... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Taliban: ISIS di Jawzjan Sudah Habis

Foto: Provinsi Jawzjan Afghanistan.

KIBLAT.NET, Jawzjan – Imarah Islam Taliban menyatakan telah mengalahkan kelompok ISIS atau yang dikenal dengan nama “Provinsi Khurasan” di provinsi Jawzjan di utara Afghanistan, menyusul operasi militer terkoordinasi yang dilancarkan Taliban di 3 lokasi yang berbeda. Akibatnya, lebih dari 150 anggota ISIS termasuk sejumlah komandan mereka dilaporkan menyerahkan diri ke pemerintah Afghan.

Serangan terkoordinasi Taliban kali ini didesain untuk membersihkan unsur-unsur ISIS dari distrik Jawzjan. Hal itu sudah terkonfirmasi oleh media-media Afghan yang mempertegas kemampuan Taliban dalam melancarkan operasi militer dan mengkoordinasikan efek derivatif pasca serangan di Afghanistan utara.

Walau demikian, tidak mungkin ISIS akan habis sama sekali di wilayah utara. Kelompok loyalis al-Baghdady itu masih eksis di distrik selain Jawzjan, seperti di provinsi Sar-i-Pul dan Faryab. Di samping itu, ISIS cabang Khurasan nampaknya masih cukup gigih bertahan. Di provinsi Nangarhar misalnya, mereka bertahan dari serangan-serangan Taliban, termasuk serangan AS dan sekutu lokal pasukan Afghan selama 3 tahun terakhir.

Melalui situs resmi Voice of Jihad, Taliban mengatakan bahwa sebuah unit khusus Mujahidin Imarah Islam melakukan konsolidasi di Jawzjan dan di provinsi tetangga, yaitu Sar-i-Pul dan Faryab, sebelum melakukan penyerbuan terhadap posisi pejuang-pejuang ISIS yang berbasis di distrik Darzab beberapa hari yang lalu. Unit khusus yang dimaksud kemungkinan besar adalah “Unit Merah”, satuan pasukan khusus Taliban yang berfungsi sebagai pasukan pelopor bagi serangan-serangan Taliban di seluruh Afghanistan.

BACA JUGA  Taliban Serang Markas Besar Polisi di Ibukota Afghanistan

Taliban menyatakan berhasil membunuh “153 anggota kriminal ISIS”, melukai lebih dari 100 lainnya, dan menahan 134 pejuang mereka. Sementara di pihak Taliban, 17 pejuang terbunuh dan 13 luka-luka selama operasi militer di Darzab. Taliban juga berhasil merampas aset & properti milik ISIS di antaranya sejumlah besar senjata, kendaraan militer, radio, dan peralatan lainnya.

Tiga pemimpin senior ISIS wilayah Khurasan termasuk di antara 150 pejuang ISIS yang menyerahkan diri ke pemerintah Afghan. Jumlah korban tewas dan luka-luka dari pihak ISIS memang belum terkonfirmasi secara independen, namun fenomena sejumlah pasukan yang membelot juga dilaporkan oleh media-media Afghan.

TOLONews menulis, pemimpin ISIS di wilayah utara, Mawlavi Habibul Rahman dan Mufti Nematullah, termasuk di antara mereka yang berjumlah lebih dari 150 pejuang yang menyerahkan diri dan bergabung ke pemerintah Afghan. Taliban menambahkan, seorang pemimpin ISIS bernama Sibghatullah juga menyerah. Mawlavi Habibul Rahman menggantikan posisi Qori Hikmatullah, seorang tokoh senior yang memfasilitasi pejuang-pejuang asing, sebagai pemimpin di wilayah utara. Hikmatullah terbunuh akibat serangan udara AS di provinsi Faryab.

Selama 2 tahun terakhir, Taliban dan ISIS wilayah Khurasan terus bersaing dan bertempur untuk mengontrol Jawzjan. Konflik mengalami eskalasi pada pertengahan  Juli lalu ketika Taliban melancarkan serangan terkoordinasi dan akhirnya menguasai penuh Darzab, termasuk beberapa daerah lainnya di utara.

BACA JUGA  PBB Sangat Prihatin Tewasnya Belasan Sipil oleh Pasukan Afghanistan

Cikal bakal ISIS wilayah Khurasan di utara Afghanistan ini terdiri dari sekelompok komandan & pejuang lokal Taliban yang “sakit hati” dan beberapa elemen Gerakan Islam Uzbekistan (IMU) yang kemudian berbaiat kepada Abu Bakar al-Baghdadi.

