... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI Tegaskan Vaksin MR Belum Didaftarkan Sertifikasi Halal

Foto: Vaksin (Ilustrasi)

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan pernyataan tegas terkait polemik Vaksin Measles Rubella (MR). Lembaga keulamaan itu melayangkan surat kepada Menteri Kesehatan RI, Nila Djuiwat F. Moeloek, dan menyatakan bahwa tidak benar MUI menghalalkan Vaksin MR atau membolehkannya.

“Sampai saat ini vaksin MR bahkan belum didaftarkan untuk proses sertifikasi halal. Apabila ada pejabat pemerintah yang menyatakan bahwa vaksin MR sudah dinyatakan halal atau dibolehkan penggunaannya oleh MUI, maka hal itu adalah pernyataan yang tidak benar dan masuk dalam kategori kebohongan publik,” ungkap ketua MUI, Prof Dr. K.H. Ma’ruf Amin, dalam surat bertanggal 25 Juli 2018.

Lebih lanjut, MUI menegaskan bahwa surat dari komisi fatwa tidak menyatakan kehalalan vaksin MR atau kebolehan penggunaannya. Secara tegas surat tersebut menyatakan bahwa kehalalan vaksin MR merupakan syarat utama adanya dukungan dari komisi fatwa terhadap imunisasi MR.

“Imunisasi merupakan bagian dari upaya pengobatan yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Namun demikian, ajaran agama Islam mewajibkan penggunaan obat-obatan/vaksin yang halal. Oleh karena itu, kepastian kehalalan vaksin MR sebelum dilakukan imunisasi merupakan bagian dari keimanan dan keyakinan umat Islam yang harus dilindungi, sesuai amanat UUD tahun 1945,” ungkap surat MUI yang juga ditandatangani Sekjend MUI, Anwar Abbas.

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia sekali lagi mengimbau kepada Kementerian Kesehatan untuk tunduk dan patuh tehadap kententuan peraturan perundang-undangan khususnya UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

BACA JUGA  Pengacara Ungkap Kejanggalan Kasus Overstay Habib Rizieq

Surat pernyataan MUI tertanggal 12 Dzulqaidah 1439 H, 25 Juli 2018 M ditandatangani oleh Ketua Umum MUI, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin dengan tembusa Pimpinan DPR RI, Menteri Agama RI dan DP MUI Provinsi se-Indonesia.

Untuk kepentingan hal tersebut MUI menyatakan kesiapan untuk membantu Kementerian Kesehatan mencari solusi demi suksesnya pelaksanaan Gerakan Nasional Imunisasi MR yang bersesuaian dengan ketentuan ajaran Islam.

“Dewan Pimpinan MUI akan mengambil kebijakan secara nasional terkait dengan vaksin MR ini pada 8 Agustus 2018. Demikian surat ini kami sampaikan. Semoga Ibu Menteri Kesehatan kiranya dapat segera merespon surat ini,” pungkas surat itu.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Benarkah Indonesia Sudah Merdeka?

Oleh: Ulfiatul Khomariah, (Koordinator Komunitas Penulis Qiroah, Pemerhati Masalah Sosial dan Politik) KIBLAT.NET – Tujuh...

Jum'at, 03/08/2018 17:02 0

Analisis

Ijtima Ulama dan Peran Politik Umat

Ijtima Ulama tersebut tentu bukan yang sempurna dan memuaskan semua pihak. Namun banyak hal yang patut disyukuri.

Jum'at, 03/08/2018 16:44 0

Rusia

Di Bawah Kekuasaan Rusia, Penindasan terhadap Muslim Tatar Krimea Meningkat

Sumber Daya Tatar Krimea selama paruh pertama tahun 2018, pihak berwenang Rusia melakukan 66 penggerebekan ilegal di rumah-rumah, 89 interogasi dan 98 penangkapan di Krimea yang diduduki.

Jum'at, 03/08/2018 16:40 0

Eropa

10 Negara Eropa yang Melarang Busana Muslimah

Sejak April 2011, Perancis telah melarang pakain muslimah yang menutupi wajah, termasuk burqa dan niqab. Wanita yang ditemukan melanggar larangan didenda 150 euro (Rp 2,5 juta).

Jum'at, 03/08/2018 15:05 0

Asia

Dipicu Lakalantas Mematikan, Puluhan Ribu Siswa Bangladesh Turun ke Jalan

"Kami belum pernah melihat jumlah siswa yang belum pernah terjadi sebelumnya (di jalanan)," kata Tanvir Chowdhury dari Al Jazeera, melaporkan dari Dhaka.

Jum'at, 03/08/2018 11:37 0

Video Kajian

Hati-hati! Poligami, Tapi Salah Motivasi

Hati-hati! Poligami, Tapi Salah Motivasi. Saudara ingin menikah lagi? Menikahi janda atau perawan? Alasanmu ingin menegakkan sunnah, menolong janda?

Jum'at, 03/08/2018 10:55 0

Suriah

Rombongan Pertama Jamaah Haji Suriah Bertolak ke Tanah Suci

Mereka berangkat melalui perlintasan Bab Al-Hawa menuju Turki, kemudian melanjutkan perjalanan ke Saudi

Jum'at, 03/08/2018 10:48 0

Palestina

Menhan Israel Lega Rezim Assad Kuasai Perbatasan Golan

"Dari sudut pandang kami, situasi kembali ke seperti sebelum perang saudara, yang berarti bahwa ada pihak yang dapat ajak bicara dan orang yang bertanggung jawab serta kekuasaan terpusat,” kata Lieberman.

Jum'at, 03/08/2018 10:10 1

Video News

Haikal Hassan: 2019 Ganti Presiden! Ini Kriteria Menurutnya

KIBLAT.NET – Haikal Hassan: 2019 Ganti Presiden! Ini Kriteria Menurutnya. Haikal Hasan, Wasekjen MIUMI, antusias...

Jum'at, 03/08/2018 09:37 0

Yordania

Yordania Bombardir Pasukan ISIS yang Dekati Perbatasannya

“Tidak ada satupun dari mereka (ISIS) yang berhasil menembus perbatasan Yordania. Mereka berhasil dipaksa kembali masuk ke wilayah Suriah dan sebagian mereka tewas,” kata sumber seperti dilansir dari Al-Sarq Al-Ausath.

Jum'at, 03/08/2018 08:59 0

Close