebut ‘Lawan dan Libas’, Dr Abdul Chair: Tak Cerminkan Intelektualitas

Dr Abdul Chair Ramadhan mempertanyakan siapa yang akan mereka libas. Ia menilai, pernyataan tersebut juga sangat naif.

Selasa, 07/08/2018 15:33 0

Close