... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kunjungi Markas Angkatan Bersenjata Australia, Panglima TNI Bicarakan Isu Laut Cina Selatan

Foto: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin sidang Australia-Indonesia High Level Committee (Ausindo HLC) ke-6 tahun 2018

KIBLAT.NET, Australia – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin sidang Australia-Indonesia High Level Committee (Ausindo HLC) ke-6 tahun 2018 bersama Chief of Defence Forces (CDF) Australia General Angus Campbell, di markas Northern Command, Larrakeyah, Australia, Jumat (27/7/2018).

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto selaku ketua delegasi Indonesia, mengucapkan selamat kepada General Angus Campbell atas pelantikan sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Australia yang baru.

Panglima TNI juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada seluruh delegasi Indonesia untuk mengunjungi fasilitas militer US Marine Rotation force Darwin dan Royal Australian Air Force (RAAF) Darwin, seperti diungkap dalam rilis Puspen TNI. Menurutnya, kunjungan itu dapat memberikan tambahan wawasan bagi delegasi Indonesia.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, perkembangan hubungan dan kerjasama kedua negara di bidang pertahanan dan angkatan bersenjata telah menunjukkan kemajuan yang signifikan. “Interaksi kegiatan tersebut meliputi dialog dan konsultasi bilateral tentang berbagai isu keamanan strategis yang menjadi perhatian bersama, pertukaran informasi terkait kelembagaan dan masalah pertahanan termasuk kerjasama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujarnya.

Selanjutnya Panglima TNI menyampaikan bahwa terkait perkembangan lingkungan strategis pada tataran regional dan global perlu diwaspadai tantangan yang menjadi perhatian kedua angkatan bersenjata. “Isu Laut China Selatan dan ancaman terorisme merupakan isu strategis yang perlu tetap diperhatikan bersama,” ucapnya.

BACA JUGA  PKS: Menghapus Ketentuan Label Halal Produk Impor, Permendag 29 Tahun 2019 Harus Dibatalkan

Dihadapan para peserta sidang, Panglima TNI menuturkan bahwa telah terjadi peningkatan kerjasama antara kedua Angkatan Bersenjata pada bidang pertukaran personel, pendidikan dan pelatihan. “Hal tersebut ditandai dengan pertukaran Perwira dari kedua Angkatan Bersenjata dalam rangka mengikuti pendidikan militer setingkat Lemhanas dan Sesko Matra serta pendidikan-pendidikan lainnya,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Marsekal TNI Hadi Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa proses pengiriman hibah pesawat terbang C-130 Hercules tipe H sampai saat ini berjalan dengan lancar. “Kedatangan pesawat terbang C-130 type H di Indonesia telah sangat membantu tugas-tugas TNI dalam melaksanakan berbagai macam misi operasi maupun latihan,” ujarnya.

Diakhir sambutannya Panglima TNI mengatakan bahwa melalui forum sidang ke-6 Ausindo HLC para peserta sidang dapat mengevaluasi dan membahas langkah-langkah kerja sama yang lebih produktif. Dengan demikian akan dapat menghasilkan kesepakatan yang komprehensif dan strategis dalam rangka menjawab segala tantangan yang dihadapi bersama.

“Upaya yang dilakukan hari ini akan bermanfaat bagi peningkatan kapasitas kedua angkatan bersenjata, peningkatan keamanan perbatasan kedua negara serta kawasan sekitar dan dapat mempererat hubungan baik kedua negara,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama CDF Australia General Angus Campbell mengucapkan selamat datang kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beserta delegasi TNI di sidang ke-6 Ausindo HLC.

Menurut General Angus Campbell, hubungan yang kuat antara Indonesia dan Australia semakin penting melihat perkembangan regional Indo-Pasifik. “Kedua negara memiliki kepentingan bersama dalam keamanan dan stabilitas maritim dalam rangka domain pergerakan bebas dari perdagangan dan investasi serta melawan terorisme,” ucapnya.

