... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KPK: Korupsi Meluas Secara Sistematis dari Pusat Hingga Daerah

Foto: Komisioner KPK Basaria Panjaitan dan Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni'am Sholeh saat memberikan tambahan pembekalan kepada Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) 2018, Rabu (08-08-2018)

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut korupsi telah meluas secara sistematik di berbagai tingkatan pusat dan daerah, serta menjangkiti lembaga eksekutif, yudikatif dan legislatif

Hal itu disampaikan komisioner KPK Basaria Panjaitan saat memberikan tambahan pembekalan kepada Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) 2018. Dihadapan Paskibraka yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia, dia menjelaskan beberapa hal termasuk darurat korupsi di Indonesia.

“Dalam penanganan korupsi ada sembilan perilaku antikorupsi pertama adalah jujur, mandiri, peduli, disiplin, tanggungjawab, kerja keras, sederhana, adil, berani dan sabar,” kata Basaria Panjaitan, Rabu (08/08/2018).

Fakta korupsi di Indonesia, kata dia, sudah berjalan dengan massif karena banyak sektor yang telah dimasuki. Bahkan, pelakunya sendiri banyak melibatkan kerabat dekat dan anggota keluarga. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil persidangan yang telah dilakukan oleh pihak terkait.

“Korupsi sudah sangat meluas secara sistematis di berbagai tingkatan pusat dan daerah, lembaga eksekutif, yudikatif dan legislatif,” jelas komisioner wanita pertama di KPK itu.

Basaria menambahkan jika korupsi tidak hanya berkaitan dengan uang, namun adanya kegiatan lain yang bersifat koruptif. Dia menyebut menyontek, membolos, tawuran, melanggar lalu lintas, terlambat, titip absen, berbohong, gratifikasi, proposal dan kuitansi palsu, penyelenggaraan beasiswa hingga plagiat atau copy paste termasuk sikap korupsi.

“Makanya memberantas korupsi harus dimulai dari diri sendiri kemudian menginspirasi keluarga dan masyarakat sekitar,” tegasnya.

BACA JUGA  2.000 Laskar Siap Kawal Mudzakarah Seribu Ulama di Tasikmalaya

Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) 2018 yang saat ini digembleng di PP PON Cibubur, Jakarta Timur, mendapatkan tambahan pembekalan. Diklat Paskibrakan diselenggaraka hingga nanti acara puncak peringatan HUT RI ke-73 di Istana Negara.

“Mereka (Paskibraka) mendapatkan pembekalan dengan tema Anak Muda Melawan Korupsi,” kata Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh yang hadir sebagai pembicara dalam diskusi tersebut.

Dalam diklat ini, Paskibraka 2018 juga mendapatkan pembekalan dari berbagai pihak, termasuk dari Seskemenpora Gatot S. Dewabroto yang membahas etika bermedia sosial dan komunikasi dengan media.

Redaktur: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Dua Pejuang Hamas Gugur Akibat Serangan Tank Israel

“Gempuran Israel ini merupakan kejahatan,” tegas pernyataan itu.

Rabu, 08/08/2018 14:51 0

Amerika

AS: Turki Masih Sahabat Akrab dan Koalisi Kami

Kedubes AS juga mengungkapkan bahwa pihaknya dan Turki memiliki hubungan ekonomi penting.

Rabu, 08/08/2018 14:33 0

Malaysia

Malaysia Tutup Pusat Anti-Terorisme Dukungan Saudi

King Salman Center for International Peace (KSCIP) ditutup setelah anggota parlemen lokal mempertanyakan posisi Arab Saudi yang mendanai pusat deradikalisasi.

Rabu, 08/08/2018 12:40 0

Opini

Teguran dari Lombok

Sekalipun gempa berasal dari pergerakan alam, tapi pergerakan itu tentu ada yang mengatur dan menggerakkan. Dialah Sang Pemilik Sejati Alam Semesta, Allah SWT. Dari gempa bumi pasti Allah selipkan pesan hikmah atas kejadian ini.

Rabu, 08/08/2018 11:35 1

Irak

Iraq Tidak Sepakat Sanksi AS ke Iran, Tapi Akan Mematuhinya

Presiden AS Donald Trump bertekad bahwa perusahaan yang melakukan bisnis dengan Teheran akan dilarang dari Amerika Serikat, karena sanksi baru AS terhadap Iran mulai berlaku.

Rabu, 08/08/2018 11:01 0

Foto

Foto-foto Lokasi Terdampak Gempa Lombok

Gempa berkekuatan 7 SR yang menimpa Nusa Tenggara Barat dan ratusan gempa susulan, menyisakan banyak reruntuhan dan derita para korban. Pusat gempa di Lombok Utara menjadi lokasi terparah terdampak gempa.

Selasa, 07/08/2018 13:08 0

Asia

Jutaan Muslim India Terancam Tak Miliki Kewarganegaraan

"Negara bagian Assam adalah konflik etnis murni," katanya, seraya menambahkan bahwa pemerintah New Delhi "tidak mengangkat masalah ini dengan kami."

Selasa, 07/08/2018 11:20 0

Palestina

Hindari Operasi Khusus AL Hamas, Israel Bangun “Pagar Laut”

KIBLAT.NET, Tel Aviv – Juru bicara resmi militer Israel mengunggah sejumlah foto proyek pembangunan penghalang...

Selasa, 07/08/2018 09:01 0

Arab Saudi

Saudi juga Batalkan Seluruh Perjanjian Dagang dan Investasi dengan Kanada

Riyadh menggungkapkan bahwa keberadaan duta besar Kanada di negaranya menjadi orang yang tidak diinginkan. Saudi pun memanggil pulang duta besarnya di Kanada.

Selasa, 07/08/2018 06:40 0

Opini

 Radikalisme Mengancam Mahasiswa ?

Kata “radikalisme” sudah tak asing lagi di telinga para akademisi, khususnya di kalangan mahasiswa. Isu radikalisme digiring menyasar kaum intelektual kampus yang dianggap sebagai sarangnya gerakan radikal.

Senin, 06/08/2018 13:13 0

Close