... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pemerintah Jamin Tak Ada Kenaikan BBM Bersubsidi Hingga 2019

Foto: Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Negara, Suminto

KIBLAT.NET, Jakarta – Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Negara, Suminto menyatakan Pemerintah akan tetap menjaga daya beli masyarakat melalui kebijakan subsidi harga. Sehingga takkan ada kenaikkan harga BBM bersubsidi hingga tahun 2019.

“Sejak 2016 kita tak pernah menaikkan harga BBM bersubsidi (minyak tanah, solar, dan BBM penugasan alias bensin premium) dan kita berkomitmen hal ini akan berlangsung hingga 2019,” katanya dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema “Menjaga Ketersediaan Migas” di Auditorium Adhiyana Wisma Antara, Jakarta, Rabu (01/08/2018).

Suminto mengungkapkan bahwa Pemerintah telah beralih dari negara eksportir menjadi negara importir minyak. Sehingga beban anggaran ketersediaan minyak cukup berat. Sementara produksi minyak domestik menurun dalam 2 dekade terakhir, dan permintaan energi selalu meningkat.

“Impor minyak sangat dibutuhkan untuk menutup permintaan yang menyebabkan Indonesia menjadi negara pengimpor minyak sejak 2003,” katanya.

“Besarnya alokasi subsidi energi menyebabkan ruang fiskal terbatas dan APBN menjadi rentan terhadap perubahan kondisi perekonomian. Semua ini terpengaruhi oleh naiknya harga minyak dunia dan anjloknya nilai tukar rupiah,” tutur Suminto.

Lebih jauh, Suminto mengatakan Pemerintah sedang berupaya menjaga kesehatan keuangan Pertamina. Yaitu dengan berbagi beban antara Pemerintah, Pertamina, dan masyarakat. Tercatat belanja subsidi energi negara mencapai 10-26% dari total belanja negara (3% dari PDB).

“Jadi bagaimana beban itu dibebankan bersama antara BUMN (Pertamina), APBN (Pemerintah) dan masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA  Raker Dengan Kemenag, DPR Singgung Disertasi Seks Pranikah

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Editorial

Menghadang Kekuatan Hitam

Umat Islam dan siapapun yang seide dengan GNPF Ulama tidak tinggal sendirian di negeri ini. Ada roh-roh jahat yang sudah kadung bercokol lama mendominasi kehidupan negeri ini.

Kamis, 02/08/2018 10:24 0

Eropa

Jerman Ungkap Kelompok Neo-Nazi, Sudah Miliki Ribuan Daftar Target

KIBLAT.NET, Berlin – Kelompok-kelompok ekstremis sayap kanan di Jerman dilaporkan sudah membuat sejumlah “daftar musuh”...

Kamis, 02/08/2018 09:41 0

Afghanistan

Terdesak Serangan Taliban, Ratusan Anggota ISIS Menyerah ke Pemerintah

“Dengan demikian fitnah ISIS di Suriah utara berhasil ditumpas sepenuhnya dan menyelamatkan orang-orang dari kejahatan mereka,” kata Mujahid.

Kamis, 02/08/2018 09:04 0

Eropa

Ratusan Warga Denmark Turun ke Jalan Protes Larangan Cadar

Demonstrasi itu diikuti wanita Muslim yang tidak mengenakan niqab, serta perempuan Denmark non-Muslim yang mengenakan niqab. Tidak ada insiden selama aksi.

Kamis, 02/08/2018 08:13 0

Palestina

Tak Mampu Hadapi Pejuang, Israel Hentikan Kiriman BBM ke Gaza

Penghentian ini sebagai balas dendam bagi pejuang yang meluncurkan balon dan layang-layang api, yang telah membakar ladang di Israel.

Kamis, 02/08/2018 07:42 0

Malaysia

Malaysia Desak Israel Bebaskan Warganya yang Terlibat Misi Kapal Kemanusiaan Gaza

Malaysia Desak Israel Bebaskan Warganya yang Terlibat Misi Kapal Kemanusiaan Gaza

Rabu, 01/08/2018 18:13 0

Suara Pembaca

Pengungsian Rohingya Didera Hujan, PKPU Human Initiative Kembali Kirim Bantuan

Hingga hari ini tercatat telah terjadi 463 insiden di kawasan kamp pengungsian yang dihuni oleh sekitar  919,000 pengungsi Rohingya, dimana sekitar 246,600 pengungsi berada di lokasi rawan bencana.

Rabu, 01/08/2018 13:22 0

Afrika

Investigasi Tentara Bayaran Kremlin di Afrika, Tiga Jurnalis Rusia Tewas

"Menurut sopir, ketika mereka berada 23 kilometer dari Sibut, orang-orang bersenjata keluar dari semak dan menembak mobil. Ketiga wartawan itu tewas seketika, “ ujarnya

Rabu, 01/08/2018 12:57 0

Suriah

Di Bawah Tekanan Turki, Faksi-faksi di Idlib Bahas Marger

“Pembicaraan belum selesai hari ini. Semua pihak tengah mengkaji kemungkinan marger,” kata juru bicara Jabhah Wathaniyah Lit Tahrir, Naji Al-Mustafa, Selasa.

Rabu, 01/08/2018 08:47 0

Philipina

Bom Meledak di Pos Pemeriksaan Militer Filipina, Enam Tentara Tewas

"Kami tidak tahu apa targetnya, tetapi pemboman itu terjadi sebelum waktu yang direncanakan," kata Kolonel Mun Almodovar, komandan unit pengintai di daerah itu kepada ANC TV, seperti dilansir Al-Jazeera.

Rabu, 01/08/2018 07:54 0

Close