Kehadiran ISIS di utara Afghan dan di provinsi Nangarhar di bagian timur jelas merupakan ancaman bagi narasi Taliban sebagai satu-satunya kelompok perlawanan yang legitimate dan memimpin jihad dalam rangka mengusir pasukan asing Barat dari bumi Afghanistan. Demikian juga, munculnya ISIS membuat Taliban harus mengalihkan sebagian energi & sumber daya mereka yang seharusnya bisa fokus diarahkan untuk memerangi pemerintah boneka Kabul dukungan Barat, terpaksa harus dikerahkan untuk menghadapi batu sandungan dari kelompok ISIS.

Sumber: Long War Journal
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Soal Rekomendasi Capres-Cawapres Pasca Mudzakarah Ulama, Ini Jawaban Panitia

Panitia Mudzakarah Seribu Ulama dan Kongres Majelis Mujahidin Kelima, dr Isa Ridwan Sp.OT menegaskan bahwa Mudzakarah di Kota Tasikmalaya pada esok, Ahad (05/08) ini tidak berencana untuk memunculkan rekomendasi nama capres dan cawapres di Pilpres 2019.

Sabtu, 04/08/2018 20:43 0

Indonesia

Ini Tiga Poin Utama Mudzakarah Seribu Ulama dan Kongres Mujahidin

Menurut ketua panitia mudzakarah, dr. Isa Ridwan, dalam mudzakarah tersebut, ada tiga poin utama yang akan dibahas.

Sabtu, 04/08/2018 20:26 0

Indonesia

Gelar Rakernas Pertama, LPH-KHT Muhammadiyah Siap Sukseskan Realisasi UU JPH

Kehadiran LPH-KHT Muhammadiyah untuk membantu para pelaku usaha dan sekaligus melindungi konsumen untuk mendapatkan produk halal

Sabtu, 04/08/2018 20:14 0

Tarbiyah Jihadiyah

Peduli Terhadap Kaum Tertindas, Sebab Datangnya Pertolongan Allah

Dapatkanlah ridha dariku melalui orang-orang lemah di antara kalian, karena sesungguhnya kalian hanya mendapatkan rezeki dan pertolongan akibat orang-orang lemah (tertindas) di antara kalian

Sabtu, 04/08/2018 20:06 0

Indonesia

Mudzakarah Seribu Ulama di Tasikmalaya Tak Terkait Ijtima Ulama di Jakarta

Ketua Panitia Mudzakarah Seribu Ulama dan Kongres Mujahidin, dr. Isa Ridwan, Sp.OT. menegaskan bahwa Mudzakarah Ulama di Tasikmalaya ini tidak terkait dengan rangkaian kegiatan Multaqo Ulama atau Ijtima Ulama di Jakarta baru-baru ini.

Sabtu, 04/08/2018 19:58 0

Indonesia

Aktivis Dakwah Kampus Bali Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok

Aktivis Dakwah Kampus di Bali Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok

Sabtu, 04/08/2018 19:18 0

Indonesia

Rizal Ramli: Di Samping Jokowi Banyak Sekali yang Islamophobia

"Di Samping Jokowi Banyak Sekali yang islamophobia"

Sabtu, 04/08/2018 17:35 0

Indonesia

Terungkap, Ini Hasil Pertemuan Ustaz Abdul Somad dengan GNPF Ulama

Tokoh GNPF Ulama bertemu dengan Ustaz Abdul Somad di sebuah tempat di Palembang pada Jumat (03/08/2018)

Sabtu, 04/08/2018 17:11 1

Indonesia

LPH Muhammadiyah Siap Bantu UMKM Dapatkan Sertifikat Halal dengan Mudah

Menyambut berlakunya Undang-undang Jaminan Produk Halal (UU JPH) pada 2019, Muhammadiyah menyiapkan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH)

Sabtu, 04/08/2018 17:06 0

Indonesia

Polresta Tasikmalaya Dukung Mudzakarah Seribu Ulama

Kapolresta Tasikmalaya, AKBP Febry Ma’ruf berharap acara Mudzakarah Seribu Ulama berlangsung lancar dan kondusif

Sabtu, 04/08/2018 16:14 0

Close