... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Amerika Ingin Hidupkan Aliansi “NATO Arab” untuk Hadapi Iran

Foto: Presiden Amerika Serikat Donald Trump/ilustrasi

KIBLAT.NET, Washington – Amerika Serikat diam-diam berusaha menciptakan aliansi politik dan keamanan dengan enam negara Teluk Arab, Mesir dan Yordania untuk melawan ekspansi Iran di wilayah tersebut. Demikian menurut laporan Al-Jazeera, Sabtu (28/07/2018).

Gedung Putih ingin melihat kerjasama yang lebih dalam antara negara-negara itu dalam hal pertahanan rudal, pelatihan militer, kontraterorisme, dan isu-isu lain seperti memperkuat hubungan ekonomi dan diplomatik regional.

Aliansi itu disebut-sebut sebagai “NATO Arab”, yang saat ini dikenal sebagai Aliansi Strategis Timur Tengah (MESA). Pembentukan aliansi mungkin akan dibahas pada pertemuan puncak di Washington yang dijadwalkan pada 12-13 Oktober mendatang.

“MESA akan berfungsi sebagai benteng melawan agresi Iran, terorisme, ekstremisme, dan akan membawa stabilitas ke Timur Tengah,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih.

Gagasan serupa pemerintah AS sebelumnya untuk mengembangkan aliansi yang lebih formal dengan sekutu Teluk dan Arab telah gagal di masa lalu. Aliansi akan menekankan peran negara Teluk Arab Saudi dan UAE untuk bekerja sama lebih dekat dengan pemerintahan Trump dalam menghadapi Iran.

Tidak dijelaskan bentuk perlawanan Aliansi terhadap Iran. Tetapi pemerintahan Trump dan sekutu Muslim Sunni memiliki kepentingan bersama dalam konflik di Yaman dan Suriah, serta mempertahankan jalur pelayaran Teluk di mana banyak pasokan minyak dunia diangkut.

Seorang pejabat senior Iran mengatakan, “Dengan dalih mengamankan stabilitas di Timur Tengah, Amerika dan sekutu regional mereka menggerakkan ketegangan di kawasan itu.”

BACA JUGA  Pengadilan AS Vonis Bebas Perwira Marinir yang Bantai Sipil Mosul

Ketegangan AS dengan Iran telah meningkat sejak pengumuman Trump pada bulan Mei untuk menarik diri dari kesepakatan internasional 2015 terkait pembatasan nuklir Teheran.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Prabowo Ngaku Grogi Bicara di Depan Ulama

KIBLAT.NET – Prabowo Ngaku Grogi Bicara di Depan Ulama. Prabowo Subianto mengaku grogi berbicara di...

Sabtu, 28/07/2018 16:46 0

Indonesia

Tommy Sebut Partai Berkarya Ikut Koalisi GNPF Ulama

Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau yang karib disapa Tommy Soeharto mengatakan partainya berkoalisi dengan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama ( GNPF-Ulama) pada Pemilihan Presiden 2019.

Sabtu, 28/07/2018 16:24 0

Indonesia

Ada Tommy di Ijtima GNPF Ulama

Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto tampak menghadiri pertemuan ulama Gerakan Nasional Pengawal Fatwa ( GNPF) di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Jumat (27/7/2018) malam.

Sabtu, 28/07/2018 16:08 0

Info Event

Muslimat Hidayatullah Gelar Seminar “Ketahanan Keluarga Menuju Indonesia Beradab”

KIBLAT.NET, Jakarta РPengurus Pusat Muslimat Hidayatullah akan menggelar acara pertemuan akademik bertajuk “Seminar Negeri...

Sabtu, 28/07/2018 10:27 0

Indonesia

Ijtima Ulama Digelar Bukan Karena Pesanan

"Dengan Ijtima semoga setelah bertemu dengan ulama dan tokoh nasional mereka terbuka hatinya bisa mufakat berkoalisi membentuk koalisi keumatan dan deklarasi," tukasnya.

Jum'at, 27/07/2018 20:20 0

Indonesia

Lima Partai Diundang Ijtima, GNPF: Karena 2019 Ganti Presiden

etua umum lima partai politik akan diberikan kesempatan untuk memaparkan visi dan misinya di hadapan para peserta Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional. Panitia mengundang kelimanya karena ingin ganti presiden.

Jum'at, 27/07/2018 17:22 2

Indonesia

Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional akan Dibuka Nanti Malam

Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional akan digelar di Hotel Peninsula, Slipi, Jakarta pada 27-29 Juli 2018. Acara pembukaan akan digelar nanti malam.

Jum'at, 27/07/2018 16:49 0

Indonesia

Sepeda Gratis Buat yang Bisa Sebutkan Satu Penyerang Novel

Kedatanga Novel di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Jumat (27/07/2018) mendapat sambutan hangat dari ormas Pemuda Muhammadiyah dan mantan Ketua KPK Abraham Samad serta mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.

Jum'at, 27/07/2018 15:59 0

Video Kajian

Empat Nasib Manusia, Anda Masuk yang Mana?

Empat Nasib Manusia, Anda Masuk yang Mana? Apa pun keadaan seseorang, sejatinya tidak akan lepas dari empat golongan berikut ini! Manakah harapan Anda?

Jum'at, 27/07/2018 14:25 0

Indonesia

Pileg dan Pilpres Jadi Momentum untuk Menghukum Partai Korup

"Ketika PDIP berkuasa jadi wajar banyak sekali kesempatan yang menjerumuskan kepada pusaran korupsi, persoalannya bagaimana kita tidak masuk pada pusaran itu. Begitupun faktanya Gerindra yang berkuasa di daerah-daerah pun banyak kadernya yang terjerat," ujar Masinton.

Jum'at, 27/07/2018 14:25 0

Close