... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kiai Maksum Bondowoso Hadir ke Ijtima Bersama Infus dan Tabung Oksigen

Foto: Pendiri dan pengasuh pondok pensantren Al Ishlah Bondowoso , KH Muhammad Maksum saat menghadiri Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional, Jumat (27-07-2018)

KIBLAT.NET, Jakarta – Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional menghadirkan banyak ulama dari daerah, salah satunya adalah KH Muhammad Maksum. Pendiri sekaligus pengasuh pondok pensantren Al Ishlah Bondowoso itu memaksakan diri datang ke Jakarta meski dalam kondisi sakit.

KH Muhammad Maksum datang ke arena ijtima di Hotel Menara Peninsula dengan ditopang kursi roda, Jumat (27/07/2018). Sebuah selang terlihat terpasang di hidungnya dan terbuhung dengan sebuah tabung oksigen. Satu selang lainnya mengalirkan cairan putih dari kantoang infus.

Setidaknya, tiga orang selalu mengiringnya dimana pun dia berada. Satu orang bertugas mendorong kursi roda yang menyangga tubuh Kiai Maksum. Dua orang lainnya masing-masing memegangi tabung oksigen dan katong infus yang harus selalu berada lebih tinggi dari pososi tubuh ulama dari wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Sejumlah informasi menyebutkan, pihak medis sebenarnya menyarankan Kiai Maksum untuk menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Namun, karena kuatnya keinginan untuk hadir ke ijtima, dokter yang merawat hanya mengizinkan dia selama empat jam.

Meski kesehatannya menurun, Kiai Maksum sempat mengikuti agenda-agenda penting dalam ijtima. Sebelum acara pembukaan, dia sempat terlibat dalam pertemuan terbatas yang diikuti oleh ketua umum lima partai politik yang diundang panitia Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional.

Saat acara pembukaan, keberadaan Kiai Maksum menyita perhatian setiap orang yang hadir di ruang pertemuan utama Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional. Berada di barisan terdepan, dia duduk di atas kursi roda dan bersanding dengan tiang penyangga infus.

BACA JUGA  Elemen Muda 212 Anggap Tak Perlu Lagi Bentuk Perkumpulan Alumni 212

Saat menyampaikan sambutan, sejumlah tokoh memberikan penghormatan khusus kepada KH Muhammad Maksum. Dalam sapaannya di awal pidato, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan penghormatan khusus kepadanya. “Teristimewa Kiai Maksum Bondowoso yang saya hormati,” ujarnya.

Sementara, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman menyebut kehadiran KH Muhammad Maksum ke ijtima saat kondisi kesehatannya menurun menunjukkan bukti pengorbanan bagi umat dan bangsa. Sikap itu semestinya menjadi teladan bagi siapa saja. “Terima kasih telah memberikan teladan kepada kami,” ungkapnya.

Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional yang diinisiasi oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF) berlangsung pada 27-29 Juli 2018 di Hotel Menara Peninsula. Acara itu diikuti oleh ratusan ulama dan tokoh nasional seluruh Indonesia.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Kiai Maksum Bondowoso Hadir ke Ijtima Bersama Infus dan Tabung Oksigen”

  1. Dan Allah Azza wa Jalla telah memanggil pulang Kyai Maksum ke haribaanNYA. Semoga Allah hadiahkan surga atas pengorbanan Dan kesungguhan beliau dlm berjuang, aamiin

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Manhaj

Polemik Ustadz Hanan Attaki dan Adab Menasehati Dai

Ada yang membully habis-habisan seolah tak ada kebaikan dalam diri beliau. Ada yang membela, ada pula yang mencoba bersikap adil, dengan mengkritik poin kesalahan Ust Hanan Attaki namun tidak mengingkari kebaikan yang ada pada dirinya.

Sabtu, 28/07/2018 18:24 0

Pakistan

Kemenangan Khan Akhiri Dominasi Politik Dinasti di Pakistan

Barangkali perubahan terbesar yang akan dilakukan Khan adalah mengupayakan satu kesepakatan membuka perbatasan dengan negara tetangga, Afghanistan.

Sabtu, 28/07/2018 18:08 0

Amerika

Amerika Ingin Hidupkan Aliansi “NATO Arab” untuk Hadapi Iran

Tidak dijelaskan bentuk perlawanan Aliansi terhadap Iran. Tetapi pemerintahan Trump dan sekutu Muslim Sunni memiliki kepentingan bersama dalam konflik di Yaman dan Suriah.

Sabtu, 28/07/2018 17:26 0

Video News

Prabowo Ngaku Grogi Bicara di Depan Ulama

KIBLAT.NET – Prabowo Ngaku Grogi Bicara di Depan Ulama. Prabowo Subianto mengaku grogi berbicara di...

Sabtu, 28/07/2018 16:46 0

Suriah

Bashar Assad: Target Kami Selanjutnya Menguasai Idlib

"Militer -sesuai pertimbangan mereka - akan memutuskan prioritas dan Idlib adalah salah satu prioritas ini," kata Bashar Assad.

Sabtu, 28/07/2018 13:57 0

Turki

500 Lebih Dai Internasional Hadiri Konferensi untuk Baitul Maqdis di Turki

Konferensi Internasional II Mimbar Al-Aqsha untuk Para Khatib dan Dai resmi dibuka oleh mantan Menteri Urusan Agama Turkey, Dr. Muhammad Qurmuz pada Jumat (27/07/2018).

Sabtu, 28/07/2018 12:04 0

Philipina

Rodrigo Duterte: RUU Otonomi Bangsamoro Telah Ditandatangani

Presiden juga mengatakan dia ingin berbicara dengan pendiri Moro National Liberation Front (MNLF), Nur Misuari, untuk membentuk perjanjian damai yang dapat direalisasikan pada akhir tahun ini.

Sabtu, 28/07/2018 10:58 0

Info Event

Muslimat Hidayatullah Gelar Seminar “Ketahanan Keluarga Menuju Indonesia Beradab”

KIBLAT.NET, Jakarta РPengurus Pusat Muslimat Hidayatullah akan menggelar acara pertemuan akademik bertajuk “Seminar Negeri...

Sabtu, 28/07/2018 10:27 0

News

Anies Baswedan: Ijtima Ulama Akan Jadi Sejarah Baru Indonesia

KIBLAT.NET, Jakarta – Jakarta telah berulang kali menjadi saksi sejarah perjalanan bangsa. Gubernur DKI Jakarta...

Jum'at, 27/07/2018 22:20 0

Arab Saudi

6.616 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Makkah

Sebanyak 16 kloter atau 6.616 jemaah haji Indonesia pada Jumat (27/07/2018) hari ini telah diberangkatkan menuju kota Makkah Al Mukarromah.

Jum'at, 27/07/2018 15:06 0

Close