... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gempa Landa Lombok, FKAM Terjunkan Relawan dan Buka Help Center

Foto: Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM)

KIBLAT.NET, Solo – Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) bergerak cepat merespon gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan mengirimkan bantuan logistik, relawan, dan mendirikan pusat bantuan (help center).

Gempa dahsyat berkekuatan 6.4 SR mengguncang Lombok Timur pada Ahad 29 Juli 2018. Jumlah korban jiwa yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencapai 16 orang, 355 warga menderita luka-luka, dan lebih dari 5000 rumah rusak.

Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) yang selama ini kerap terlibat dalam misi kemanusiaan di tanah air segera merespon kejadian di Lombok. FKAM bekerjasama dengan Forum Zakat (FOZ) menyalurkan bantuan logistik dan relawan untuk membantu korban gempa.

“Alhamdulillah SAR FKAM sudah di lokasi sejak tanggal 30/07/2018 untuk melakukan assesment dan kaji cepat dampak bencana dan sudah ber-BKO dengan Posko Komando di Sembalun,” kata Ketua Pusat FKAM Rahmat Wahyudi saat ditemui di Kantor FKAM Joglo, Pabelan, Surakarta pada (2/8/18).

Rahman menerangkan pihaknya juga telah membuka Posko Relawan serta bantuan kemanusian yang beralamatkan di Jalan Raya Sembalum, Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Menurutnya, yang menjadi kendala relawan FKAM saat ini adalah keterbatasan pakaian dan selimut bagi para korban gempa. Sementara harga-harga kebutuhan tersebut di sekitar lokasi bencana melonjak drastis dibanding biasanya. Kini, kebutuhan selimut dan pakaian tengah dibawa tiga relawan FKAM yang tengah dalam perjalanan menuju Lombok Timur.

BACA JUGA  Hong Kong Memanas, Kementerian Luar Negeri RI Pastikan WNI Aman

FKAM mencatat saat ini di lapangan juga dihadapkan pada keterbatasan personel kebencanaan. Sebanyak 503 orang yang diterjunkan di dua kecamatan berbeda, yaitu 372 personel di Kecamatan Sambelia dan 131 personil Kecamatan Sembalun.

Rahmat juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi membantu korban yang tengah membutuhkan. Menurutnya, bantuan materi bisa disalurkan melalui pihak mana pun, karena yang terpenting bantuan bisa sampai di LOmbok Timur dan memberi manfaat kepada korban gempa.

“Bagaimanapun ini adalah bencana yang kebetulan tengah menimpa saudara kita dan sangat membutuhkan kepedulian kita, jadi kami berharap apapun yang kita bisa perbantukan kepada mereka baik itu tenaga, waktu mungkin juga bantuan berupa materi dana itu sangat-sangat diharapkan oleh mereka yang tengah membutuhkan bisa disalurkan ke manapun,” ujarnya.

Reporter: Reno Aldi
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Cegah Serangan Assad, Turki Hapus Al-Qaidah dan ISIS dari Idlib

Turki meminta kelompok-kelompok yang didukungnya di Idlib untuk menghapus pos pemeriksaan terbesar HTS di jalan utama antara Aleppo dan Damaskus.

Kamis, 02/08/2018 15:01 0

Suriah

Jaga Eksistensi Israel, Pasukan Iran Mundur dari Golan

Pasukan Iran yang ditempatkan di wilayah Suriah -terutama di Dataran Tinggi Golan- mundur dengan senjata berat mereka hingga jarak sejauh 85 km.

Kamis, 02/08/2018 14:19 0

Editorial

Menghadang Kekuatan Hitam

Umat Islam dan siapapun yang seide dengan GNPF Ulama tidak tinggal sendirian di negeri ini. Ada roh-roh jahat yang sudah kadung bercokol lama mendominasi kehidupan negeri ini.

Kamis, 02/08/2018 10:24 0

Eropa

Jerman Ungkap Kelompok Neo-Nazi, Sudah Miliki Ribuan Daftar Target

KIBLAT.NET, Berlin – Kelompok-kelompok ekstremis sayap kanan di Jerman dilaporkan sudah membuat sejumlah “daftar musuh”...

Kamis, 02/08/2018 09:41 0

Afghanistan

Terdesak Serangan Taliban, Ratusan Anggota ISIS Menyerah ke Pemerintah

“Dengan demikian fitnah ISIS di Suriah utara berhasil ditumpas sepenuhnya dan menyelamatkan orang-orang dari kejahatan mereka,” kata Mujahid.

Kamis, 02/08/2018 09:04 0

Eropa

Ratusan Warga Denmark Turun ke Jalan Protes Larangan Cadar

Demonstrasi itu diikuti wanita Muslim yang tidak mengenakan niqab, serta perempuan Denmark non-Muslim yang mengenakan niqab. Tidak ada insiden selama aksi.

Kamis, 02/08/2018 08:13 0

Palestina

Tak Mampu Hadapi Pejuang, Israel Hentikan Kiriman BBM ke Gaza

Penghentian ini sebagai balas dendam bagi pejuang yang meluncurkan balon dan layang-layang api, yang telah membakar ladang di Israel.

Kamis, 02/08/2018 07:42 0

Malaysia

Malaysia Desak Israel Bebaskan Warganya yang Terlibat Misi Kapal Kemanusiaan Gaza

Malaysia Desak Israel Bebaskan Warganya yang Terlibat Misi Kapal Kemanusiaan Gaza

Rabu, 01/08/2018 18:13 0

Suara Pembaca

Pengungsian Rohingya Didera Hujan, PKPU Human Initiative Kembali Kirim Bantuan

Hingga hari ini tercatat telah terjadi 463 insiden di kawasan kamp pengungsian yang dihuni oleh sekitar  919,000 pengungsi Rohingya, dimana sekitar 246,600 pengungsi berada di lokasi rawan bencana.

Rabu, 01/08/2018 13:22 0

Afrika

Investigasi Tentara Bayaran Kremlin di Afrika, Tiga Jurnalis Rusia Tewas

"Menurut sopir, ketika mereka berada 23 kilometer dari Sibut, orang-orang bersenjata keluar dari semak dan menembak mobil. Ketiga wartawan itu tewas seketika, “ ujarnya

Rabu, 01/08/2018 12:57 0

Close