... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI: Vaksin MR Masih Syubhat, Warga Muslim Berhak Menolak

Foto: KH. Cholil Nafis, Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat

KIBLAT.NET, Palu – Ketidakjelasan status kehalalan vaksin campak Measles Rubella (MR) masih menjadi perhatian Majelis Ulama Indonesia (MUI). Vaksin ini sudah diberikan kepada masyarakat meski belum diketahui kehalalannya.

KH. Cholil Nafis, Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat, mengatakan bahwa MUI sangat mendukung program vaksinasi sebab Islam itu mengajarkan preventif dan pengobatan olehnya melakukan vaksinasi adalah bagian dari preventif penyakit.

“Kalau untuk Vaksin Measles Rubella belum ada diajukan ke MUI untuk diaudit bagaimana kehalalannya namun sampai sekarang (Ahad, red) belum ada diajukan dari Kementerian Kesehatan, baru Jumat (3/8/2018) Kemenkes datangi MUI membicarakan terkait vaksin MR tersebut,” ungkapnya Kepada Kiblat.net Ahad (5/8/2018).

Dia menyebutkan hasil pertemuan antara MUI dan Kemenkes melahirkan beberapa poin, diantaranya MUI memberikan rekomendasi untuk dilakukan vaksinasi akan tetapi dengan bahan-bahan yang halal, sementara Vaksin MR belum mendapat sertifikasi halal. Masih kata Cholil, Kemenkes bertekad akan segera mengajukan kepada MUI untuk dilakukan audit sertifikasi halal vaksin MR tersebut.

“Keputusan sementara, orang yang masih peduli dengan halal haram Muslim khususnya berhak untuk menolak untuk tidak divaksinasi Measles Rubella,” jelasnya.

Cholil kembali menegaskan bahwa saat ini vaksin MR belum mendapatkan sertifikasi halal. Olehnya, apabila tersebar informasi bahwa Vaksin MR halal itu merupakan informasi yang tidak benar. Ia juga berpesan kepada masyarakat khususnya Umat Islam agar menjauhi perkara-perkara yang belum jelas halal haramnya seperti vaksin MR.

BACA JUGA  UAS: Di Bawah Naungan Laa Ilaaha Illallah Semut Pun Terjaga

“Semua yang sertifikat halal dijamin kehalalannya, tapi kalau belum dapat sertifikat halal maka itu belum tentu halal dan belum tentu haram dan itu kategori Syubhat dan Vaksin MR ini termasuk syubhat,” jelasnya

Reporter: Salam Abdurrahman
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Suriah Kampanyekan Tafsir Baru Al-Qur’an Ala Bashar Assad

Sebelumnya, Kementerian Wakaf telah menerbitkan sebuah aturan, di mana para imam dan khatib masjid harus membuang buku-buku karya Syaikh Ibnu Taimiyah, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab.

Ahad, 05/08/2018 13:57 0

Foto

Mudzakarah Seribu Ulama dan Kongres Majelis Mujahidin Kelima di Tasikmalaya

KIBLAT.NET, Tasikmalaya – Mudzakarah Seribu Ulama dan Kongres Majelis Mujahidin Kelima pada 05-07 Agustus 2018 di...

Ahad, 05/08/2018 12:02 0

Iran

Protes Perbaikan Ekonomi di Iran Meluas Jelang Sanksi AS

Fars mengakui protes telah terjadi di lima atau enam kota sejak Selasa lalu. Sekitar 1.000 atau 2.000 orang ikut ambil dalam aksi. Mereka meneriakkan slogan-slogan politik seperti 'Kematian bagi diktator'.

Ahad, 05/08/2018 10:58 0

Opini

Kiki Challenge, Bukti Keterjajahan?

Demam kiki challenge pun mendunia, termasuk Indonesia. Berbagai kalangan sangat antusias membuat video kiki challenge dan mengunggahkan ke media sosial.

Ahad, 05/08/2018 10:50 0

China

Perketat Awasi Muslim Uighur, China Tempatkan CCTV Canggih di Pegunungan

Otoritas China menggunakan berbagai alat lain seperti pemindai iris dan Wi-Fi sniffers untuk mengumpulkan data dari Muslim Uighur.

Ahad, 05/08/2018 10:25 0

Afghanistan

Taliban: ISIS di Jawzjan Sudah Habis

Akibatnya, lebih dari 150 anggota ISIS termasuk sejumlah komandan mereka dilaporkan menyerahkan diri ke pemerintah Afghan. 

Ahad, 05/08/2018 09:30 0

Tarbiyah Jihadiyah

Peduli Terhadap Kaum Tertindas, Sebab Datangnya Pertolongan Allah

Dapatkanlah ridha dariku melalui orang-orang lemah di antara kalian, karena sesungguhnya kalian hanya mendapatkan rezeki dan pertolongan akibat orang-orang lemah (tertindas) di antara kalian

Sabtu, 04/08/2018 20:06 0

Turki

AS dan Turki Sepakat Urai Ketegangan

"Kami pikir ini telah dipahami," imbuhnya.

Sabtu, 04/08/2018 08:04 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Meninggikan Syiar-syiar Allah

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Meninggikan Syiar-syiar Allah. Allah memuliakan manusia dengan Islam. Agama dari langit...

Jum'at, 03/08/2018 17:37 0

Opini

Islam Moderat: Sekularisme Berbaju Islam

Oleh: Yulida Hasanah (Aktif mengisi Majlis Taklim Khoirun Nisa’, Jember) KIBLAT.NET – Beberapa waktu lalu,...

Jum'at, 03/08/2018 17:25 1

Close