... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

500 Orang Masih Terjebak di Gunung Rinjani Pasca Gempa Lombok

Foto: Pendaki di Gunung Rinjani, Lombok, Mataram, NTB.

KIBLAT.NET, Lombok – Upaya penyelamatan masih dilakukan untuk menjangkau 500 lebih pendaki yang terdampar akibat tanah longsor di Gunung Rinjani, Lombok, Mataram sehari setelah gempa bumi dahsyat melanda wilayah itu.

Helikopter dan tim pencari dengan berjalan kaki telah dikerahkan untuk menjelajahi lereng gunung yang masih aktif itu. Smenentara tim penyelamat telah membuat suplai air dan makanan bagi mereka yang terdampar.

Gempa berkekuatan 6,4 SR melanda wilayah Lombok pada Ahad (29/07/2018) dan diikuti oleh sejumlah gempa susulan. Gempa mengakibatkan tanah longsor, sehingga pendaki tidak dapat segera turun.

“Masih ada 560 orang yang terjebak,” kata kepala taman nasional Rinjani Sudiyono.

Mereka yang diyakini terjebak termasuk warga dari Amerika Serikat, Perancis, Belanda, Thailand, dan Jerman, serta banyak negara lain. Setidaknya 16 orang tewas dalam gempa bumi di seluruh wilayah yang terkena dampak Lombok, sementara ratusan bangunan hancur.

Operasi penyelamatan di Gunung Rinjani kemungkinan akan berlangsung hingga setidaknya hari Selasa. Helikopter militer telah menjatuhkan pasokan makanan dan air di beberapa tempat di gunung.

“Untuk persediaan, mereka masih bisa bertahan selama satu hingga dua hari,” kata Agus Hendra Sanjaya, juru bicara lembaga pencarian dan penyelamatan Mataram, kepada AFP. “Tidak ada pendaki yang terluka,” tambahnya.

Dengan ketinggian sekitar 3.726 meter (12.224 kaki) di atas permukaan laut, Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan menjadi destinasi favorit para pendaki. Jalur pendakian di gunung ditutup menyusul gempa karena dikhwatirkan longsor susulan.

BACA JUGA  Fahri Hamzah Minta Presiden Hentikan Pejabat Sok Jago

“Pusat gempa terletak 50 km (30 mil) timur laut dari kota utama Lombok, Mataram,” kata Badan Geologi Amerika Serikat, jauh dari tempat wisata utama di selatan dan barat pulau.

Getaran awal diikuti oleh dua gempa sekunder yang kuat dan lebih dari 100 gempa susulan. “Sekitar 160 orang terluka,” kata Mohammad Rum, kepala BNPB Nusa Tenggara Barat.

“Di antara yang tewas adalah satu orang Malaysia, dan enam cedera,” kata kementerian luar negeri Malaysia.

Indonesia, salah satu negara paling rawan bencana di bumi, dengan dikelilingi ‘Cincin Api’ Pasifik, di mana lempeng tektonik bertabrakan dan sebagian besar letusan gunung berapi dan gempa bumi di dunia terjadi.

Pada tahun 2004, tsunami yang dipicu oleh gempa bumi berkekuatan 9.3 skala Richter di lepas pantai Sumatra di Indonesia bagian barat menewaskan 220.000 orang di negara-negara di sekitar Samudra Hindia, termasuk 168.000 orang di Indonesia.

Sumber: Inquirer
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Wawancara Khusus dengan Ketua Panitia Ijtima Ulama

KIBlAT.NET – Wawancara Khusus dengan Ketua Panitia Ijtima Ulama. Di sela-sela Ijtima’ Ulama dan Tokoh...

Senin, 30/07/2018 12:44 0

Kiblatorial

Editorial: Menyikapi Hasil Ijtima GNPF Ulama

Usai sudah Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional yang digelar GNPF Ulama di Jakarta, 27-29 Juli 2018. Pertemuan ini, salah satunya, menghasilkan rekomendasi nama Capres dan Cawapres yang hendak bertarung pada arena Pilpres 2019 esok.

Senin, 30/07/2018 12:40 1

Turki

Pertemuan Internasional Bahas Nasib Idlib Akan Digelar di Turki

Pertemuan yang akan digelar 7 September ini melibatkan Rusia, Jerman, Prancis dan Turki sendiri. Di antara fokus pembahasan masalah Idlib

Senin, 30/07/2018 09:52 0

Philipina

Cina Sumbang Peralatan Tempur ke Filipina

"Ini peralatan baru," katanya kepada wartawan

Senin, 30/07/2018 08:30 0

Afghanistan

Serangan Taliban Sasar Rombongan Perwira Intel di Kabul

Sedikitnya empat perwira intel tewas dalam serangan itu. Operasi itu hanya dilakukan oleh seorang pejuang Taliban

Senin, 30/07/2018 07:27 0

Artikel

Nabi Musa, Ketika Kekuatan Fisik Terbalut dalam Santunnya Akhlak

Lalu Nabi Musa mengambil kainnya dan dipukulnya batu itu.” Abu Hurairah berkata, “Pada batu itu terdapat enam atau tujuh bekas pukulan.” Lalu turunlah ayat

Ahad, 29/07/2018 09:49 1

Amerika

Menhan AS: Kami Tak Berupaya Ubah Rezim Iran atau Meruntuhkannya

Dia menambahkan bahwa kami ingin mereka mengubah perilaku berkaitan dengan sejumlah ancaman yang dibuat tentara, intelijen dan perwakilan mereka.

Ahad, 29/07/2018 09:11 0

Afghanistan

Taliban dan AS Dikabarkan Gelar Negosiasi Langsung di Doha

Mantan Menteri Keuangan Taliban, Mu’tasim Agha Jan, mengungkapkan delegasi Taliban dan Amerika Serikat tengah menggelar negosiasi langsung di tingkat bawah. Negoisasi ini digelar Qatar.

Ahad, 29/07/2018 07:34 0

Manhaj

Nabi Musa, Keberanian Melawan Firaun dan Kesabaran Menghadapi Bani Israel

Semoga rahmat Allah terlimpahkan kepada Musa, sungguh dia pernah disakiti lebih dari ini, tetapi ia bersabar,”

Ahad, 29/07/2018 07:00 0

Profil

Perjalanan Dakwah Awadh Al-Qarni, Dituduh IM dan Berakhir di Penjara

Maka dari itu syaikh menyangkal adanya organisasi resmi dan ia terlibat didalamnya karena memang tidak ada bukti. Ia pun memperjelas kembali bahwa sebab tidak adanya IM di Saudi adalah karena memang tidak ada kebutuhan untuk mendirikannya bukan karena ketidakbolehan atau larangan untuk membentuknya.

Ahad, 29/07/2018 04:10 0

Close
CLOSE
CLOSE