... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

SAR FKAM Buka Akses Jalan Terdampak Gempa, Evakuasi Dokumen Warga Lombok

KIBLAT.NET, Lombok – Gempa Lombok masih menyisakan pekerjaan besar dalam menormalisasi aktivitas masyarakat Lombok, utamanya di wilayah Lombok Utara dan Lombok Timur. Relawan SAR Baitulmal Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) membantu warga mengevakuasi barang-barang berharga yang tertimbun reruntuhan dan membuka akses jalan.

Koordinator relawan FKAM peduli gempa Lombok, Fariz mengatakan dampak dari gempa yang menggungcang Pulau Lombok, khususnya di Lombok Utara membuat sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan mengalami kerusakan. “Terpantau ada beberapa titik akses jalan yang retak, tertimbun longsor maupun material bangunan yang hancur menimba badan jalan,” katanya kepada Kiblat.net di posko FKAM, Lombok Utara, Rabu, (8/8/2018).

Dia memaparkan relawan FKAM turun ke jalan di Desa Akar-Akar untuk membersihkan bangunan gapura roboh yang menimpa badan jalan. Reruntuhan bangunan membuat akses jalan lintas kecamatan itu terganggu.

Sementara, di Desa Bayan akses jalan tersendat dikarenakan tertutup material longsor serta pohon tumbang. Selanjutnya di Desa Embar-Embar jalan tertutup material dikarenakan longsornya tebing setinggi 40 Meter, yang mengakibatkan jalan tidak bisa dilalui dan dialihkan di sebrang jalan.

Tim SAR FKAM juga menyisir wilayah pesisir Pantai Montong Palang, dimana jalan amblas dan retak-retak sepanjang kurang lebih 100 Meter. Kini Dinas Pekerjaan Umum (DPU) telah menerjunkan alat berat untuk membantu membersihkan material guna memperlancar akses jalur evakuasi.

BACA JUGA  Pesan UBN di Muslim United: Jangan Lelah Untuk Bersatu

“Hari ini kita juga melakukan giat bersama warga di Desa Rempek Barat. Giat dilakukan untuk menyelamatkan barang berharga, dokumen penting milik warga di runtuhan bangunan dan puing yang mengalami kerusakan total,” tukasnya.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Setelah Mogok Makan 20 Hari, Tahanan Palestina Ini Dibebaskan

Khasr Dais, pengacara dari lembaga non-pemerintah Palestina, mengatakan bahwa Mohammed al-Rimawi (27) dan ayahnya, Nimer Mohammed al-Rimawi (54) akhirnya dibebaskan dari sel-sel pusat penyelidikan Ashkelon.

Rabu, 08/08/2018 18:00 0

Arab Saudi

Saudi Akan Luncurkan Aplikasi Pantau Penceramah di Masjid

"Tidak ada ruang untuk memanipulasi pikiran orang, dan tidak seharusnya pemikiran itu mengancam keamanan dan stabilitas negara yang diberkati ini," kata Al-Sheikh.

Rabu, 08/08/2018 17:01 0

News

Dua Pejuang Hamas Gugur Akibat Serangan Tank Israel

“Gempuran Israel ini merupakan kejahatan,” tegas pernyataan itu.

Rabu, 08/08/2018 14:51 0

Amerika

AS: Turki Masih Sahabat Akrab dan Koalisi Kami

Kedubes AS juga mengungkapkan bahwa pihaknya dan Turki memiliki hubungan ekonomi penting.

Rabu, 08/08/2018 14:33 0

Malaysia

Malaysia Tutup Pusat Anti-Terorisme Dukungan Saudi

King Salman Center for International Peace (KSCIP) ditutup setelah anggota parlemen lokal mempertanyakan posisi Arab Saudi yang mendanai pusat deradikalisasi.

Rabu, 08/08/2018 12:40 0

Opini

Teguran dari Lombok

Sekalipun gempa berasal dari pergerakan alam, tapi pergerakan itu tentu ada yang mengatur dan menggerakkan. Dialah Sang Pemilik Sejati Alam Semesta, Allah SWT. Dari gempa bumi pasti Allah selipkan pesan hikmah atas kejadian ini.

Rabu, 08/08/2018 11:35 1

Irak

Iraq Tidak Sepakat Sanksi AS ke Iran, Tapi Akan Mematuhinya

Presiden AS Donald Trump bertekad bahwa perusahaan yang melakukan bisnis dengan Teheran akan dilarang dari Amerika Serikat, karena sanksi baru AS terhadap Iran mulai berlaku.

Rabu, 08/08/2018 11:01 0

Foto

Foto-foto Lokasi Terdampak Gempa Lombok

Gempa berkekuatan 7 SR yang menimpa Nusa Tenggara Barat dan ratusan gempa susulan, menyisakan banyak reruntuhan dan derita para korban. Pusat gempa di Lombok Utara menjadi lokasi terparah terdampak gempa.

Selasa, 07/08/2018 13:08 0

Asia

Jutaan Muslim India Terancam Tak Miliki Kewarganegaraan

"Negara bagian Assam adalah konflik etnis murni," katanya, seraya menambahkan bahwa pemerintah New Delhi "tidak mengangkat masalah ini dengan kami."

Selasa, 07/08/2018 11:20 0

Palestina

Hindari Operasi Khusus AL Hamas, Israel Bangun “Pagar Laut”

KIBLAT.NET, Tel Aviv – Juru bicara resmi militer Israel mengunggah sejumlah foto proyek pembangunan penghalang...

Selasa, 07/08/2018 09:01 0

Close