BACA JUGA  Komentari RKUHP, Komnas HAM: Kejahatan Kemanusiaan Jangan Diecer

Lebih lanjut CDF Australia menyampaikan bahwa forum sidang ke-6 Ausindo HLC merupakan sebuah peluang untuk mendiskusikan bagaimana Indonesia-Australia bisa menjaga kerjasama dalam rangka menghadapi ancaman global dan keamanan yang mempengaruhi kedua negara.

Diakhir sambutannya General Angus Campbell menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panglima TNI dan mengharapkan dapat terus bekerja sama selama tiga tahun kedepan untuk memperdalam kerja sama pertahanan kedua negara.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Kolom

Akrobat Kutu Loncat dalam Sirkus Demokrasi

Fenomena kutu loncat sebenarnya bukan hal baru. Terlebih dalam sirkus politik Indonesia saat ini. Please, call me cebong. Hari ini saya menjadi cebong. Silahkan panggil saya cebong," demikian Kapitra Ampera mendeklarasikan pilihan politiknya untuk hinggap di PDIP baru-baru ini.

Senin, 30/07/2018 15:39 0

Turki

Deklarasi Istanbul Tolak Yahudisasi Baitul Maqdis

Deklarasi Istanbul dicetuskan dalam Konferensi Ulama Internasional Mimbar Al-Aqsha II (27/07/2018) di Istanbul, Turki

Senin, 30/07/2018 15:25 0

Philipina

Meski Ditandatangani Duterte, Proses Penerapan UU Bangsamoro Masih Panjang

Direktur eksekutif Institut Otonomi dan Pemerintahan Benedicto Bacani, mangatakan bahwa UU Otonomi Bangsamoro masih menghadapi tantangan sebelum diterapkan.

Senin, 30/07/2018 15:23 0

Video News

Wawancara Khusus dengan Ketua Panitia Ijtima Ulama

KIBlAT.NET – Wawancara Khusus dengan Ketua Panitia Ijtima Ulama. Di sela-sela Ijtima’ Ulama dan Tokoh...

Senin, 30/07/2018 12:44 0

Editorial

Editorial: Menyikapi Hasil Ijtima GNPF Ulama

Usai sudah Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional yang digelar GNPF Ulama di Jakarta, 27-29 Juli 2018. Pertemuan ini, salah satunya, menghasilkan rekomendasi nama Capres dan Cawapres yang hendak bertarung pada arena Pilpres 2019 esok.

Senin, 30/07/2018 12:40 1

Turki

Pertemuan Internasional Bahas Nasib Idlib Akan Digelar di Turki

Pertemuan yang akan digelar 7 September ini melibatkan Rusia, Jerman, Prancis dan Turki sendiri. Di antara fokus pembahasan masalah Idlib

Senin, 30/07/2018 09:52 0

Philipina

Cina Sumbang Peralatan Tempur ke Filipina

"Ini peralatan baru," katanya kepada wartawan

Senin, 30/07/2018 08:30 0

Afghanistan

Serangan Taliban Sasar Rombongan Perwira Intel di Kabul

Sedikitnya empat perwira intel tewas dalam serangan itu. Operasi itu hanya dilakukan oleh seorang pejuang Taliban

Senin, 30/07/2018 07:27 0

Artikel

Nabi Musa, Ketika Kekuatan Fisik Terbalut dalam Santunnya Akhlak

Lalu Nabi Musa mengambil kainnya dan dipukulnya batu itu.” Abu Hurairah berkata, “Pada batu itu terdapat enam atau tujuh bekas pukulan.” Lalu turunlah ayat

Ahad, 29/07/2018 09:49 0

Amerika

Menhan AS: Kami Tak Berupaya Ubah Rezim Iran atau Meruntuhkannya

Dia menambahkan bahwa kami ingin mereka mengubah perilaku berkaitan dengan sejumlah ancaman yang dibuat tentara, intelijen dan perwakilan mereka.

Ahad, 29/07/2018 09:11 0

Close