... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Masjid Roboh saat Gempa Lombok, Jamaah Keluar dengan Merangkak

Foto: Masjid Jabal Nur di desa Lading-lading, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara

KIBLAT.NET, Lombok – Masih ada korban yang tertimbun reruntuhan bangunan usai gempa bumi berkekuatan 7 SR mengguncang Lombok Utara. Korban adalah jamaah shalat Isya di Masjid Jabal Nur di desa Lading-lading, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan tim SAR gabungan terus berupaya melakukan evakuasi jamaah korban gempa bumi yang masih tertimbun di dalam reruntuhan masjid. Korban merupakan jamaah shalat Isya di Masjid Jabal Nur, desa Lading-lading, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

“Tim Basarnas bersama TNI dan Polri masih terus evakuasi korban tertimpa masjid yang roboh di Desa Lading-Lading Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. 3 tewas dan 2 selamat per 7/8/2018. Evakuasi masih berlangsung saat ini,” katanya melalui akun twitter resminya, Selasa (07/08/2018).

Dia menjelaskan evakuasi sebelumnya terhambat oleh ketiadaan alat berat. Setelah alat berat tiba di lokasi masjid, tim evakuasi berupaya mengevakuasi sekuat tenaga.

Sementara Kepala BNPB, Willem Rampangilei turun langsung melihat proses evakuasi korban yang tertimpa reruntuhan masjid Jabal Nur. Ia mengatakan pihaknya sudah menyisir sekitar masjid dan tidak ditemukan korban, adapun di dalam masjid diperkirakan masih terdapat banyak korban yang terjebak di reruntuhan.

“Di masjid ini jumlah korban diperkirakan cukup besar. Hal itu dilihat dari sandal-sandal jamaah yang cukup banyak. Sehingga kita tidak bisa memastikan berapa jumlah orang yang di dalam, mudah-mudahan tidak banyak korban yang meninggal,” tukasnya kepada wartawan di lokasi Masjid Jabal Nur, Selasa (07/08/2018).

BACA JUGA  ASEAN Tak Sepakat Hentikan Krisis Rohingya

Sementara salah satu jamaah yang sempat menyelamatkan diri saat terjadi gempa, Fahrudin (56) mengatakan saat terjadi gempa ia berada di shaf kedua di barisan kanan tepat di atasnya ada kubah masjid.

“Alhamdulillah untungnya kubah tidak ada isinya. Sehingga saya bisa keluar bersama tiga orang lainnya dengan merangkak. Saat itu kondisinya gelap mati lampu, penuh debu, menyelimuti kepala dan tubuh,” tukasnya.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Foto

Foto-foto Lokasi Terdampak Gempa Lombok

Gempa berkekuatan 7 SR yang menimpa Nusa Tenggara Barat dan ratusan gempa susulan, menyisakan banyak reruntuhan dan derita para korban. Pusat gempa di Lombok Utara menjadi lokasi terparah terdampak gempa.

Selasa, 07/08/2018 13:08 0

Asia

Jutaan Muslim India Terancam Tak Miliki Kewarganegaraan

"Negara bagian Assam adalah konflik etnis murni," katanya, seraya menambahkan bahwa pemerintah New Delhi "tidak mengangkat masalah ini dengan kami."

Selasa, 07/08/2018 11:20 0

Palestina

Hindari Operasi Khusus AL Hamas, Israel Bangun “Pagar Laut”

KIBLAT.NET, Tel Aviv – Juru bicara resmi militer Israel mengunggah sejumlah foto proyek pembangunan penghalang...

Selasa, 07/08/2018 09:01 0

Arab Saudi

Saudi juga Batalkan Seluruh Perjanjian Dagang dan Investasi dengan Kanada

Riyadh menggungkapkan bahwa keberadaan duta besar Kanada di negaranya menjadi orang yang tidak diinginkan. Saudi pun memanggil pulang duta besarnya di Kanada.

Selasa, 07/08/2018 06:40 0

Opini

 Radikalisme Mengancam Mahasiswa ?

Kata “radikalisme” sudah tak asing lagi di telinga para akademisi, khususnya di kalangan mahasiswa. Isu radikalisme digiring menyasar kaum intelektual kampus yang dianggap sebagai sarangnya gerakan radikal.

Senin, 06/08/2018 13:13 0

Video Kajian

Ust. Oemar Mita: Keluarga di Mata Islam

KIBLAT.NET – Ust. Oemar Mita: Keluarga di Mata Islam. Menjaga keturunan adalah satu dari lima...

Senin, 06/08/2018 13:00 0

Arab Saudi

Saudi Tolak Klaim Kanada Terkait Aktivis Perempuan

KIBLAT.NET – Departemen Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi menepis sebutan “aktivis masyarakat sipil” yang diklaim...

Senin, 06/08/2018 10:09 0

Arab Saudi

Saudi Usir Duta Besar Kanada, Ini Alasannya!

KIBLAT.NET – Arab Saudi mengeluarkan ultimatum kepada duta besar Kanada agar meninggalkan negara itu dalam 24...

Senin, 06/08/2018 09:32 0

Afrika

Para Pemimpin Gerakan Islam di Ethiopia Pulang dari Pengasingan

Abe Ahmed merupakan PM pertama Muslim yang menjabat di Ethiopia. Kendati beragama Islam, ia terlahir dari pasangan beda Agama—ayahnya Muslim dan ibunya Kristen—. Ia juga beristeri orang Kristen dan dikaruniai Anak. Ia bersal dari etnis Oromo.

Senin, 06/08/2018 09:11 0

Afghanistan

Konvoi Tentara NATO Kembali Jadi Sasaran Taliban

Sedikitnya tiga tentara NATO tewas dan sejumlah lainnya luka-luka dalam serangan di Afghanistan Timur itu.

Senin, 06/08/2018 07:52 0

Close