... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Koordinasi dengan Posko Induk, FKAM Sampaikan Kebutuhan Korban Gempa Terisolir

Foto: Relawan kemanusiaan Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) berkoordinasi di Posko Induk penanggulangan bencana gempa Lombok, Rabu (08-08-2018)

KIBLAT.NET, Lombok – Relawan kemanusiaan dari Baitulmal Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) melakukan koordinasi bersama pihak terkait dalam penanggulangan bencana gempa bumi Lombok. Koordinasi dilakukan di Posko Induk Lapangan Tanjung, Lombok Utara.

Koordinator relawan FKAM Peduli Gempa Lombok, Fariz mengatakan pihaknya melakukan koordinasi untuk melaporkan kondisi di posko yang digelar pihaknya di Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Dengan koordinasi tersebut diharapkan kebutuhan warga korban bencana di area posko dapat terpenuhi secara maksimal.

“Laporan-laporan warga yang kami tampung dan kebutuhan yang tidak bisa kami jangkau, kami sampaikan ke Posko Induk. Supaya evakuasi dapat berjalan lancar dan kebutuhan warga terpenuhi,” katanya kepada Kiblat.net di Posko relawan FKAM, di Desa Rempek, Lombok Utara, Rabu (08/08/2018)

Koordinasi di Posko Induk dipimpin oleh incident commander (IC) Komandan Korem 162 Wira Bhakti, Ahmad Rizal Ramdhani. Selaku pemimpin posko induk, Rizal bertugas memaparkan tugas dan fungsi pokok seluruh unsur terkait penanggulangan bencana dalam tanggap darurat gempa, guna memaksimalkan penyelamatan korban yang diduga masih hidup dan tertimpa material bangunan.

“Evakuasi korban sesegera mungkin dilakukan oleh Basarnas, TNI dan SAR Gabungan. Korban yang masih hidup dan membutuhkan perawatam medis dapat dievakuasi di rumah sakit lapangan (RSL),” ujar Rizal.

Selain itu, hasil koordinasi akan memprioritaskan bantuan bagi daerah yang minim logistik. Pos logistik pusat tanggap bencana gempa Lombok berada di Koramil Tanjung. Bahan-bha kebutuhan di pos itu sesegera mungkin dibagi di enam sektor, antara lain di desa Bayan, Kayangan, Gangga, Pemenang, Tanjung, Gunung Sari.

BACA JUGA  Pesan Salim A Fillah untuk Generasi Milenial: Berusaha dan Belajarlah untuk Islam!

“Seluruh distribusi bantuan Logistik harap di dokumentasikan untuk memperkuat bukti penyebaran logistik yang merata. Seluruh tim evakuasi diharap selalu memperhatikan alat pelindung diri (APD) guna menjaga keamanan penyelamat,” paparnya.

Reporter : Hafidz Syarif
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Setelah Mogok Makan 20 Hari, Tahanan Palestina Ini Dibebaskan

Khasr Dais, pengacara dari lembaga non-pemerintah Palestina, mengatakan bahwa Mohammed al-Rimawi (27) dan ayahnya, Nimer Mohammed al-Rimawi (54) akhirnya dibebaskan dari sel-sel pusat penyelidikan Ashkelon.

Rabu, 08/08/2018 18:00 0

Arab Saudi

Saudi Akan Luncurkan Aplikasi Pantau Penceramah di Masjid

"Tidak ada ruang untuk memanipulasi pikiran orang, dan tidak seharusnya pemikiran itu mengancam keamanan dan stabilitas negara yang diberkati ini," kata Al-Sheikh.

Rabu, 08/08/2018 17:01 0

News

Dua Pejuang Hamas Gugur Akibat Serangan Tank Israel

“Gempuran Israel ini merupakan kejahatan,” tegas pernyataan itu.

Rabu, 08/08/2018 14:51 0

Amerika

AS: Turki Masih Sahabat Akrab dan Koalisi Kami

Kedubes AS juga mengungkapkan bahwa pihaknya dan Turki memiliki hubungan ekonomi penting.

Rabu, 08/08/2018 14:33 0

Malaysia

Malaysia Tutup Pusat Anti-Terorisme Dukungan Saudi

King Salman Center for International Peace (KSCIP) ditutup setelah anggota parlemen lokal mempertanyakan posisi Arab Saudi yang mendanai pusat deradikalisasi.

Rabu, 08/08/2018 12:40 0

Opini

Teguran dari Lombok

Sekalipun gempa berasal dari pergerakan alam, tapi pergerakan itu tentu ada yang mengatur dan menggerakkan. Dialah Sang Pemilik Sejati Alam Semesta, Allah SWT. Dari gempa bumi pasti Allah selipkan pesan hikmah atas kejadian ini.

Rabu, 08/08/2018 11:35 1

Irak

Iraq Tidak Sepakat Sanksi AS ke Iran, Tapi Akan Mematuhinya

Presiden AS Donald Trump bertekad bahwa perusahaan yang melakukan bisnis dengan Teheran akan dilarang dari Amerika Serikat, karena sanksi baru AS terhadap Iran mulai berlaku.

Rabu, 08/08/2018 11:01 0

Foto

Foto-foto Lokasi Terdampak Gempa Lombok

Gempa berkekuatan 7 SR yang menimpa Nusa Tenggara Barat dan ratusan gempa susulan, menyisakan banyak reruntuhan dan derita para korban. Pusat gempa di Lombok Utara menjadi lokasi terparah terdampak gempa.

Selasa, 07/08/2018 13:08 0

Asia

Jutaan Muslim India Terancam Tak Miliki Kewarganegaraan

"Negara bagian Assam adalah konflik etnis murni," katanya, seraya menambahkan bahwa pemerintah New Delhi "tidak mengangkat masalah ini dengan kami."

Selasa, 07/08/2018 11:20 0

Palestina

Hindari Operasi Khusus AL Hamas, Israel Bangun “Pagar Laut”

KIBLAT.NET, Tel Aviv – Juru bicara resmi militer Israel mengunggah sejumlah foto proyek pembangunan penghalang...

Selasa, 07/08/2018 09:01 0

Close