... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

10 Negara Eropa yang Melarang Busana Muslimah

Foto: Muslimah memprotes larangan pemakaian niqab di Kopenhagen Denmark 1 Agustus 2018. (Reuters)

KIBLAT.NET – Ratusan orang turun ke jalan-jalan di Kopenhagen, Denmark pada Rabu (01/08/2018) untuk memprotes larangan terbaru memakai niqab atau cadar di muka umum.

Para aktivis mengatakan mereka berniat untuk terus memprotes larangan tersebut. Para muslimah yang mengenakan niqab juga berjanji akan terus menentangnya.

Aturan baru memungkinkan pihak berwenang untuk menjatuhkan denda di tempat untuk orang-orang yang menutupi wajah mereka di depan umum tanpa “tujuan yang dapat dikenali”.

Pelanggar dapat didenda 1.000 kroner (Rp 2,27 juta) pada tiga kesempatan pertama. Dan meningkat menjadi 10.000 kroner untuk pelanggaran keempat.

Pihak berwenang juga dapat menangkap seseorang yang menolak mematuhi aturan itu jika diperlukan. Anggota parlemen Denmark mengatakan hukuman itu sarana untuk menjaga nilai-nilai “demokratis” dan “sekuler” Denmark.

Sementara oposisi terus meningkat terhadap larangan Denmark pada cadar, bangsa Skandinavia bergabung dengan sejumlah negara Eropa lainnya membatasi busana muslimah.

1. Perancis

Sejak April 2011, Perancis telah melarang pakain muslimah yang menutupi wajah, termasuk burqa dan niqab. Wanita yang ditemukan melanggar larangan didenda 150 euro (Rp 2,5 juta).

Pada 2016, larangan burkini oleh walikota di Riviera Prancis menyebabkan kemarahan global. Itu kemudian diangkat setelah pengajuan banding di kota Villeneuve-Loubet. Pengadilan tinggi pemerintahan Perancis memutuskan bahwa larangan itu “melanggar kebebasan mendasar”.

2. Belgium

Belgia melarang kerudung wajah, termasuk niqab dan burqa, pada Juli 2011. Wanita yang melanggar larangan itu dapat dipenjara hingga tujuh hari atau membayar denda € 137,5.

BACA JUGA  Khutbah Jumat: Kalimat Tauhid dan Barometer Akhlaqul Karimah

3. Rusia

Jilbab hijab dilarang di sekolah umum di wilayah Stavropol, di barat daya negara itu. Ukuran kontroversial dijunjung tinggi oleh Mahkamah Agung pada Juli 2013.

Pada Februari 2015, Mahkamah Agung Rusia juga memutuskan untuk menegakkan larangan hijab di sekolah-sekolah di Republik Mordovia.

4. Italia

Di wilayah timur laut Lombardy, para pejabat memberlakukan larangan memasuki gedung-gedung publik dan rumah sakit dengan wajah tertutup, yang mencakup burqa dan niqab, pada bulan Desember 2015.

5. Swiss

Di wilayah selatan Ticino yang berbahasa Italia, cadar penuh dilarang pada 2016; pelanggar dapat didenda hingga 9.200 euro.

Pada bulan Juni 2018, kampanye untuk pemungutan suara mengusulkan larangan nasional tentang penutup wajah di depan umum mengumpulkan 100.000 suara, mendorong referendum yang mengikat yang diharapkan akhir tahun ini di bawah sistem demokrasi langsung Swiss.

6. Bulgaria

Parlemen Bulgaria melarang kerudung wajah di depan umum pada Oktober 2016. Orang-orang yang melanggar larangan ini menghadapi denda 1.500 lev (Rp 16,1 juta).

7. Jerman

Pada 2017, parlemen Jerman menyetujui pelarangan cadar, termasuk niqab dan burqa, bagi perempuan yang bekerja di layanan sipil, peradilan, dan militer. Hal ini diikuti oleh pelarangan kerudung wajah penuh di sekolah-sekolah, tempat pemungutan suara, universitas, dan kantor-kantor pemerintah, dihasut oleh negara bagian selatan Bavaria.

