Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional akan Dibuka Nanti Malam

KIBLAT.NET, Jakarta – Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional akan dibuka malam ini. Lima orang ketua umum partai akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan di acara pembukaan.

Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional akan digelar di Hotel Peninsula, Slipi, Jakarta pada 27-29 Juli 2018. Acara pembukaan akan digelar nanti malam.

“InsyaaAllah pembukaan akan dilakukan pada pukul 19.30,” kata ketua penyelenggara Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional Yusuf Muhammad Martak, Jumat (27/07/2018).

Yusuf Martak menjelaskan forum Ijtima akan memberikan ruang sebesar-besarnya kepada ulama dan tokoh nasional dalam membahas dan mendiskusikan permasalahan-permasalahan di Indonesia. Pembahasan itu dikelompokkan dalam empat hal, yaitu ekonomi, politik, dakwah, dan kelembagaan.

Menurut ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama itu dalam pembukaan ijtima juga akan menghadirkan ketua umum lima partai politik. Kelima partai itu adalah Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Berkarya.

“Agar mereka bisa memberikan visi dan misinya yg akan didengar yang nantinya menjadi bahan diskusi dalam forum yang disediakan untuk peserta,” terang Yusuf.

Pemaparan yang disampaikan ketua umum lima partai akan dibahas dalam sidang-sidang di tingkat komisi dan pleno. Hasil dari pembahasan itu akan dijadikan konsideran dan tolok ukur dalam membenahi permasalahan di Indonesia.

Yusuf mengatakan ulama selama ini hanya diberikan peran endorsement atau stempel. Sedangkan, tokoh nasional hanya diberi ruang untuk diskusi, tapi tidak diberi peran langsung.

BACA JUGA  Pemerintah Sweeping Pamflet Habib Rizieq di Medsos

Lewat ijtima, ulama akan berperan dalam kehidupan bernegara. “Jadi kita sudah tidak mau lagi jadi endorsement,” tandasnya.

Ijtima diinisiasi oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF). Acara itu akan diikuti oleh ratusan ulama dan tokoh nasional seluruh Indonesia.

Reporter: Imam S.
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat