... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Al-Shabab Kuasai Basis Militer Gabungan AS-Somalia-Kenya

Foto: Al-Shabab Somalia.

KIBLAT.NET, Kismayo– Menyusul pertempuran intensif pada hari Senin (23/07) lalu di sebuah markas militer gabungan AS-Somalia-Kenya di selatan Somalia, kelompok jihadis al-Syabaab merilis sejumlah foto yang memperlihatkan pejuang-pejuang mereka sudah berada di dalam kompleks militer tersebut. Foto hasil pertempuran itu pertama kali di-upload di Radio al-Furqon, situs resmi al-Shabab, sebelum kemudian di-upload ulang ke sejumlah situs lainnya seperti Somali Memo dan Portal Berita Syahadah.

Kelompok jihadis cabang al-Qaidah ini memposting sejumlah foto para pejuang yang dengan bebas dan santainya berjalan-jalan di dalam basis militer musuh. Jika dokumentasi foto itu terverifikasi benar, berarti al-Syabaab secara meyakinkan mampu merebut dan menguasai pangkalan militer gabungan 3 negara sebelum melakukan reposisi. Namun para analis melihat jumlah pasukan AS, Somalia, dan Kenya yang berada di pangkalan tidak banyak saat terjadi serangan oleh jihadis al-Shabab.

Dari foto secara jelas menunjukkan sebuah lokasi di Sanguuni. Beberapa pejuang al-Shabab terlihat berfoto di tugu katulistiwa yang menjadi landmark kota itu. Bagian-bagian detil kompleks militer dan tempat-tempat di sekitarnya sesuai dengan foto sejenis yang sebelumnya juga dirilis oleh militer Somalia.

Senin itu, dua serangan bom mobil menghantam batas terluar pangkalan militer di wilayah luar kota Bar-Sanguuni, dekat kota pelabuhan Kismayo. Kontak senjata sengit pecah menyusul ledakan dahsyat yang berasal dari bom mobil. Saat itu juga, para pejuang al-Shabab mencoba menyerbu dan merangsek ke dalam basis militer. Pejabat-pejabat Somalia mengklaim 100 pejuang terlibat dalam serangan dan 87 orang di antaranya tewas. Jika dokumentasi al-Shabab ini terkonfirmasi, maka betapa parahnya pemerintah Somalia karena terlalu meremehkan situasi yang ada dan membuat laporan dengan angka-angka yang tidak akurat.

BACA JUGA  Pertempuran di Libya Memanas di Tengah Ancaman Pandemi Corona

al-Shabab sendiri mengumumkan berhasil menewaskan sekitar 30 tentara Somalia, meskipun tidak ada foto jasad pasukan musuh yang dirilis. Dalam banyak kasus, jumlah korban tewas selalu sulit diverifikasi, namun sumber-sumber independen menyebutkan 12 tentara pemerintah tewas. Pangkalan militer gabungan 3 negara AS-Somalia-Kenya di Bar-Sanguuni ini adalah lokasi yang sama tempat anggota pasukan khusus AS yang tewas awal Juni lalu. Sehari kemudian, sebuah bom mobil menyasar fasilitas militer gabungan, tetapi upaya serangan pada bulan Juni itu berhasil digagalkan.

Sumber: Long War Journal
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Jemaah Haji yang Meninggal Sebelum Wukuf Akan Dibadalhajikan

Jemaah Haji yang Meninggal Sebelum Wukuf Akan Dibadalhajikan

Kamis, 26/07/2018 20:11 0

Indonesia

MUI Tegaskan Ahmadiyah di Luar Islam

Fatwa MUI tegas menyatakan Ahmadiyah sesat dan menyesatkan

Kamis, 26/07/2018 19:03 0

Indonesia

TNI Kirim Bantuan untuk Suku Korban Bencana Kelaparan di Maluku Tengah

Suku Mause AneMaluku Tengah mengalami musibah kekurangan bahan makanan akibat gagal panen karena tanaman pertaniannya dirusak oleh babi hutan.

Kamis, 26/07/2018 18:35 0

Indonesia

Alasan Indonesia Jadi Tempat Nyaman Para Koruptor Menurut ICW

Dia mengungkapkan korupsi di Indonesia dilakukan berjamaah, dua menteri agama jadi koruptor, koruptor nyaman di penjara, vonis koruptor tidak menjerakan hanya 12 tahun 2 bulan dipenjara dan tidak ada upaya memiskinkan koruptor.

Kamis, 26/07/2018 17:12 0

Indonesia

‘Stop Manipulasi Keikhlasan Umat’

Ketua PP Pemuda Muhammadyah, Dahnil Anzar Simanjuntak berpesan kepada PA 212 untuk tidak memanipulasi keikhlasan umat

Kamis, 26/07/2018 14:52 1

Indonesia

MUI Gelar Diskusi Fatwa dengan Akademisi dan Peneliti

Menurut jadwal, Ketua MUI KH Makruf Amin sendiri yang akan membuka konferensi. Acara ini akan berlangsung dua hari.

Kamis, 26/07/2018 10:31 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Ingatkan Pentingnya Sikap Anti Korupsi

Pemuda Muhammadiyah Ingatkan Pentingnya Sikap Anti Korupsi

Rabu, 25/07/2018 20:41 0

Indonesia

Mahasiswa Curhat Umat Islam Papua Kesulitan Bangun Masjid

Mahasiswa Curhat Umat Islam Papua Kesulitan Bangun Masjid

Rabu, 25/07/2018 20:23 1

Indonesia

Politisi Gerindra: Demokrasi Indonesia Mendorong Perilaku Koruptif

Andy mengharapkan adanya upaya untuk me-reset kembali sistem yang lebih ideal untuk mengatur demokrasi di Indonesia atau partai-partai politik.

Rabu, 25/07/2018 18:06 0

Indonesia

Mahar Politik Jadi Penyebab Maraknya Kasus Korupsi

Dampak dari penggunaan uang mahar juga memunculkan kebijakan-kebijakan yang cenderung mempersulit pemberantasan korupsi.

Rabu, 25/07/2018 16:36 0

Close