Guru Jerman juga dilarang mengenakan jilbab di delapan dari 16 negara bagian Jerman. Pada 2015, pengadilan konstitusional menampik larangan mengenakan jilbab bagi para guru di sekolah umum.

BACA JUGA  Soal #JanganSuriahkanIndonesia, UBN: Jangan Berlebihan

8. Austria

“Tindakan anti-wajah-jilbab” mulai berlaku pada bulan Oktober 2017, yang melarang kerudung dengan wajah penuh, termasuk niqab dan burqa, di tempat-tempat umum. Pelanggaran dapat dihukum dengan denda hingga 150 euro. Mayoritas peringatan dikeluarkan terhadap orang-orang yang menutupi wajah mereka dengan syal, masker dan kostum binatang.

9. Belanda

Pada Juni 2018, Dewan Tinggi Atas Belanda mengesahkan undang-undang yang melarang peliputan wajah, termasuk burqa dan niqab, di ruang-ruang publik seperti sekolah, rumah sakit, transportasi umum dan gedung-gedung pemerintah.

10. Norwegia

Pada bulan Juni 2018, parlemen Norwegia memilih untuk melarang burqa di sekolah, pembibitan dan universitas.

Sumber: Middle East Eye
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pendiri PKS Yusuf Supendi Meninggal Dunia

Pendiri Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menjadi Caleg PDI-P, Yusuf Supendi meninggal dunia.

Jum'at, 03/08/2018 11:08 0

Video Kajian

Hati-hati! Poligami, Tapi Salah Motivasi

Hati-hati! Poligami, Tapi Salah Motivasi. Saudara ingin menikah lagi? Menikahi janda atau perawan? Alasanmu ingin menegakkan sunnah, menolong janda?

Jum'at, 03/08/2018 10:55 0

Video News

Haikal Hassan: 2019 Ganti Presiden! Ini Kriteria Menurutnya

KIBLAT.NET – Haikal Hassan: 2019 Ganti Presiden! Ini Kriteria Menurutnya. Haikal Hasan, Wasekjen MIUMI, antusias...

Jum'at, 03/08/2018 09:37 0

Indonesia

Daftar Tokoh Islam yang Dihadang di Bandara

Fenomena penghadangan tokoh dan ulama Indonesia di bandara sudah berulang kali terjadi.

Kamis, 02/08/2018 19:45 0

Indonesia

Gempa Landa Lombok, FKAM Terjunkan Relawan dan Buka Help Center

Gempa Landa Lombok, FKAM Terjunkan Relawan dan Buka Help Center

Kamis, 02/08/2018 19:23 0

Indonesia

Bekas Pengacara Ahok Jadi Plt Ketua Umum PPP Muktamar Jakarta

Partai Persatuan Pembangunan atau PPP kubu Djan Faridz mengumumkan soal pengunduran diri Djan Faridz sebagai ketua umum.

Kamis, 02/08/2018 19:13 0

Indonesia

Pemerintah Jamin Tak Ada Kenaikan BBM Bersubsidi Hingga 2019

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Negara, Suminto menyatakan Pemerintah akan tetap menjaga daya beli masyarakat melalui kebijakan subsidi harga.

Kamis, 02/08/2018 12:53 0

Indonesia

Kasus Arya Wedakarna Berlanjut, Polisi Minta Kesaksian Anggota DPD

Kasus persekusi Ustadz Abdul Somad yang menyeret anggota DPD Dapil Bali, Arya Wedakarna masih bergulir

Kamis, 02/08/2018 11:59 0

Editorial

Menghadang Kekuatan Hitam

Umat Islam dan siapapun yang seide dengan GNPF Ulama tidak tinggal sendirian di negeri ini. Ada roh-roh jahat yang sudah kadung bercokol lama mendominasi kehidupan negeri ini.

Kamis, 02/08/2018 10:24 0

Indonesia

Kapitra Keberatan Ustadz Abdul Somad Bersanding dengan Prabowo

KIBLAT.NET, Jakarta- Mantan pengacara Habib Rizieq Shihab, Kapitra Ampera tak setuju dengan rekomendasi Ijtima’ Ulama...

Rabu, 01/08/2018 19:15 0

Close