... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Bila Terjadi Gerhana, Apa yang Harus Dilakukan Wanita Haid?

Foto: Gerhana Bulan (Ilustrasi)

KIBLAT.NET –  Saya seorang wanita, amalan apa yang mesti saya amalkan ketika didirikan shalat gerhana sedangkan saya memiliki udzur syar’I (haid)?

Menjawab pertanyaan ini, Syaikh Muhammad Shalih AL-Munajjid, sebagaimana dikutib dari islamqa.info, menjelaskan bahwa yang disyariatkan bagi seorang muslim ketika terjadinya gerhana—baik bulan maupun matahari—adalah meningkatkan rasa takutnya kepada Allah dengan mengerjakan shalat dan memperbanyak dzikir, doa, memohon ampun, sedekah, dan amal-amal shalih lainnya.

Dari Abu Mas’ud Al-Anshory radhiyallahu ‘anhu beliau berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ يُخَوِّفُ اللَّهُ بِهِمَا عِبَادَهُ ، وَإِنَّهُمَا لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ مِنْ النَّاسِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ مِنْهَا شَيْئًا ، فَصَلُّوا وَادْعُوا اللَّهَ حَتَّى يُكْشَفَ مَا بِكُمْ

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kebesaran Allah yang Dia gunakan untuk menakuti hamba-hambaNya. Sesungguhnya terjadinya gerhana keduanya bukan karena kematian seseorang. Jika engkau melihat gerhana, maka dirikanlah sholat dan berdoalah kepada Allah hingga disingkapkan kembali untuk kalian,” (HR. Bukhari-Muslim)

Dalam riwayat lain, Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu ia berkata, “Ketika terjadi gerhana matahari, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lantas berdiri takut karena khawatir akan terjadinya hari kiamat, sehingga Beliau mendatangi masjid kemudian shalat dengan berdiri, ruku’, dan sujud yang begitu lama. Aku belum pernah melihat Beliau melakukan shalat sedemikian itu.

Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya ini adalah tanda-tanda kekuasaan Allah yang ditunjukkan-Nya, gerhana tersebut tidaklah terjadi karena kematian atau hidupnya seseorang. Tetapi Allah menjadikan yang demikian untuk menakut-nakuti hamba-hamba-Nya. Apabila kalian melihat sebagian dari gerhana tersebut, maka bersegeralah untuk berdzikir, berdo’a dan memohon ampunan kepada Allah ta’ala,” (HR. Bukhori no. 1059, Muslim no. 2156)

Ibnu Bathal rahimahullah berkata, “Sabda Beliau ‘maka bersegeralah untuk berdzikir, berdo’a dan memohon ampunan kepada Allah ta’ala’ menunjukkan bahwa yang datang dari Nabi bukan sekedar anjuran untuk shalat gerhana saja, akan tetapi yang diinginkan dari setiap muslim adalah semua amalan yang mendekatkan diri kepada Allah dengan shalat, do’a, istighfar, dan lainnya”. Sekian penjelasan Beliau dalam kitab “Syarah Shahihul Bukhari Li Ibni Bathal, 3/32”.

Maka dalam hal ini, seorang wanita sama halnya dengan laki-laki karena keumuman nash. Sehingga apa yang disyariatkan kepada kaum laki-laki maka disyariatkan pula untuk kaum wanita, apa yang disyariatkan seperti sholat, do’a, istighfar, sedekah, dan lainnya.

Berikutnya apabila seorang wanita mendapati udzur syar’i sehingga tidak bisa mengerjakan sholat, maka dia bisa mengerjakan amalan lain yang juga disyariatkan saat terjadinya gerhana. Misalnya seperti do’a, sedekah, istighfar, berdzikir dan amalan-amalan lain yang mendekatkan dirinya kepada Allah. Wallahu a’lam!

 

Fakhruddin

Sumber: https://islamqa.info/ar/228904

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Panen Kecaman, Trump Tunda Pertemuan Kedua dengan Putin

Sejumlah laporan menyebutkan bahwa penundaan ini dilakukan sebagai respon atas upaya Kongres yang secara intensif menentang agenda atau undangan terhadap Putin.

Jum'at, 27/07/2018 10:39 0

Afrika

Al-Shabab Kuasai Basis Militer Gabungan AS-Somalia-Kenya

Foto hasil pertempuran itu pertama kali di-upload di Radio al-Furqon, situs resmi al-Shabab, sebelum kemudian di-upload ulang ke sejumlah situs lainnya seperti Somali Memo dan Portal Berita Syahadah.

Jum'at, 27/07/2018 10:33 0

Indonesia

Jemaah Haji yang Meninggal Sebelum Wukuf Akan Dibadalhajikan

Jemaah Haji yang Meninggal Sebelum Wukuf Akan Dibadalhajikan

Kamis, 26/07/2018 20:11 0

Indonesia

MUI Tegaskan Ahmadiyah di Luar Islam

Fatwa MUI tegas menyatakan Ahmadiyah sesat dan menyesatkan

Kamis, 26/07/2018 19:03 0

Indonesia

TNI Kirim Bantuan untuk Suku Korban Bencana Kelaparan di Maluku Tengah

Suku Mause AneMaluku Tengah mengalami musibah kekurangan bahan makanan akibat gagal panen karena tanaman pertaniannya dirusak oleh babi hutan.

Kamis, 26/07/2018 18:35 0

Indonesia

Alasan Indonesia Jadi Tempat Nyaman Para Koruptor Menurut ICW

Dia mengungkapkan korupsi di Indonesia dilakukan berjamaah, dua menteri agama jadi koruptor, koruptor nyaman di penjara, vonis koruptor tidak menjerakan hanya 12 tahun 2 bulan dipenjara dan tidak ada upaya memiskinkan koruptor.

Kamis, 26/07/2018 17:12 0

Indonesia

‘Stop Manipulasi Keikhlasan Umat’

Ketua PP Pemuda Muhammadyah, Dahnil Anzar Simanjuntak berpesan kepada PA 212 untuk tidak memanipulasi keikhlasan umat

Kamis, 26/07/2018 14:52 1

Pakistan

Pemimpin TLP: Saya Akan Lenyapkan Belanda Jika Gelar Lomba Kartun Nabi ﷺ

"Jika mereka memberi saya bom atom, saya akan menghapus Belanda dari muka bumi sebelum mereka dapat mengadakan kompetisi karikatur," kata Rizvi sebagaimana laporan Times of India.

Kamis, 26/07/2018 13:07 0

Arab Saudi

Menjelang Wukuf, Tujuh Jemaah Haji Indonesia Meninggal di Tanah Suci

Hingga Kamis (26/07/2018) pihak Kementerian Agama Indonesia menyatakan bahwa jemaah haji Indonesia yang meninggal di Tanah Suci mencapai tujuh orang.

Kamis, 26/07/2018 12:51 0

Philipina

RUU Otonomi Bangsamoro Disahkan, MILF Akan Nonaktifkan 40.000 Pejuang

Al Haj Murad Ebrahim juga mengatakan enam kamp gerilya terbesar di selatan telah diubah menjadi "komunitas sipil produktif" untuk membantu para pejuang kembali ke kehidupan normal.

Kamis, 26/07/2018 11:44 0

Close