... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rekomendasi Pra-Astana 10: Rezim Suriah dan Oposisi Saling Bebaskan Tahanan

Foto: Pembicaraan damai untuk Suriah di Rixos President Hotel, Astana, Senin (23/1). [Foto: AFP]

KIBLAT.NET, Sochi – Pejabat Turki, Rusia dan Iran menyetujui pembebasan bersama tahanan Suriah dari pihak rezim dan oposisi. Kesepakatan ini dibentuk menjelang pertemuan Astana ke-10 di Kazakhstan pada Selasa (31/07/2018).

Laporan Daily Sabah yang mengutip para peserta perundingan itu tidak merinci lebih lanjut terkait jumlah tahanan yang akan dibebaskan atau dari daerah mana.

Perundingan Astana digelar untuk mengatasi situasi terbaru di zona de-eskalasi di Idlib, Suriah, kembalinya pengungsi, pembebasan tahanan dan pembentukan komite yang akan menulis ulang konstitusi Suriah.

Selama pertemuan Astana ke-9 yang diadakan 14-15 Mei lalu, semua pihak setuju untuk mempertahankan zona de-eskalasi dan rezim gencatan senjata. Namun, pasukan Assad dan sekutu mereka menguasai zona de-eskalasi di wilayah Homs, Daraa, dan Quintieri setelah melakukan serangan masif.

Pekan lalu, rezim Suriah mulai membangun militer di barat daya Idlib untuk menyerang wilayah pegunungan Turkmen di barat laut Suriah, yang terletak di dalam zona de-eskalasi.

Idlib akan menjadi bahasan utama selama pertemuan Astana, karena delegasi Turki diperkirakan akan menekankan pentingnya menjaga gencatan senjata di wilayah tersebut.

Secara terpisah, Rusia selama pertemuan tersebut diharapkan untuk pertama kalinya memunculkan isu kembalinya pengungsi dan orang-orang yang terlantar.

Para pejabat Rusia baru-baru ini mengunjungi Turki, Yordania, dan Lebanon, yang menjadi tuan rumah bagi mayoritas pengungsi Suriah.

BACA JUGA  Pejuang Suriah Dilaporkan Mundur dari Khan Sheikhoun, Idlib

Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura juga diharapkan bertemu dengan pejabat Turki, Rusia, dan Iran mengenai pembentukan komite konstitusi. Rezim dan oposisi masing-masing telah menyerahkan de Mistura daftar 50 kandidat untuk mewakili mereka di komite.

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Persekusi Terhadap Neno Warisman Melanggar Enam Aturan

Peraturan pertama yang dilanggar adalah UU Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia

Selasa, 31/07/2018 13:33 0

Indonesia

Neno Dihadang di Bandara, Pengamat: Polisi Lemah Awasi Objek Vital

Jaka menegaskan bahwa hukum harus ditegakkan kepada para pengadang aktivis "2019 Ganti Presiden" itu. Bahkan, ia mendorong agar penegak hukum setempat harus diberi sanksi.

Selasa, 31/07/2018 13:27 0

Profil

Kemulian dan Keutamaan Ummul Mukminin Aisyah

Imam Masruq bin Abdurrahman Al-Hamdani Al-Kufi seorang tabi'in mulia saat menyampaikan hadits dari Aisyah selalu mengatakan,"Ash-Shiddiqah binti Ash-Shiddiq, kekasihnya kekasih Allah,wanita yang dibebaskan (dari tuduhan keji yang dialamatkan padanya) tertera didalam kitab Allah, bercerita kepadaku."

Selasa, 31/07/2018 04:30 0

Indonesia

Kunjungi Markas Angkatan Bersenjata Australia, Panglima TNI Bicarakan Isu Laut Cina Selatan

Kunajungi Markas Angkatan Bersenjata Australia, Panglima TNI Bicarakan Isu Laut Cina Selatan

Senin, 30/07/2018 18:58 0

Kolom

Akrobat Kutu Loncat dalam Sirkus Demokrasi

Fenomena kutu loncat sebenarnya bukan hal baru. Terlebih dalam sirkus politik Indonesia saat ini. Please, call me cebong. Hari ini saya menjadi cebong. Silahkan panggil saya cebong," demikian Kapitra Ampera mendeklarasikan pilihan politiknya untuk hinggap di PDIP baru-baru ini.

Senin, 30/07/2018 15:39 0

Indonesia

500 Orang Masih Terjebak di Gunung Rinjani Pasca Gempa Lombok

Gempa berkekuatan 6,4 SR melanda wilayah Lombok pada Ahad (29/07/2018) dan diikuti oleh sejumlah gempa susulan. Gempa mengakibatkan tanah longsor, sehingga pendaki tidak dapat segera turun.

Senin, 30/07/2018 13:50 0

Video News

Wawancara Khusus dengan Ketua Panitia Ijtima Ulama

KIBlAT.NET – Wawancara Khusus dengan Ketua Panitia Ijtima Ulama. Di sela-sela Ijtima’ Ulama dan Tokoh...

Senin, 30/07/2018 12:44 0

Editorial

Editorial: Menyikapi Hasil Ijtima GNPF Ulama

Usai sudah Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional yang digelar GNPF Ulama di Jakarta, 27-29 Juli 2018. Pertemuan ini, salah satunya, menghasilkan rekomendasi nama Capres dan Cawapres yang hendak bertarung pada arena Pilpres 2019 esok.

Senin, 30/07/2018 12:40 1

Indonesia

Syam Organizer Berdayakan Penduduk Suriah melalui Program Produktif

Lembaga kemanusiaan Syam Organizer (SO) merancang suatu program pemberdayaan penduduk Suriah.

Ahad, 29/07/2018 19:52 0

Indonesia

Ingin Fokus Dakwah, Ustadz Abdul Somad Enggan Jadi Cawapres Prabowo

Ustadz Abdul Somad menyambut positif hasil ijtima ulama yang merekomendasikan ia dan Habib Salim Segaf Al-Jufri menjadi cawapres Prabowo. Namun, dirinya menolak untuk menjadi cawapres.

Ahad, 29/07/2018 15:30 0

Close