... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ijtima Ulama Digelar Bukan Karena Pesanan

Foto: Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional I pada Jum'at (27/07/2018).

KIBLAT.NET, Jakarta – Ratusan ulama dan tokoh nasional menghadiri Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional yang diselenggarakan di Jakarta. Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama selaku penyelenggara menegaskan acara itu digelar bukan karena ada pesanan.

“Penegasan, kita tidak menggiring pada satu calon atau ada pesanan,” kata Yusuf Muhammad Martak selaku ketua penyelenggara di Hotel Menara Peninsula, Slipi, Jakarta, Jumat (27/07/2018)

“Tidak ada keinginan atau arah ke situ,” tegasnya.

Menjelang pelaksanaan Ijtima memang ada kelompok Persaudaraan Alumni 212 yang mendekat ke partai tertentu. Yusuf, yang juga ketua GNPF Ulama menegaskan itu bukan bagian dari panitia.

“Kalau ada yang begitu bukan dilakukan oleh GNPF atau panitia. Tapi oknum pribadi,” tandasnya.

Yusuf menjelaskan Ijtima menjadi ajang pertemuan ulama yang mewakili umat dari berbagai wilayah di Indonesia. Sebelum acara itu, panitia telah melakukan pembicaraan dengan partai-partai yang diharapkan bisa berkoalisi.

Panitia dan GNPF Ulama telah melakukan pembicaraan dengan pemimpin lima partai, yaitu Gerindra, PKS, PAN, PBB, dan Partai Berkarya. Nantinya, mereka akan dihadirkan ke Ijtima untuk menyampaikan visi-misi masing-masing.

“Kami mengharapkan di internal mereka dibicarakan agar terjadi koalisi keumatan dan kebangsaan. Agar bisa menimbulkan satu konklusi juga ditingkatkan menjadi koalisi,” ujar Yusuf.

Dengan Ijtima ini ulama menghendaki agar bisa terlibat dalam penyelesaian masalah di Indonesia. Menurut Yusuf, selama ini ulama hanya dijadikan stempel dalam kepemimpinan negara. Nantinya, jika ulama bisa melahirkan pemimpin nasional, mereka juga siap mengawal dan mengingatkan.

BACA JUGA  Saksi: Kader Muhammadiyah, Jamiatul Khair Tidak Ikut Demo 21-22 Mei

“Dengan Ijtima semoga setelah bertemu dengan ulama dan tokoh nasional mereka terbuka hatinya bisa mufakat berkoalisi membentuk koalisi keumatan dan deklarasi,” tukasnya.

Reporter: Imam S.
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

6.616 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Makkah

Sebanyak 16 kloter atau 6.616 jemaah haji Indonesia pada Jumat (27/07/2018) hari ini telah diberangkatkan menuju kota Makkah Al Mukarromah.

Jum'at, 27/07/2018 15:06 0

Prancis

Media Perancis Ungkap Operasi Mossad untuk Eksekusi Petinggi Hamas

Le Monde pekan ini mengungkapkan rencana yang dibuat jaringan Mossad yang berbasis di Paris dalam membunuh pemimpin Hamas Mahmoud Al-Mabhouh.

Jum'at, 27/07/2018 14:58 0

Video Kajian

Empat Nasib Manusia, Anda Masuk yang Mana?

Empat Nasib Manusia, Anda Masuk yang Mana? Apa pun keadaan seseorang, sejatinya tidak akan lepas dari empat golongan berikut ini! Manakah harapan Anda?

Jum'at, 27/07/2018 14:25 0

Pakistan

Sempat Diwarnai Insiden Bom, Pemilu Pakistan Dimenangkan Imran Khan

Pemberantasan korupsi, kemiskinan, buta huruf dan pengangguran sebagai tantangan utama. Khan berjanji pemerintahannya akan melakukan yang terbaik untuk mengatasi hal itu.

Jum'at, 27/07/2018 14:01 0

Suara Pembaca

Bila Terjadi Gerhana, Apa yang Harus Dilakukan Wanita Haid?

KIBLAT.NET -  Saya seorang wanita, amalan apa yang mesti saya amalkan ketika didirikan shalat gerhana sedangkan saya memiliki udzur syar’I (haid)?

Jum'at, 27/07/2018 10:45 0

Amerika

Panen Kecaman, Trump Tunda Pertemuan Kedua dengan Putin

Sejumlah laporan menyebutkan bahwa penundaan ini dilakukan sebagai respon atas upaya Kongres yang secara intensif menentang agenda atau undangan terhadap Putin.

Jum'at, 27/07/2018 10:39 0

Afrika

Al-Shabab Kuasai Basis Militer Gabungan AS-Somalia-Kenya

Foto hasil pertempuran itu pertama kali di-upload di Radio al-Furqon, situs resmi al-Shabab, sebelum kemudian di-upload ulang ke sejumlah situs lainnya seperti Somali Memo dan Portal Berita Syahadah.

Jum'at, 27/07/2018 10:33 0

Pakistan

Pemimpin TLP: Saya Akan Lenyapkan Belanda Jika Gelar Lomba Kartun Nabi ﷺ

"Jika mereka memberi saya bom atom, saya akan menghapus Belanda dari muka bumi sebelum mereka dapat mengadakan kompetisi karikatur," kata Rizvi sebagaimana laporan Times of India.

Kamis, 26/07/2018 13:07 0

Arab Saudi

Menjelang Wukuf, Tujuh Jemaah Haji Indonesia Meninggal di Tanah Suci

Hingga Kamis (26/07/2018) pihak Kementerian Agama Indonesia menyatakan bahwa jemaah haji Indonesia yang meninggal di Tanah Suci mencapai tujuh orang.

Kamis, 26/07/2018 12:51 0

Philipina

RUU Otonomi Bangsamoro Disahkan, MILF Akan Nonaktifkan 40.000 Pejuang

Al Haj Murad Ebrahim juga mengatakan enam kamp gerilya terbesar di selatan telah diubah menjadi "komunitas sipil produktif" untuk membantu para pejuang kembali ke kehidupan normal.

Kamis, 26/07/2018 11:44 0

Close