... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Musibah Datang, Para Pemimpin Diimbau untuk Bermuhasabah

Foto: Kondisi reruntuhan rumah warga pasca gempa.

KIBLAT.NET, Tasikmalaya – Ustadz Zulkifli M Ali (UZMA) mengatakan bencana alam yang terjadi tidak lepas dari kemaksiatan yang dilakukan manusia. Pernyataan ini diikuti dengan mengutip Surat Ar-Ruum ayat 41.

“Bencana yang terjadi di darat dan di laut itu karena dosa yang dibuat oleh manusia agar mereka merasakan sebagian kecil dari akibat dosa mereka. Semoga teguran dari Allah ini membuat mereka taubat dan mereka kembali ke jalan yang benar,” ujarnya di hadapan ratusan jamaah Masjid Aisiyah, Jl Ir Juanda, Tasikmalaya, pada Senin (06/08/2018).

Sosok yang dikenal sebagai dai akhir zaman itu kemudian menceritakan bencana gempa bumi yang terjadi di Madinah pada zaman pemerintahan Umar Bin Khattab. Maka, lanjut dia, Umar berceramah, “Wahai manusia, apa yang kalian lakukan? Betapa cepatnya maksiat yang kalian lakukan. Jika terjadi gempa bumi lagi, kalian tidak akan menemuiku lagi di Madinah.”

UZMA mengungkapkan bahwa para sahabat meyakini bahwa sebuah gempa di sebuah negeri tidak terjadi melainkan ada dosa yang besar yang dikerjakan oleh seseorang atau pemimpin di dalamnya.

“Kejadian yang di Lombok, mestinya jadikan muhasabah. Kita bantu, kita doakan, kita bela, kita tolong, karena di sana banyak orang shalih taat, tapi musibah datang pada mereka. Kalau pemimpinnya mau kaya Umar Bin Khattab, dia akan pelajari dirinya, akan muhasabah pada dirinya. Apa dosa yang sudah dibuat, kesalahan yang dilakukan,” lanjutnya.

BACA JUGA  GP Ansor Riau Mengaku Dukung Pengajian Ustadz Abdul Somad

“Para sahabat tidak mau bicara soal alam, karena dalam hukum Allah selalunya ada sabab-musabab. Ada sunnatullah, ada kausalitas. Ini terjadi karena ini. Karenanya Allah sudah jelaskan (musibah) jelas karena kezaliman dan dosa. Dan tidak ada kezaliman yang lebih besar kecuali apabila seorang pemimpin, seorang berilmu sudah menyatakan sesuatu yang tidak disukai bahkan dimurkai oleh Allah,” ungkapnya.

Terkait bencana gempa bumi di Lombok, ia mengimbau kepada para jamaah untuk berdonasi membantu para korban. “Dimulai 50.000, yang lain juga, ayo maju ke depan. Ya Allah taqobbal minna,” tukasnya.

Dalam waktu satu jam, telah terkumpul donasi sebesar Rp 10.200.000 dan 1 Real. Dan pada Selasa pagi jumlahnya bertamban menjadi Rp 10.430.000. Menurut ketua panitia, Dr. Isa Ridwan selaku panitia Mudzakarah Seribu Ulama, donasi nantinya akan dititipkan ke ulama MMI dari Lombok.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Foto

Foto-foto Lokasi Terdampak Gempa Lombok

Gempa berkekuatan 7 SR yang menimpa Nusa Tenggara Barat dan ratusan gempa susulan, menyisakan banyak reruntuhan dan derita para korban. Pusat gempa di Lombok Utara menjadi lokasi terparah terdampak gempa.

Selasa, 07/08/2018 13:08 0

Asia

Jutaan Muslim India Terancam Tak Miliki Kewarganegaraan

"Negara bagian Assam adalah konflik etnis murni," katanya, seraya menambahkan bahwa pemerintah New Delhi "tidak mengangkat masalah ini dengan kami."

Selasa, 07/08/2018 11:20 0

Palestina

Hindari Operasi Khusus AL Hamas, Israel Bangun “Pagar Laut”

KIBLAT.NET, Tel Aviv – Juru bicara resmi militer Israel mengunggah sejumlah foto proyek pembangunan penghalang...

Selasa, 07/08/2018 09:01 0

Arab Saudi

Saudi juga Batalkan Seluruh Perjanjian Dagang dan Investasi dengan Kanada

Riyadh menggungkapkan bahwa keberadaan duta besar Kanada di negaranya menjadi orang yang tidak diinginkan. Saudi pun memanggil pulang duta besarnya di Kanada.

Selasa, 07/08/2018 06:40 0

Opini

 Radikalisme Mengancam Mahasiswa ?

Kata “radikalisme” sudah tak asing lagi di telinga para akademisi, khususnya di kalangan mahasiswa. Isu radikalisme digiring menyasar kaum intelektual kampus yang dianggap sebagai sarangnya gerakan radikal.

Senin, 06/08/2018 13:13 0

Video Kajian

Ust. Oemar Mita: Keluarga di Mata Islam

KIBLAT.NET – Ust. Oemar Mita: Keluarga di Mata Islam. Menjaga keturunan adalah satu dari lima...

Senin, 06/08/2018 13:00 0

Arab Saudi

Saudi Tolak Klaim Kanada Terkait Aktivis Perempuan

KIBLAT.NET – Departemen Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi menepis sebutan “aktivis masyarakat sipil” yang diklaim...

Senin, 06/08/2018 10:09 0

Arab Saudi

Saudi Usir Duta Besar Kanada, Ini Alasannya!

KIBLAT.NET – Arab Saudi mengeluarkan ultimatum kepada duta besar Kanada agar meninggalkan negara itu dalam 24...

Senin, 06/08/2018 09:32 0

Afrika

Para Pemimpin Gerakan Islam di Ethiopia Pulang dari Pengasingan

Abe Ahmed merupakan PM pertama Muslim yang menjabat di Ethiopia. Kendati beragama Islam, ia terlahir dari pasangan beda Agama—ayahnya Muslim dan ibunya Kristen—. Ia juga beristeri orang Kristen dan dikaruniai Anak. Ia bersal dari etnis Oromo.

Senin, 06/08/2018 09:11 0

Afghanistan

Konvoi Tentara NATO Kembali Jadi Sasaran Taliban

Sedikitnya tiga tentara NATO tewas dan sejumlah lainnya luka-luka dalam serangan di Afghanistan Timur itu.

Senin, 06/08/2018 07:52 0

Close