... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Soal Kemunculan JAD, Abdurrahim Ba’asyir Ingatkan Kasus Komando Jihad

Foto: Abdurrahim Baasyir

KIBLAT.NET, Solo – Organisasi Jamaah Ansharud Daulah (JAD) melalui putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan resmi dianggap sebagai organisasi terlarang.

Terkait keberadaan organisasi tersebut, juru bicara Jamaah Ansharusy Syariah (JAS) mengaku masih ragu. Ia menyatakan bahwa keberadaan JAD tidak jelas.

“Saya baru tahu setelah denger-denger dari media, apakah benar ada ataupun tidak, saya tidak tau. JAD itu kan tidak jelas, itukan narasi dari pemerintah semua, dari aparat semua. Jadi wujudnya wallahu a’lam, bener ada atau nggak, atau klaim-klaiman saja,” kata Abdurrahim Ba’asyir saat dihubungi Kiblat.net, Selasa (31/07/2018).

Putra bungsu ustadz Abu Bakar Ba’asyir itu kemudian mengimbau kepada umat Islam untuk berhati-hati. Ia mengingatkan bahwa dahulu pernah ada organisasi Komando Jihad yang juga tidak jelas keberadaannya.

“Kita harus hati-hati karena dulu kayak kasus zaman dulu, zaman Soeharto itu ada istilah Komando Jihad. Komando Jihad itu, saya sudah bertanya langsung dengan orang orang yang dituding dengan Komando Jihad kemudian dipenjara sekian tahun, mereka mengatakan tidak pernah ada ceritanya Komando Jihad,” ungkapnya.

Abdurrahim mengutip pernyataan salah seorang yang dituduh sebagai petinggi Komando Jihad, Timsar Zubil yang menyatakan bahwa dirinya disuruh menandatangani kertas kosong sebagai pengakuan keberadaan Komando Jihad. Ia menilai keberadaan JAD mirip dengan Komando Jihad.

“Ada yang dipaksa untuk mengaku pada suatu argumen. Intinya saya terus-terang sampai sekarang belum percaya ada istilah JAD, karena narasi seperti itu, narasi sepihak. Kalau memang benar ada, mereka harus sampaikan siapa kepemimpinannya, kelembagaaanya seperti apa, kemudian wujudnya bagaimana, itu kan harus dibuktikan secara jelas. Pengakuan dari mereka, pengakuan sepihak juga kan gak bisa,” jelasnya.

BACA JUGA  Mengapa Materi Perang dalam Kurikulum Sejarah Itu Penting?

“Saya kok agak sangsi dengan wujudnya JAD atau JAK atau apa pun namanya itu. Terus terang saya sangsi dengan wujudnya,” imbuhnya.

Terkait nama Zainal Anshori yang disebut-sebut sebagai pemimpin JAD, Abdurrahim menilai bahwa itu hanya tuduhan pemerintah, sehingga harus diklarifikasi.

“Sekarang kan jamannya gini, nuding satu orang misal, kamu anggota kelompok narkoba A, padahal kelompok itu nggak pernah ada. Karena kamu dipenjara kamu gak bisa bicara, ya sudah. Di penjara kan sistemnya seperti itu,” ungkapnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Investigasi Tentara Bayaran Kremlin di Afrika, Tiga Jurnalis Rusia Tewas

"Menurut sopir, ketika mereka berada 23 kilometer dari Sibut, orang-orang bersenjata keluar dari semak dan menembak mobil. Ketiga wartawan itu tewas seketika, “ ujarnya

Rabu, 01/08/2018 12:57 0

Suriah

Di Bawah Tekanan Turki, Faksi-faksi di Idlib Bahas Marger

“Pembicaraan belum selesai hari ini. Semua pihak tengah mengkaji kemungkinan marger,” kata juru bicara Jabhah Wathaniyah Lit Tahrir, Naji Al-Mustafa, Selasa.

Rabu, 01/08/2018 08:47 0

Philipina

Bom Meledak di Pos Pemeriksaan Militer Filipina, Enam Tentara Tewas

"Kami tidak tahu apa targetnya, tetapi pemboman itu terjadi sebelum waktu yang direncanakan," kata Kolonel Mun Almodovar, komandan unit pengintai di daerah itu kepada ANC TV, seperti dilansir Al-Jazeera.

Rabu, 01/08/2018 07:54 0

Rusia

Gagal Bertemu di Washington, Putin Undang Trump ke Moskow

Trump pun mengumumkan undangan diundur hingga tahun depan. Tetapi bukan berarti bahwa pertemuan puncak Trump-Putin edisi ke-2 tidak akan terjadi sebelum itu.

Rabu, 01/08/2018 06:44 0

Video News

KH Tengku Zulkarnain: Yang Begini Ini Bikin Muak!

KH. Tengku Zulkarnain: Yang Begini Ini Bikin Muak! Labelisasi terhadap umat Islam ngawur. "Yang begini ini bikin muak!" kata dia. Simak!

Selasa, 31/07/2018 16:56 0

Video News

Bilakah Izzah Ulama Sirna?

KIBLAT.NET – Bilakah Izzah Ulama Sirna? Dr. Tiar Anwar Bachtiar menjelaskan bahwa ulama memperjuangkan value,...

Selasa, 31/07/2018 16:40 0

Video Kajian

Kiblat Review: Indonesia Merdeka Karena Paham Radikal

Kiblat Review: Indonesia Merdeka Karena Paham Radikal. Namun fenomena saat ini, paham radikal ini mengarah kepada umat Islam, dan berkonotasi negatif, mengapa?

Selasa, 31/07/2018 15:10 0

Suriah

Rekomendasi Pra-Astana 10: Rezim Suriah dan Oposisi Saling Bebaskan Tahanan

Pejabat Turki, Rusia dan Iran menyetujui pembebasan bersama tahanan Suriah dari pihak rezim dan oposisi. Kesepakatan ini dibentuk menjelang pertemuan Astana ke-10 di Kazakhstan pada Selasa (31/07/2018).

Selasa, 31/07/2018 15:02 0

Arab Saudi

Saudi Tangkap Syaikh Abdul Aziz Al-Fauzan

Akun Twitter Muktaqily Ra’yi kembali mengabarkan penangkapkan ulama oleh pemerintah Saudi. Kali ini, Syaikh Abdul Aziz Al-Fauzan ditahan. Diduga penangkapan itu terkait statusnya di media social yang mengkritik Kerajaan Saudi.

Selasa, 31/07/2018 15:01 0

Asia

Kewarganegaraan Tak Diakui, Jutaan Muslim di India Terancam Dideportasi

India berdalih proses itu diperlukan untuk mengidentifikasi imigran gelap Bangladesh. Namun keputusan itu memicu kekhawatiran deportasi massal kaum Muslim minoritas di dalamnya.

Selasa, 31/07/2018 12:30 0

Close